Ilustrasi ameran seni sumber gambar (Unsplash/Serg Bataev)

5 Agenda Pameran Seni & Fotografi Agustus 2023, dari Eko Nugroho hingga Andy Dewantoro

24 July 2023   |   13:49 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran seni kian semarak lagi di Tanah Air. Tentu hal itu menjadi kabar gembira bagi pencinta karya seni yang ingin menikmati pameran seni rupa dan fotografi setiap akhir pekan. Ya, pada Juli hingga Agustus tahun ini masih terdapat sejumlah pameran yang tidak boleh dilewatkan. 

Pada pameran tersebut, para pencinta seni dapat menyaksikan sederet hasil sentuhan tangan seniman dengan karya-karya estetiknya yang bernilai tinggi dipamerkan di sejumlah galeri seni dan museum.

Baca juga: Melihat Realita Indonesia & Korea Selatan dalam Pameran Indonesian – Korean Art Exchange

Dengan berbagai gaya dan medium yang dihadirkan, mereka juga menyajikan karya artistik yang asyik untuk dinikmati sembari mengisi kegiatan akhir pekan.

Nah, bagi kalian yang tertarik mengunjungi pameran seni rupa yang akan digelar pada akhir Juli hingga Agustus, berikut Hypeabis.id merangkum agenda pameran seni rupa yang pas untuk jadi destinasi wisata kota pada akhir pekan. 


1. Cut The Mountain And Let It Fly, ROH Projects

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ???????????? (@rohprojects)



Perupa kontemporer asal Yogyakarta, Eko Nugroho kembali ke Ibu Kota lewat pameran di Galeri seni ROH, Jakarta dengan mengusung tema Cut The Mountain And Let It Fly. Pameran tunggal ini menjadi ajang comeback-nya seniman kelahiran 1977 itu setelah berpameran di Komunitas Salihara pada 2015.

Mengutip laman media sosial Roh Project, Eko Nugroho kali ini menghadirkan berbagai karya terbaru mulai dari patung, lukisan, mural, sulaman, dan karya di atas kertas. Dibuat dalam 5 tahun terakhir, karya ini membicarakan berbagai situasi kompleks budaya dan politik sehari-hari Indonesia yang terus tumbuh.

Adapun dalam pameran ini, seniman jebolan Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta itu juga merespons galeri ROH yang bersekat-sekat dengan karya muralnya. Menjadi penanda dua dekade berkarya di bidang seni rupa eksibisi ini masih akan berlangsung hingga 13 Agustus 2023.


2. Somewhere, Elsewhere, Nowhere, Museum MACAN

 

Pasangan seniman asal Filipina Isabel dan Alfredo Aquilizan juga menggelar eksibisi di Museum MACAN, Jakarta Barat. Dengan tema pameran Somewhere, Elsewhere, Nowhere, keduanya menampilkan puluhan karya seni seperti patung, instalasi, dan seni gambar yang dibuat dalam dua dekade terakhir.

Alih-alih menggunakan berbagai material yang sulit, pasangan suami istri (pasutri) itu justru memilih berbagai medium kehidupan sehari-hari. Termasuk sandal jepit, kardus, sikat gigi, dan selimut yang dibuat menjadi karya seni dengan estetika mumpuni.

Menjadi refleksi dari kisah kehidupan pribadi mereka saat bertemu dengan orang lain, pameran ini masih berlangsung hingga 8 Oktober 2023. Namun, selain menikmati pameran keduanya, Genhype juga bisa mengunjungi pameran tetap Museum MACAN yang banyak memacak karya-karya perupa old master Indonesia dan perupa kontemporer lain.


3. Love Is Happiness, Art:1 New Museum Jakarta

 

Seniman asal Kota Gudeg Nana Tedja kembali ke Art:1 New Museum Jakarta lewat pameran tunggal bertajuk Love Is Happiness. Ajang ini merupakan kali kedua perupa jebolan Institut Seni Indonesia Yogyakarta itu setelah berpameran di tempat yang sama pada 2018 dengan tema Tumbuh Akar.

Sesuai tajuknya, Nana mengekspresikan berbagai  idiom mengenai cinta itu yang mewujud dalam garis-garis yang menjadi kekuatan dalam karyanya. Dengan luwes, dia pun banyak menorehkan sapuan cat dan cat semprot (pilox) dengan guratan yang dinamis dan dramatis dari belasan karya lukisannya yang ekspresionis.

Total, terdapat 13 karya lukisan dan 8 patung yang dibuat Nana dipamerkan hingga 5 Agustus 2023. Hampir semuanya didominasi abstrak, tetapi tidak dalam arti umum, karena masih ada sederet figur di dalamnya yang berkisah tentang hubungan manusia dengan liyan.


4. Castaneda Factor, Jagad Gallery

 

Seniman nyentrik Daniel Kho mengajak publik untuk kembali berbahagia lewat karya-karya terbarunya. Lewat pameran bertajuk Castaneda Factor, perupa asal Klaten, Jawa Tengah itu menghadirkan ratusan karya lukis di Jagad Gallery hingga 15 Agustus 2023.

Castaneda Factor menjadi rentetan dari seri pameran yang telah dibuatnya sejak 2021. Yaitu dari pameran Dobos di Paros Arthouse, Bali, pameran Mboh di Studio Kalahan Yogyakarta pada 2022, dan pameran Owalah di bentara Budaya Jakarta pada awal tahun 2023.

Dalam pameran ini sang perupa mengatakan, karya-karyanya sangat dipengaruhi pemikiran Carlos Castaneda. Yaitu seorang penulis yang banyak membuat cerita mengenai dunia yang ganjil, termasuk alien dan makhluk luar angkasa yang menjadi bagian dari kenyataan.


5. IMMEASURABLE, Rachel Gallery

 

Fotografer Andy Dewantoro juga memacak karya-karya fotografinya di Rachel Galeri, Vastu Home di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan. Mengambil tajuk Immeasurable, seniman asal Lampung itu akan memamerkan rangkaian foto-foto yang merefleksikan lanskap melalui bangunan-bangunan di jalanan dalam periode waktu tertentu.

Baca juga: Pameran Bangkit Anak Indonesia Tampilkan Puluhan Karya Seni Ciptaan Seniman Muda Outsider

Tak hanya itu, pameran ini juga menandai momen penting dalam kariernya untuk merayakan pameran tunggalnya yang kelima. Lewat Immeasurable Andy menunjukkan dedikasi dan ketekunan seorang seniman yang berusaha menghadirkan suasana yang dibekukan melalui perspektif lensa kamera. Pameran ini masih berlangsung hingga 5 Agustus 2023.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Dari Kamar ke Panggung, Kisah Inspiratif Para Kreator

BERIKUTNYA

Perubahan Logo Twitter dari Masa ke Masa, Sempat Hijau, Berubah Biru, kini Hitam Putih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: