Ilustrasi kamera ponsel (sumber gambar: Unsplash/Akshar Dave)

Yuk Intip Kecanggihan Sensor Kamera Terbaru dari Samsung

27 May 2022   |   09:25 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Teknologi kamera ponsel tampaknya terus berkembang seakan tidak ada habisnya. Belum lama ini, Samsung memamerkan sensor terbarunya, ISOCELL 200 MP HP1, yang membuat kemampuan kamera ponsel bisa setara dengan kamera profesional. Sensor kamera itu pertama kali diperkenalkan kepada publik pada September 2021 lalu. 

Cara yang dilakukan Samsung untuk memamerkan sensor ISOCELL 200 MP-nya juga terbilang unik. Pabrikan asal Korea Selatan itu mencetak papan iklan raksasa (billboard) bergambar kucing yang dijepret menggunakan kamera dengan sensor terbarunya.

Dilansir oleh GSM Arena, hasil jepretan itu dicetak di kanvas berukuran 28 x 22 meter yang terdiri dari dua belas potongan terpisah sepanjang 2,3 meter. Potongan terpisah itu kemudian digabungkan menjadi satu dan digantung di sebuah bangunan.

(Baca juga: Samsung Kembangkan Resolusi Kamera Smartphone hingga 200 Megapiksel)

Pesan yang ingin disampaikan oleh Samsung tentu saja adalah kemampuan sensor kamera yang memungkinkan seseorang memperbesar atau memotong gambar sesuai kebutuhan tanpa kehilangan detilnya. Walaupun demikian, tidak bisa dipungkiri, hasil jepretan itu  dioptimalkan dan disesuaikan terlebih dahulu sebelum dicetak dan ditampilkan.
 


Kemampuan sensor ISOCELL HP1 Samsung tidak terlepas dari teknologi pixel binning terbaru yang disematkan. Teknologi yang diklaim untuk pertama kalinya dihadirkan itu dijuluki sebagai ChamelonCell, menggunakan tata letak pixel dua kali dua, empat kali empat atau pixel penuh tergantung pada lingkungan. 

Sensor ISOCELL HP1 juga memperkenalkan sensor pencitraan pertama dengan resolusi 200MP dengan besar pixel hanya 0,64μm. Kemudian kamera dengan sensor tersebut juga dapat mengambil video hingga 8K pada 30fps dan menggabungkan empat pixel bersebelahan untuk menurunkan hingga 50MP atau 8.192 x 6.144 untuk mengambil video 8K (7.680 x 4.320) tanpa perlu memotong atau memperkecil resolusi gambar penuh.

“Dengan ISOCELL HP1 yang mendobrak hambatan dan ISOCELL GN5 yang menghadirkan fokus otomatis ultracepat, Samsung akan terus memimpin tren untuk teknologi pencitraan seluler generasi berikutnya,” lanjutnya dikutip dari situs resmi Samsung.

Meskipun sudah dipamerkan dan diperkenalkan ke publik sejak beberapa bulan lalu, belum diketahui perangkat apakah yang akan  menggunakan sensor ini. Namun yang jelas, perangkat yang disertai sensor ISOCELL HP1 terbaru besutan Samsung itu dinanti-nanti kehadirannya, khususnya oleh para kreator konten.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Gara-Gara Lockdown di China, Peluncuran iPhone 14 Terancam Molor

BERIKUTNYA

Wow, Produk Skincare Lokal Kuasai Platform E-Commerce dalam Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: