Pemeran Nyi Salimah, Agni Pratistha menghadiri Red Carpet film Pasar Setan di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Cerita Agni Pratistha Perankan Setan Nyi Salimah di Film Pasar Setan

27 February 2024   |   22:02 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Aktris Agni Pratistha mengambil peran berbeda dari karakter yang pernah dilakoninya pada film-film sebelumnya. Dalam film terbaru produksi IDN Pictures berjudul Pasar Setan, Agni dipercaya memerankan karakter benama Nyi Salimah yang merupakan wujud dari setan yang sering muncul dan menguasai dunia gaib.

Nyi Salimah adalah setan utama yang menguasai pasar setan dan mengawasi berbagai transaksi gaib di dalamnya. Memerankan karakter setan di film ini rupanya menjadi tantangan tersendiri bagi Agni. Sebab, ini adalah peran setan pertama yang didapatnya. 

Baca juga: Film Pasar Setan Siap Tayang 29 Februari 2024, Angkat Fenomena Gaib & Kehidupan Vlogger Horor

Namun, Agni mengaku senang karena akhirnya bisa mencoba karakter-karakter baru yang sama sekali belum pernah dicobanya.

 
Pemeran Nyi Salimah dalam film Pasar Setan, Agni Pratistha mengikuti konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/2/2024).(Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)
“Aku sebenarnya itu pencinta film horor. Setiap kali menonton film horor, aku selalu ngebatin sama suamiku ‘duh pengin banget meranin jadi setannya’,” ucap Agni dalam konferensi pers Pasar Setan di XXI Epicentrum, Jakarta (27/2/2024).

Keinginan tersebut terpendam cukup lama. Sebab, belum ada tawaran yang datang kepadanya untuk memerankan karakter setan di sebuah film. Hal itu kemudian membuat Aghni berinisiatif sendiri.

Dia pun mencoba mencari tahu perihal casting untuk karakter hantu. Hasilnya, sebenarnya orang yang mau memerankan karakter hantu itu cukup langka. Itu adalah peran yang enggak semua orang mau melakukannya.

Bak gayung bersambut, ketika dirinya mengobrol dengan Fajar Nugros, sutradara IDN Pictures, tawaran untuk main di film horor dan berperan sebagai setan pun muncul. Tak butuh waktu lama bagi Agni untuk mengiyakannya.

“Pas aku tanya ke Fajar, dia bilang lagi butuh peran untuk karakter setan. Aku langsung ‘wah ini udah jodohnya’,” imbuhnya.

Agni mengatakan memerankan karakter setan rupanya jadi hal yang cukup menarik baginya. Dirinya sangat menikmati proses reading, workshop, hingga menemukan poin-poin unik agar karakter yang dibangunnya ini menjadi lebih meyakinkan.

Dirinya mengaku banyak belajar dengan membaca skrip dan berdiskusi dengan sutradara. Salah satunya ialah untuk mencari motivasi dari setiap kemunculan atau tindakan yang dilakukan.

Baginya, ini adalah salah satu film horor yang menarik dan wajib ditonton. Sebab, ketika benar-benar diperhatikan, masing-masing karakter dan adegan akan saling nge-link (terhubung) satu sama lain. Jadi, ini akan jadi suguhan film yang menawarkan sisi misterius secara intens.

“Aku menikmati banget prosesnya di sini. Mungkin karena ini impian aku untuk jadi karakter setan, jadi menarik. Para kru dan cast yang ada di film ini juga positif banget. Jadi, syutingnya enggak melelahkan sama sekali,” tuturnya.

Selayaknya film horor pada umumnya, Agni pun menjalani proses syuting dengan metode hari terbalik. Dalam artian, ketika hari mulai gelap, justru proses syuting baru dilakukan. Namun, itu bukanlah masalah baginya.

Menurut Agni, salah satu bagian menarik lain dari peran setan ini ialah ketika makeup. Wujud setan yang kerap butuh treatment khusus tentu juga memerlukan waktu yang tidak sebentar. Menurut Agni, proses makeup untuk karakter yang sederhana bisa membutuhkan waktu dua jam.

Namun, jika si setan ini telah berubah jadi wujud yang lebih mengerikan, proses makeup pun bakal lebih lama. Sebab, ada detail-detail tambahan untuk mempertebal karakter dan ekspresinya. “Kalau sudah berubah itu bisa sampai 3 hingga 4 jam sendiri,” terangnya.
 

Film Pasar Setan akan mengikuti tokoh bernama Tamara. Dia adalah vlogger yang banyak membuat konten-konten horor. Suatu hari, dia ingin menaikkan jumlah penonton YouTube-nya dengan membuat konten penampakan makhluk halus. 

Namun, semua penampakan tersebut sudah direkayasa olehnya. Sialnya, trik konten tersebut bocor dan membuat reputasinya jatuh. Untuk mengembalikkan kepercayaan penonton, Tamara dan tim produksinya kemudian memberanikan diri mencari pasar setan dan terjebak di dalamnya.

Beberapa tim produksi Tamara bahkan harus meregang nyawa. Kasus ini kemudian memancing Rani, seorang polisi wanita untuk melakukan penyelidikan lebih jauh. Namun, alih-alih mendapat petunjuk baru, berbagai teror mencekam mulai terkuak dan membuat kasus yang didapatinya penuh misteri. 

Baca juga: Eksklusif Sutradara Joko Anwar: Siksa Kubur Bukan Sinema Dakwah atau Film Setan

Selain Agni, film ini juga dibintangi aktor dan aktris ternama lain, seperti Rana Audi Marissa, Roy Sungkono, Shindy Huang, dan Pangeran Lantang. Selain itu, ada pula kehadiran dari Agni Pratistha, Michelle Tahalea, Kiki Narendra, Fajar Gomez, Fang Tatis, dan Epy Kusnandar.

Film Pasar Setan yang menjadi debut penyutradaraan Wisnu Surya Pratama ini direncanakan rilis pada 29 Februari 2024. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hypereport: Bintang-bintang Variety Show Pendatang Baru yang Eksis di Layar Kaca

BERIKUTNYA

Cek Daftar Promo Menarik Traveloka Travel Fair 2024: Tiket Pesawat, Hotel dan Tempat Wisata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: