Tim produksi film Agak Laen (Sumber Foto: Instagram/@muhadkly)

Muhadkly Acho Hadirkan Banyak Variasi Komedi dalam Film Agak Laen

02 September 2023   |   19:48 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Agak Laen, menjadi film baru garapan rumah produksi Imajinari milik Ernest Prakasa. Film bergenre komedi horror tersebut akan dibintangi oleh empat komika populer yakni Boris Bokir, Indra Jegel, Bene Dion, dan Oki Rengga yang juga merupakan pengisi podcast Agak Laen.

Muhadkly Acho didapuk sebagai penulis naskah dan sutradara film Agak Laen. Sejauh ini pria yang juga dikenal sebagai komika tersebut sukses menggarap sejumlah proyek film populer seperti Gara-Gara Warisan (2022), Ghost Writer 2 (2022) serta serial Cek Toko Sebelah: Babak Baru 2 (2020)dan Induk Gajah (2023).

Baca juga: Adopsi Konsep Warkop DKI, Agak Laen jadi Film Terbaru Produksi Ernest Prakasa

Melalui sesi media luncheon film Agak Laen di Pejaten, Jakarta Selatan pada Jumat (1/9/2023), Acho mengungkapkan suka duka berikut tantangan dalam proses pengerjaan film tersebut. Saat menggarap naskahnya, Acho banyak mendengarkan podcast yang diisi oleh Boris Bokir, Indra Jegel, Bene Dion, dan Oki Rengga untuk mendapatkan inspirasi.

"Salah satu kekuatan podcast Agak Laen ada di story telling, saat masing-masing menceritakan situasi-situasi yang agak laen," katanya.

Lebih lanjut Acho menjelaskan, saat dia ditawari untuk menulis naskah filmnya. Dia langsung terinspirasi untuk membuat komedi-komedi situasional. Setiap adegan dan unsur komedinya pasti akan lebih hidup saat dibawakan oleh Boris Bokir dan komika lainnya.

"Apa jadinya kalau 4 orang ini dicemplungin ke satu situasi yang sama, kira-kira bagaimana cara mereka meresponnya," ujar Acho.

Meski begitu, pria kelahiran 1983 tersebut juga mengungkapkan tantangan yang dihadapinya saat mengerjakan naskah. Banyak orang menilai bahwa caranya salah karena menulis naskah sambil membayangkan siapa pemainnya. 

Biasanya hal tersebut dihindari para penulis naskah karena bisa menghambat kreativitas. Secara tidak langsung naskah mereka jadi didasarkan pada karakternya dan bukan filmnya. Namun bagi Acho, cara ini memberikan keuntungan tersendiri.

"Setiap kali bikin situasi (scene) udah ketauan misalnya yang ngomong ini si Oki atau Bene, jadi ketika memetakan setiap dialognya bisa lebih tergambarkan," kata Acho.

Uniknya film agak laen ini nantinya akan memiliki konsep yang mirip dengan film komedi lawas Warkop DKI. Terutama dari aspek pemerannya yang menggunakan nama masing-masing saat berperan sebagai karakter dalam filmnya. 

"Jadi, Boris Bokir, Indra Jegel, Bene Dion, dan Oki Rengga akan berperan sebagai diri mereka sendiri, tapi karakter yang dimainkan bisa beda dengan kehidupan nyata," kata Ernest yang juga hadir dalam acara tersebut. 

Sekarang tinggal bagaimana cara tim produksi memberikan experience berbeda dari yang selama ini disuguhkan empat komika tersebut lewat podcast. Untuk itu, Acho menyelipkan banyak jesis komedi yang akan membuat ceritanya lebih hidup.

"Jadi dipastikan akan ada slapstick dan gaya komedi-komedi lainnya di sini, tapi yang jelas tetap mengikuti jalan ceritanya," kata Acho.

Dia menekankan, meski begitu dalam film ini bukan soal variasi gaya komedinya, melainkan komedi seperti apa yang bisa menyampaikan cerita yang mau disampaikan oleh para karakternya.

Adapun sinopsis film Agak Laen sendiri menceritakan tentang empat sekawan yang mengelola sebuah rumah hantu di pasar malam. Sayangnya, rumah hantu tersebut hampir bangkrut karena setannya kurang seram. Orang-orang menilai cara mereka menakut-nakuti pengunjung sangat membosankan.

Akhirnya Oki punya ide untuk merenovasi rumah hantu tersebut supaya bisa menarik banyak pengunjung. Saat sedang renovasi, datanglah seorang bapak-bapak yang punya riwayat penyakit jantung. Naasnya bapak tersebut kaget dan meninggal saat berada di rumah hantu.

Empat sekawan pun bingung apakah mereka harus lapor polisi, bagaimana kalau bisnis ini terancam dihentikan?  Kemudian muncullah ide gila untuk mengubur bapak tersebut diam-diam di dalam rumah hantu. Anehnya setelah peristiwa tersebut terjadi, rumah hantu mereka jadi laku keras dan didatangi banyak orang.

Sampai suatu ketika, rahasia Oki dan yang lainnya pun akhirnya tercium polisi. Kira-kira bagaimana nasib empat sekawan saat menjalankan rumah hantu sambil lari dari kejaran polisi? Kalau kamu penasaran dengan kelanjutan ceritanya, nantikan film Agak Laen yang dijadwalkan tayang pada Februari 2024 mendatang.

Smeentara itu, proses syuting Agak Laen akan dimulai pada Minggu, 3 September 2023. Ernest memaparkan kira-kira semuanya akan selesai dalam waktu 3 minggu. Setelah tayang nanti, dia berharap bisa mendapat lebih dari 1 juta penonton.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Menyaksikan Keseruan dan Kenangan Jadi Satu di Lego Play On Fest

BERIKUTNYA

Naura Ayu Asah Kepercayaan Diri dan Kreativitas Dari Mainan Lego

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: