Duta Sheila On 7 saat berlaga di acara Tepok Bulu 2023. (Sumber gambar: Vindes/Twitter)

Hypereport: Deretan Acara Sportainment Paling Populer di Indonesia

25 February 2024   |   20:02 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Artis Abdel Achrian dan Deddy Mahendra Desta sempat membuat heboh publik pada awal tahun 2022. Nama mereka menjadi perbincangan setelah membuat acara tanding pingpong alias tenis meja, dengan gaya pembawaan yang berbeda, lebih interaktif dan menghibur pemirsa.

Acara yang dibuat oleh platform Vindes Sport itu langsung nenyedot perhatian publik. Pasalnya, pertandingan olahraga umumnya dimainkan oleh atlet profesional, dan berkompetisi untuk mendapatkan kejuaraan resmi. Sebaliknya, meski bermain amatir, Abdel dan Desta justru menyuguhkan aksi kompetisi olahraga yang lebih menghibur.

Tak ayal, jika Abdel dan Desta kala itu viral di media sosial bahkan menjadi trending topic di Twitter (sekarang X). Lembaga riset Indicator Indonesia menyebutkan bahwa pertandingan pingpong Abdel dan Desta telah menyita perhatian publik di media sosial, dengan 6.038 unggahan dari 5.105 akun yang membicarakan acara tersebut.

Baca Juga Laporan Terkait:
Kesuksesan acara tersebut boleh dibilang menjadi penyulut maraknya acara sportainment di Indonesia belakangan ini. Lantaran dimainkan oleh artis-artis ternama, tak ayal jika banyak orang yang tertarik untuk menonton acara-acara sportainment.
 

Aktor Bryan Domani dalam acara Bahkan Voli. (Sumber gambar: Vindes/Twitter)

Aktor Bryan Domani dalam acara Bahkan Voli. (Sumber gambar: Vindes/Twitter)

Sportainment merupakan gabungan dari kata 'sport' yang berarti olahraga dan 'entertainment' yang berarti hiburan. Dari definisi tersebut, jelas terlihat bahwa tujuan dari sportainment adalah menjadikan dunia olahraga sebagai alternatif hiburan. Perpaduan dua hal ini menawarkan pengalaman menonton acara olahraga lebih dari sekadar ajang kompetisi.

Dengan menyaksikan acara sportainment, penikmat olahraga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, interaktif dan menghibur alih-alih hanya menonton sebuah pertandingan. Hal ini pun bisa meningkatkan minat dan loyalitas penggemar, menarik pemirsa baru, serta menghasilkan pendapatan tambahan melalui sponsorship dan peluang kemitraan.

Di Indonesia, acara sportainment biasanya berupa pertandingan olahraga yang dilakoni sejumlah figur publik atau artis. Acara-acara semacam ini digelar dengan tujuan untuk mempopulerkan beragam cabang olahraga kepada masyarakat, sekaligus mengajak masyarakat agar gemar berolahraga.

Cabang olahraga yang dipertandingkan pun beragam mulai dari tenis, bulu tangkis, sepak bola, tenis meja, atletik, hingga tinju. Secara kemampuan, para selebritas mungkin masih tertinggal jauh dibandingkan dengan atlet profesional. Akan tetapi, 'kelemahan' itu dikompensiasi dengan kemasan acara yang lebih menarik dan menghibur dibandingkan kompetisi olahraga profesional di Indonesia.

Mayoritas event-event sportainment yang viral di Indonesia digarap oleh media-media milik artis terkenal. Tak heran, mudah bagi mereka untuk menggaet massa dan menumbuhkan minat menonton di antara para fansnya. Setidaknya ada tiga media yang boleh dibilang kerap membuat acara sportainment yakni Vindes, RANS Entertainment, dan KUY! Entertainment.

Seperti namanya, Vindes adalah media digital dan platform yang dibuat oleh duo artis Vincent Rompies dan Deddy Mahendra Desta. Vindes sukses membuat sederet acara sportainment yang dihadiri ribuan penonton secara langsung, serta ditonton jutaan orang melalui streaming.

Sementara RANS Entertainment adalah media hiburan yang digagas oleh pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sama seperti Vindes, RANS Entertainment juga sukses membuat sejumlah acara sportainment dengan menghadirkan sederet artis untuk beragam cabang olahraga.

Tak hanya di RANS, Raffi Ahmad juga membuat acara-acara sportainment lewat media lain miliknya yakni KUY! Entertainment yang didirikan bersama artis Gading Marten. Dua acara sportainment yang terkenal dari KUY! Entertainment adalah pertandingan voli pantai Media Clash 2.0 serta pertandingan badminton BNI Media Clash.

Lantas, acara sportainment apa saja yang paling populer di Tanah Air? Berikut adalah daftarnya seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id dari berbagai sumber.
 

1. Media Clash (1,6 juta views)

Media Clash adalah acara sportainment yang digagas oleh KUY Entertainment. Acara ini pertama kali digelar pada Oktober 2022 yang menghadirkan pertandingan bola basket antara tim dari RANS Entertainment dan KUY Media Group. Sejumlah pesohor yang hadir di acara itu diantaranya Gading Marten, Raffi Ahmad, Denny Sumargo, dan Erika Carlina, serta penampilan dari JKT48.

Beberapa bulan berselang, Media Clash 2.0 digelar pada 19 Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta dengan mengusung tema beach games. Dalam acara itu, KUY Media Group menggandeng AHHA sebagai pesaing untuk lomba betengan, voli pantai, dan sepak bola pantai. Sedangkan Media Clash 3.0 dihelat 12 Agustus 2023 di Istora Senayan dengan menyajikan sejumlah laga bulu tangkis antara wakil KUY Media Group lawan The Good Vellas.
 

2. Sporty Party-Clash of Celebrity (1,6 juta views)

Sporty Party-Clash of Celebrity merupakan acara sportainment dari RANS Sportainment dengan menghadirkan laga tenis yang dimainkan oleh sejumlah selebritas. Mereka terbagi dalam dua tim dan menjalani rangkaian pertandingan dalam lima nomor berbeda. Tim BiruSport dipimpin oleh Raffi Ahmad sementara Tim MerahParty dikapteni oleh Dion Wiyoko. Beberapa pesohor yang melakoni pertandingan ini seperti Desta, Rezky Aditya, Luna Maya, Nagita Slavina,  dan Yura Yunita.
 
 

3. Tepok Bulu (4,4 juta views)

Tepok Bulu merupakan acara sportainment yang menghadirkan laga bulu tangkis yang dibuat oleh Vindes Sport. Tepok Bulu pertama yang berlangsung pada 3 Juli 2022 yang menyajikan duel Vincent Rompies versus Valentino "Jebreeet" Simanjuntak pada partai utama. Di YouTube, acara ini telah ditonton lebih dari 17 juta views.

Menyusul kesuksesan tersebut, Vindes Sport pun menggelar Tepok Bulu kembali pada 17 November 2023 yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Tepok Bulu'23 menggelar dua pertandingan bulu tangkis serta nomor ganda campuran dan ganda putra antara selebritas wakil Indonesia versus Malaysia. Sejumlah selebritas yang terlibat di pertandingan tersebut yakni Arya Saloka, Ziva Magnolya, Vincent Rompies, Duta Sheila On 7, Atu Zero, Atita Haris, Fazley Yaakob, dan Imran Aqil.
 

4. Lagi-Lagi Tenis (5,8 juta views)

Seperti namanya, Lagi-Lagi Tenis adalah acara sportainment yang digagas oleh RANS Entertainment dengan menghadirkan laga tenis. Acara ini terinspirasi dari Tiba-Tiba Tenis yang dibuat terlebih dahulu oleh Vindes Sport.

Acara yang berlangsung pada 23 Juni 2023 di Tennis Indoor Senayan itu menghadirkan tiga pertandingan yakni Super Extraordinary Charity Match yang diisi oleh Yayuk Basuki vs Angelique Widjaja, Ganda Putri oleh Nagita Slavina/Gege Elisa vs Luna Maya/Nia Ramadhani, serta Ganda Putra yang diisi oleh Desta/Dikta vs Raffi Ahmad/Dion Wiyoko
 
 

5. Bahkan Voli (8,5 juta views)

Usai menggelar laga tenis meja, bulu tangkis, dan tenis lapangan, Vindes Sport juga menghadirkan pertandingan voli dalam acara bertajuk Bahkan Voli. Acara ini berlangsung di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 26 Agustus 2023 yang menyajikan duel antara tim The Prediksi melawan The Actors.

The Prediksi berisi 13 pesohor yang tergabung dalam klub motor yang diketuai oleh Andre Taulany, sedangkan The Actors diperkuat oleh para aktor kenamaan Indonesia yang dikapteni oleh Lukman Sardi. Dari pertandingan tersebut, The Actors keluar sebagai pemenang setelah sukses menaklukkan tim The Prediksi dengan skor akhir 3-2.
 

6. Tiba-Tiba Tenis (11 juta views)

Tiba-Tiba Tenis adalah acara sportainment yang dibuat oleh Vindes Sport dengan menghadirkan pertandingan tenis lapangan. Acara yang berlangsung pada 12 November 2022 di Istora Senayan Jakarta itu menyajikan pertandingan partai utama antara Deddy Mahendra Desta versus Raffi Ahmad, serta partai pembuka Ganda Campuran yakni Wulan Guritno/Gading Marten versus Enzy Storia/Dion Wiyoko. 
 

7. Superstar Knockout (16 juta views)

Superstar Knockout adalah acara sportainment yang menghadirkan laga tinju antarselebritas. Acara ini digelar pada 17 November 2023 di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sorotan utama tentu tertuju pada duel utama yang mempertemukan El Rumi dengan Jefri Nichol. Selain itu, Superstar Knockout juga menyajikan duel antara Lula Lahfah vs Zara Adhisty serta Naufal Samudra vs Aqsa Aswar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Hypereport: Tangan Dingin di Balik Program Variety Show Legendaris Televisi Indonesia

BERIKUTNYA

Daftar Tim, Pembalap & Jadwal Lengkap MotoGP 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: