Ilustrasi co-working space di Jakarta. (Sumber foto: Unsplash/Al ghazali)

5 Kota Ternyaman untuk Digital Nomad di Indonesia

28 February 2024   |   07:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam era digitalisasi yang semakin meluas, konsep bekerja dari mana saja (work from anywhere) telah menjadi pilihan yang menarik bagi banyak profesional di seluruh dunia. Tidak lagi terikat pada kantor fisik, para pekerja dapat memilih lokasi yang paling nyaman bagi mereka untuk mengerjakan tugas dan mengejar target mereka.

Di Indonesia, negara yang kaya akan keindahan alam dan keragaman budaya, banyak kota menawarkan suasana yang ideal untuk gaya hidup work from anywhere (WFA). Salah satu aspek yang menjadi fokus utama dalam memilih kota yang cocok untuk WFA adalah kenyamanan.

Baca juga: Ingin Jadi Digital Nomad di Bali? Yuk Simak 5 Tip Ini Biar Sukses

Dalam konteks ini, "kenyamanan" tidak hanya merujuk pada infrastruktur fisik, tetapi juga pada faktor-faktor seperti iklim, \ aksesibilitas, keamanan, dan ketersediaan fasilitas pendukung. Dengan mempertimbangkan semua ini, beberapa kota di Indonesia menonjol sebagai destinasi yang sangat nyaman untuk bekerja dari mana saja.

Bekerja di Indonesia sangat nyaman jika kalian seorang digital nomad atau seseorang yang bekerja dari mana saja. Kalian bisa bekerja di kedai kopi, co-working space, atau bahkan di perpustakaan/ruang baca yang dibuka untuk umum.

Berikut ini adalah 5 kota yang direkomendasikan sebagai tempat ternyaman untuk bekerja dari mana saja sebagai digital nomad:


1. Canggu

Suasana beach cafe di Canggu, Bali. (Sumber foto: Unsplash/Antoine lecoquierre)

Suasana beach cafe di Canggu, Bali. (Sumber foto: Unsplash/Antoine lecoquierre)

Canggu adalah sebuah kawasan kecil di Bali Selatan. Daerah yang dikenal dengan hamparan pantai cantiknya ini dulu merupakan kawasan pedesaan yang tenang dan dipenuhi hamparan area persawahan. Namun saat ini, lokasi tersebut berkembang pesat dengan tetap menjaga suasana tenang yang banyak dicari para pekerja yang lelah dengan hingar-bingar kota besar.

Dengan kian menjamurnya bisnis lokal kecil dan kafe, Canggu menyambut digital nomad yang datang setiap tahun untuk mencari peruntungan wirausaha yang sedang naik daun, infrastruktur yang andal, dan alam yang indah. Tinggal di Canggu cukup terjangkau, meski tidak bisa dibilang murah. Dengan sekitar Rp3 juta hingga Rp5 juta setiap bulan, kalian dapat menyewa tempat tinggal yang kecil tapi nyaman. Biaya hidup secara umum juga moderat, sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta per bulan.


2. Bandung

Terletak di dataran tinggi Jawa Barat, Bandung menawarkan kombinasi unik antara udara sejuk pegunungan, kehidupan perkotaan yang dinamis, dan infrastruktur yang terus berkembang. Dikenal dengan julukan "Paris van Java", Bandung memiliki beragam kafe yang nyaman sebagai tempat kerja alternatif, serta akses internet yang cepat dan stabil.

Setelah lelah bekerja, Genhype juga bisa menjelajahi Bandung yang dikelilingi beberapa destinasi wisata alam yang menawan. Selain itu, biaya hidup yang relatif moderat membuat Bandung menjadi pilihan menarik bagi para digital nomad yang mencari keseimbangan antara gaya hidup dan pengeluaran bulanan.


3. Yogyakarta

Ilustrasi kota Yogyakarta. (Sumber foto: Unsplash/mark chaves)

Ilustrasi kota Yogyakarta. (Sumber foto: Unsplash/mark chaves)

Selain Bandung, Yogyakarta juga menjadi destinasi populer bagi para pekerja yang mencari kota yang nyaman untuk bekerja dari mana saja. Dikenal sebagai pusat seni dan budaya di Indonesia, Yogyakarta menawarkan suasana yang kreatif dan inspiratif. Dengan biaya hidup yang terjangkau, akses mudah ke berbagai fasilitas, dan komunitas yang ramah terhadap para pekerja digital, Yogyakarta menjadi pilihan menarik bagi banyak orang yang ingin menjalani gaya hidup work from anywhere tanpa harus mengorbankan kenyamanan.


4. Malang

Meski merupakan kota kecil, Malang tidak kalah menarik dengan kota lainnya di Pulau Jawa. Di sini kalian dapat menemukan kekayaan arsitektur yang menarik, desa-desa penuh warna yang indah, situs bersejarah kuno, penjual makanan lezat, serta destinasi wisata alam yang indah. Lokasinya yang dekat dengan Gunung Bromo menjadikan kota ini sempurna bagi para digital nomad yang berjiwa petualang.


5. Jakarta

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta adalah kota yang penuh dengan peluang dan kreativitas, sempurna bagi para digital nomaden. Dengan akses ke berbagai perkantoran yang sibuk, mal besar, pedagang kaki lima yang lezat, kehidupan malam yang semarak, dan komunitas yang menarik, Genhype tidak akan pernah bosan selama tinggal di Jakarta.

Tentu saja, ada juga kerugian tinggal di sini, seperti polusi dan lalu lintas yang buruk. Meskipun demikian, kota yang sibuk ini merupakan kota yang kreatif dan inspiratif bagi para digital nomad. Sebagai kota besar, wajar jika biaya hidup di Jakarta cukup mahal. Meskipun demikian, kalian masih dapat menemukan banyak opsi yang lebih murah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hore, 5 Fitur AI Galaxy S24 Series Bisa Dicoba di Semua Perangkat Android

BERIKUTNYA

Hypereport: Bintang-bintang Variety Show Pendatang Baru yang Eksis di Layar Kaca

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: