Konten kreator dari kamar. (Sumber gambar: Unsplash/Convert Kit)

Hypereport: Dari Kamar ke Panggung, Kisah Inspiratif Para Kreator

24 July 2023   |   13:20 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Jika dahulu banyak tokoh populer lahir dari jalanan atau tongkrongan. Kini dengan berkembangnya teknologi dan internet telah memberikan kesempatan yang tak terbatas bagi orang-orang kreatif untuk mengekspresikan bakat mereka secara luas.

Pada era digital ini, banyak kreator konten, termasuk vlogger, gamer, penulis lagu, dan seniman lainnya, telah berhasil menemukan kesuksesan dengan berkreasi dari kamar tidur mereka sendiri.

Tak hanya meraih popularitas melalui konten daring, sejumlah individu berbakat juga berhasil menjadikan kamar tidur mereka sebagai trampolin menuju karier yang lebih besar di industri hiburan, seperti menjadi aktor atau penyanyi profesional.

Baca juga: Hypereport: Lika-Liku Menata Karier & Masa Depan

Contohnya Troye Sivan yang merupakan penyanyi yang memulai dengan mengunggah video cover lagu dan konten vlog pribadi. Popularitasnya tumbuh pesat, dan kemudian dia melangkah mengejar karier musik profesionalnya.

Kesuksesannya sebagai penyanyi membuka pintu bagi perannya di beberapa film dan serial TV, mengukuhkan posisinya sebagai seniman multitalenta.
 


Di Indonesia juga tak ketinggalan. Tak sedikit pula aktor dan penyanyi yang kalian saksikan di layar kaca juga lahir dari kamar tidur. Berbekal komputer, smartphone, dan koneksi internet mereka meracik karya-karyanya dari kamar. Awalnya sekadar hobi, tetapi beberapa dari mereka lantas meraih popularitas dari sana. 

Meski demikian, di tengah semakin ketatnya persaingan, mereka juga harus memiliki sejumlah strategi khususnya dalam hal strategi promosi agar mendapatkan audiens dan dikenal publik.

Lantas seperti apa sebenarnya kreator kamar? Hypeabis.id mencoba mengungkapnya dalam seri laporan khusus berikut ini. (Klik sub-judul untuk membaca tulisan selengkapnya). 
 

1. Hypereport: Perjalanan Musik Adhitia Sofyan, Masyhur dari Kamar Tidur

Nadin Amizah, Idgitaf, Rahmania Astrini, Brisia Jodie, Stephanie Poetri, NIKI, dan Rich Brian adalah segelintir musisi kamar atau bedroom musician. Sebelum populer dan dikenal publik, karier mereka bermula karena sering mengunggah konten-konten musik seperti cover lagu atau karya orisinal sendiri di media sosial. 

Disebut sebagai musisi kamar atau bedroom musician, karena mereka memulai karier bermusik dari ruang kamar pribadi. Dari kamar, mereka menulis lagu, merekam, mixing, bahkan mendistribusikan karya mereka ke sejumlah platform media sosial. Dengan kemudahan akses informasi, mereka bisa dengan leluasa belajar tentang memproduksi musik hingga akhirnya merilis karya.

Seiring waktu, karya-karya mereka pun dikenal publik hingga membawa mereka bertemu dengan label ataupun berkarier secara independen.
 

2. Hypereport: Meramu Konten Viral Lewat Permainan Karakter Hingga Jadi Aktor

Kreator konten yang berbasis permainan karakter memang tampaknya sedang jadi tren baru. Hal ini juga diakui oleh Oza Rangkuti dan Apos Hutagaol. Keduanya memang kerap berakting dan membuat konten yang memeragakan kehidupan anak Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Timur (Jaktim).

Berbalut komedi, konten-konten yang dibuat keduanya pun dengan mudah viral dan disukai banyak orang. Kepiawaiannya dalam menyoroti tren yang ada ditambah dengan menemukan potongan adegan ikonik membuat video-videonya dengan mudah menembus algoritma FYP TikTok.

Kini bermula dari konten-konten kamar, banyak creator yang sudah mencicipi panggung perfilman Nasional.
 

3. Hypereport: Kerja Sambil Main Ala Game Streamer

Gamer kini dilihat sebagai profesi baru yang diidam-idamkan anak muda. Permainan elektronik yang diciptakan untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang, kini bisa mendatangkan uang dan popularitas. Di Indonesia sendiri, konten game memiliki segmen penonton yang loyal.

Para penggemarnya rela menggelontorkan uang untuk berlanggan di platform live streaming, atau memberikan koin, donasi, gift, dan sebagainya. Di luar sesi gaming, streamer juga mendapatkan ketenaran dan penghasilan layaknya influencer atau selebgram.

Sebut saja sejumlah nama seperti Windah Basudara, JessNoLimit, Frost Diamond, MiawAug dan lainnya. Mereka adalah game streamer yang sukses mengumpulkan banyak viewers dan subscriber hanya dengan bermain game dari dalam kamar tidur.
 

4. Hypereport: Orat-Oret Ide & Imajinasi Jadi Karya yang Digandrungi

Ada berbagai tempat bagi para komikus dalam memulai dan menekuni proses kreatifnya. Setiap dari mereka punya cara dan tempat yang berbeda antara satu dengan yang lain, salah satunya melalui kamar. Kondisi ini dapat terjadi lantaran teknologi digital dan internet yang kian berkembang.

Komikus Muhammad Daniel Fahmi Rizal menuturkan bahwa proses kreatif seorang pembuat komik tidak bisa di-gebyah uyah. Setiap kreator memiliki treatment yang berbeda dalam memunculkan sebuah ide. Ada yang bisa mendapat ide lewat perenungan, terpikir begitu saja secara mendadak, atau berbagai macam dorongan lainnya yang membuat cerita bisa muncul di kepala. 

Begitu pun dengan tempat atau lokasinya, yang bisa di mana saja. “Bisa saat berkendara, di kamar mandi, saat menonton, berinteraksi dengan orang lain, dan sebagainya,” katanya kepada Hypeabis.id

Selain itu, digitalisasi dan internet juga membuat para komikus dan animator yang ada di dalam negeri mudah untuk melakukan pemasaran dan memonetisasi karya yang dibuatnya. Mereka dapat menceritakan kepada banyak orang tentang karya yang telah dihasilkan melalui media tersebut.

Kisah-kisah inspiratif di atas adalah contoh bagaimana kreativitas membawa seseorang dari kamar tidurnya ke panggung dunia. Keberhasilan para kreator ini adalah hasil dari dedikasi mereka untuk mengasah bakat dan terus berusaha meraih mimpi.

Baca juga: Hypereport: Dinamika dan Pesona Dunia Komik Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Orat-Oret Ide & Imajinasi Jadi Karya yang Digandrungi

BERIKUTNYA

5 Agenda Pameran Seni & Fotografi Agustus 2023, dari Eko Nugroho hingga Andy Dewantoro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: