Film Siksa Kubur karya sutradara Joko Anwar (Sumber gambar: IMBD)

6 Film Terlaris Indonesia Sampai April 2024, Ada Badarawuhi di Desa Penari & Siksa Kubur

18 April 2024   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Industri film bisa jadi boleh tersenyum pada awal tahun ini. Bukan tanpa alasan, sampai dengan April 2024, jumlah penonton 15 film yang tayang di bioskop telah mencapai lebih dari 20 juta orang atau sekitar 60 persen dari total pencapaian 15 film sepanjang 2023.

Jumlah penonton 15 film Indonesia yang tayang pada tahun ini sampai dengan April tidak dapat terlepas dari sejumlah karya dari para sineas di dalam negeri dan mendapatkan sambutan positif dari para pencinta film di Tanah Air.

Awal tahun, industri perfilman di dalam negeri dikejutkan dengan film dark comedy berjudul Agak Laen yang berhasil menjadi karya paling laris nomor dua di dalam negeri. Film yang mendapatkan arahan dari sutradara Muhadkly Acho ini mencapai 9.100.371.

Baca Juga: Persaingan Film Siksa Kubur & Badarawuhi, Hari Ini Sama-sama Tembus 2 Juta Penonton

Raihan itu membuatnya berada di bawah KKN di Desa Penari yang berhasil mendatangkan penonton hingga 10.061.033 orang. Selain Agak Laen, film lain yang rilis pada awal 2024 juga menujukkan betapa cerahnya industri ini di dalam negeri.

Setidaknya, sudah ada 6 film yang mencetak box office atau mendapatkan penonton sampai jutaan orang sampai April 2024. Terbaru, Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur yang tayang pada 11 April tahun ini telah memiliki 2 juta penonton.

Dalam unggahan di media sosial Instagram, sutradara Joko Anwar mengunggah pencapaian Siksa Kubur yang telah mencapai 2.003.981 orang sampai hari ketujuh penayangan di bioskop. Sementara itu, akun instagram kknmovie juga mencatatkan penonton Badarawuhi di Desa Penari sudah lebih dari 2 juta.

Jumlah penonton kedua film ini masih akan terus berlangsung mengingat belum lama tayang di bioskop dan telah mendapatkan respons yang baik dari para pencinta film Indonesia.

Dikutip dari laman filmindonesia.or.id dan berbagai sumber lainnya, berikut daftar kinerja film Indonesia yang rilis pada 2024 sampai dengan April 2024.

 

1. Agak Laen

Agak Laen. (Sumber foto: Imajinari)

Agak Laen. (Sumber foto: Imajinari)


Film yang berada di urutan pertama dengan jumlah penonton terbanyak pada 2024 untuk sementara adalah Agak Laen yang mendapatkan arahan dari sutradara Muhadkly Acho. Dengan 9.100.371 orang, karya ini mengagetkan banyak orang.

Sebelumnya, tidak ada yang pernah menyangka jika Agak Laen mampu mencatat blockbuster dan menjadi film paling laris nomor dua sepanjang masa di dalam negeri. Agak Laen bercerita tentang empat orang pemuda dengan mimpi dan masalah yang berbeda-beda.

 

2. Siksa Kubur

 

Film Siksa Kubur (Sumber Gamabr:IMDB/imdb.com)

Film Siksa Kubur (Sumber Gamabr:IMDB/imdb.com)

Siksa Kubur menjadi film paling laris lainnya pada tahun ini dengan 2.003.981 penonton. Karya bergenre horor ini mendapatkan arahan dari sutradara Joko Anwar yang terkenal dengan karya seperti Pengabdi Setan.

Rilis pada 11 Aprl 2024, Siksa Kubur berhasil mencetak box office atau jutaan penonton kurang dari 1 minggu. Film ini bercerita tentang karakter Sita yang tidak percaya dengan agama ketika kedua orang tua yang dimiliki menjadi korban bom bunuh diri.

Tidak hanya itu, dia juga memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa siksa kubur tidak ada dan agama tidak nyata. Sita pun mencari orang yang paling berdosa.

 

3. Badarawuhi di Desa Penari

Still photo Badarawuhi di Desa Penari (Sumber gambar: MD Pictures)

Still photo Badarawuhi di Desa Penari (Sumber gambar: MD Pictures)


Badarawuhi di Desa Penari menjadi film yang juga berhasil masuk dalam daftar box office dengan jutaan penonton. Film prekuel dari KKN Di Desa Penari itu telah memperoleh lebih dari 2 juta penonton dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Karya yang mendapatkan arahan dari sutradara Kimo Stamboel itu bercerita tentang 4 orang anak muda yang datang ke desa penari dan harus berhadapan dengan lelembut atau siluman ular yang berada di desa tersebut.

 

4. Pemandi Jenazah

Cuplikan adegan dari film Pemandi Jenazah (Sumber gambar: Instagram @filmpemandijenazah)

Cuplikan adegan dari film Pemandi Jenazah (Sumber gambar: Instagram @filmpemandijenazah)


Pemandi Jenazah karya dari sutradara Hadrah Daeng Ratu yang rilis pada 17 Februari ini berhasil mendatangkan 1.518.436 penonton bioskop, sehingga menjadi salah satu film laris pada tahun ini.

Film Pemandi Jenazah yang diperankan oleh Amara Sophie, Aghniny Haque, Ibrahim Risyad, dan Djenar Maesa Ayu bercerita tentang kehidupan karakter bernama Lela yang mengalami perubahan setelah sang ibu meninggal dunia.

Lela yang menjalakan proses memandikan jenazah sang ibu yang berprofesi pemandi jenazah untuk pertama kalinya menemukan kejanggalan dan menduga ada yang tidak beres dengan kematiannya. Setelah sang ibu meninggal, ada banyak orang yang juga tutup usia dalam waktu singkat.

 

5. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 (Sumber gambar: ancikamovie.official)

Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 (Sumber gambar: ancikamovie.official)


Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 menjadi film yang juga berhasil masuk dalam deretan box office Indonesia sampai dengan April 2024. Karya dari sutradara Benni Setiawan ini berhasil “mengantongi” jumlah penonton sebanyak 1.318.272 orang.

Film ini bercerita tentang karakter bernama Ancika dan Dilan. Ancika adalah wanita yang sangat membenci geng motor. Tidak hanya itu, sang wanita juga digambarkan menjadi individu yang tidak suka pacaran.

Dengan begitu, dia tidak suka terhadap karakter bernama Dilan yang merupakan mantan panglima salah satu geng motor yang terus mendekatinya.

 

6. Kereta Berdarah

Ilustrasi Adegan Kereta Berdarah (Sumber gambar: MVP Pictures)

Ilustrasi Adegan Kereta Berdarah (Sumber gambar: MVP Pictures)


Kereta Berdarah adalah judul film bergenre horor yang juga rilis pada 2024. Tayang di bioskop pada 1 Februari 2024, karya dari sutradara Rizal Mantovani telah meraih 1.000.027 penonton.

Film Kereta Berdarah bercerita tentang perjalanan kakak dan adik bernama Purnama dan Kembang yang berlibur ke resort alam di sebuah tempat terpencil. Perjalanan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi mengerikan. 

Mereka yang menggunakan kereta wisata khusus harus mengahadapi serangkaian teror dan misteri setiap melewati terowongan. Satu per satu orang yang ada dalam kereta tersebut menghilang.

Baca Juga: 5 Film Horor Indonesia Paling Laris Sampai April 2024, Badarawuhi Melesat

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Ini yang Bikin Asset Digital ETF Bitcoin Menarik Sebagai Instrumen Investasi

BERIKUTNYA

Sheila On 7 Bawakan Lagu Baru di Tur Konser Tunggu Aku Di 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: