Variety Show Indonesia terbaru (Sumber Foto: Kolase Instagram/@obrolantiapwaktu_trans7 dan @officialrcti)

Hypereport: Bintang-bintang Variety Show Pendatang Baru yang Eksis di Layar Kaca

28 February 2024   |   08:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Acara variety show yang menampilkan sketsa komedi dengan lawakan-lawakan mengocok perut selalu menjadi favorit penonton di rumah. Indonesia punya sederet judul variety show komedi legendaris, yang berhasil melahirkan bintang-bintang baru berbakat di industri hiburan.

Misalnya Extravaganza yang tayang sejak 2004, mempopulerkan beberapa nama seperti Tora Sudiro, Indra Birowo, Aming, Tike Priatnakusumah, dan lainnya. Selain itu juga ada Opera Van Java (OVJ) yang tayang sejak 2008, berhasil mengangkat kembali sejumlah nama komedian seperti Sule, Andre Taulany, Azis Gagap, Nunung, dan Parto Patrio.

Sampai sekarang, industri pertelevisian Indonesia terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai format dalam sebuah acara. Selain menampilkan sketsa komedi, ditambahkan juga unsur lainnya seperti talkshow dengan bintang tamu yang berbeda-beda setiap episodenya..

Topik yang diangkat biasanya isu-isu di tengah masyarakat yang sedang hangat dibicarakan, sehingga bisa menambah kedekatan sebuah program TV dengan penontonnya. Program variety show era modern ini juga sukses melahirkan bintang-bintang pendatang baru yang berbakat. 

Baca juga laporan terkait:  Salah satunya adalah Dicky Fachrizal, atau yang lebih dikenal sebagai Dicky Difie, seorang komika, aktor, sekaligus presenter asal Indonesia. Kariernya di industri hiburan dimulai ketika bergabung dalam komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat. Dicky menjadi salah satu penggawa tim komunitasnya saat mengikuti Liga Komunitas Stand Up Kompas TV pada 2014, dan berhasil menembus babak Grand Final. 

Prestasi tersebut membuatnya terpilih menjadi salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-5 (SUCI 5) pada 2015 tanpa harus mengikuti audisi. Selain aktif sebagai komika, dia juga banyak membintangi acara variety show di layar kaca sampai bermain film layar lebar.

Sejauh ini beberapa judul variety show yang pernah dibintanginya yakni, Siap Bos!!! (NET.), RT 5 (NET.), Anak Sekolah (Trans 7), dan lainnya. Awal tahun ini pria kelahiran 1985 tersebut dipercaya sebagai pemain tetap untuk program baru di Trans7, yakni Bercanda Tapi Santai (BTS) dan Obrolan Tiap Waktu.

"Aku bisa jadi diri sendiri saat kalau main di program variety show, kerjanya pun enggak berasa karena banyak ketemu dengan lawan main yang seru," katanya pada Hypeabis.id. 
 
 
Menurut Dicky, beda dengan film yang membuatnya harus memerankan karakter tertentu, para pemain variety show tampil sebagai diri sendiri. Kalaupun konsep programnya mengharuskan dia untuk melakoni peran tertentu, hal itu tidak kaku dan terikat.

Di program Bercanda Tapi Santai (BTS) misalnya, para cast tetap seperti Andre Taulany, Wendi Cagur, Ayu Ting Ting, Dicky Difie, dan Hesti Purwadinata akan membawakan sebuah sketsa komedi dengan cerita yang berbeda setiap episodenya. Biasanya temanya tak jauh jadi permasalahan sehari-hari. Dicky sendiri terkadang berperan sebagai anak sekolah, pengamen, sampai pilot.  

Sementara Obrolan Tiap Waktu, tayang dalam format talkshow yang dipadukan dengan cooking show. Nicky Tirta sebagai chef akan menampilkan keahliannya dalam memasak, ditemani oleh dua komika, Dicky Difie dan Kiky Saputri sebagai host. Setiap episodenya acara ini menghadirkan bintang tamu yang akan ikut berbincang, memasak, dan mencicip makanan.

Sejauh ini, Dicky Difie tak merasakan banyak kendala yang menyulitkannya selama syuting. Kalaupun ada, mungkin soal jadwalnya yang padat. Seperti yang diketahui Obrolan Tiap Waktu tayang tiap pagi pukul 08.30 WIB, sementara Bercanda Tapi Santai tayang 21.30 WIB sampai larut malam.

"Jam setengah 4 pagi sudah start syuting, pagi-pagi masih ngantuk harus mikir keras untuk melawak," katanya diselingi tawa. 

Namun, lantaran sudah terbiasa menyusun materi lawakan untuk stand up, komedi yang dibawakannya di acara variety show pun mengalir dengan luwes. Prinsipnya adalah bercanda dan berkomedi tanpa harus mencari-cari kekurangan orang lain supaya lucu.  "Saya sendiri lebih suka ngatain dan ngetawain diri sendiri daripada ngatain orang lain supaya penonton tertawa," ujarnya.

Selain itu menurutnya yang tak kalah penting, yakni memainkan gesture tubuh dan menentukan timing yang tepat saat melemparkan lawakan-lawakan supaya membuat penonton menemukan di mana letak kelucuannya. 

Baca juga: Hypereport: Merawat Warisan Intelektual Lewat Restorasi Film Lawas
 
 
Selain Dicky Difie, bintang jebolan variety show lainnya ada Angie Williams. Sosoknya dikenal sebagai wanita blasteran yang pandai berbahasa Jawa dengan logat yang medok. Pemilik nama asli Angelia Tisdella tersebut memulai kariernya sebagai aktris figuran di beberapa judul FTV dan dikenal sebagai TikTokers.

Saat ini, Angie Williams sedang membintangi variety show Rumah Bulekkk yang tayang setiap jam 15.00 WIB di RCTI. Program tersebut dikemas dalam konsep sketsa komedi dan talkshow, menceritakan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari bulek (Rizky Inggar), Tarra Budiman (keponakan 1), Angie Williams (Keponakan 2), Sisca Saras (ART), dan Furry Setia (Tukang Ojek).

Setiap episodenya menampilkan bintang tamu yang akan berkunjung ke Rumah Bulekkk. "Ini pertama kalinya aku menjadi cast tetap di variety show, sebelumnya memang pernah tampil di acara-acara lainnya tapi hanya sebagai bintang tamu,"ujarnya.

Beberapa kali dia sempat muncul di Bercanda Tapi Santai (BTS), Lapor Pak, Comedy Lab, Anak Sekolah, serta program kuliner Enaknya Mantul. Pengalaman tersebut sangat membantunya dalam menyusun materi-materi lucu untuk lawakan, mengingat dirinya bukan komedian. 

"Kadang ada juga lawakan-lawakan aku yang enggak lucu, tapi untungnya cast lainnya seperti ka Tarra, Bulek Inggar, dan mas Fur banyak bantuin aku untuk tektokan mainin jokesnya supaya lucunya dapet," ujar Angie. 

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan penting sekali adanya pembagian peran sehingga masing-masing cast mendapat spotlight-nya sendiri. Dengan begitu, tidak ada satu orang saja yang lucu, semuanya punya karakternya sendiri yang berkesan untuk penonton di rumah.

"Kita harus bisa muterin jokes-nya, selain tektokan dengan pemain, kadang kita melempar candaan sampai ke kru dan penonton juga. Jadi enggak fokus ke satu orang saja," paparnya. 

Terakhir Angie berharap penonton di rumah bisa terhibur dengan penampilannya di acara variety show. Kedepannya dia berharap bisa mencoba banyak hal di dunia entertainment, misalnya seperti bermain film layar lebar.

Baca juga: Hypereport Resolusi 2024: Eksplorasi Baru Sineas Lokal Wujudkan Film yang Lebih Berwarna

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Kota Ternyaman untuk Digital Nomad di Indonesia

BERIKUTNYA

Cerita Agni Pratistha Perankan Setan Nyi Salimah di Film Pasar Setan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: