Single's Inferno. (Sumber gambar: Netflix)

Hypereport: Deretan Dating Show Populer di Berbagai Negara, Amerika Serikat hingga Korea Selatan

14 July 2024   |   21:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menemukan pasangan, salah satunya dengan mengikuti dating show atau acara kencan. Dating show merupakan program yang menghadirkan beberapa peserta untuk mencari pasangan. Selain sebagai media perjodohan, acara ini juga bisa menjadi tontonan yang menghibur.

Sejumlah dating show dari berbagai negara dibuat untuk mempertemukan orang-orang yang ingin menemukan tambatan hatinya. Setiap program biasanya membawa konsep dan tema acara yang berbeda-beda. Namun, satu yang pasti, ingin membantu peserta untuk bisa menemukan cinta sejatinya hingga membawa mereka ke jenjang pernikahan. 

Baca juga laporan terkait:  Dahulu, acara semacam ini bisa ditonton di televisi lokal. Namun, sekarang kebanyakan acara dating show bisa ditonton di layanan streaming, sehingga audiens bisa menonton ragam acara dating show dari berbagai negara, mulai dari AS, Korea, hingga Jepang.

Tak hanya diminati oleh peserta yang ingin mencari jodoh, acara dating show juga digemari penonton lantaran menyajikan tontonan yang menghibur sekaligus emosional. Konsep acara dan tema yang telah dirancang yang harus diikuti peserta menjadi daya tarik tersendiri dari tayangan dating show.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah acara dating show populer dari berbagai negara. 
 

1. The Bachelor (Amerika Serikat) 

The Bachelor adalah serial televisi realitas hubungan dan kencan AS yang tayang di jaringan ABC sejak 2002. Disebut sebagai pelopor acara kencan realitas, The Bachelor kini telah masuk musim ke-29. Selama lebih dari dua dekade, acara ini telah memfasilitasi banyak orang untuk menemukan cinta sejatinya.

Kesuksesan acara ini pun melahirkan sejumlah spin-off dari The Bachelor, termasuk The BacheloretteBachelor PadBachelor in Paradise, dan Bachelor in Paradise: After Paradise. Para kontestan jebolan ajang ini pun meraih ketenaran berkat popularitas acara tersebut, bahkan beberapa diantaranya mendapatkan pekerjaan sebagai aktor atau artis televisi. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ABC (@abc)

 

2. Love Is Blind (Amerika Serikat)

Acara kencan realitas lainnya dari Negeri Paman Sam yang populer ialah Love Is Blind yang tayang di Netflix sejak 2020. Seperti judulnya, acara ini menantang para kontestan untuk menemukan cinta sejatinya tanpa melihat satu sama lain.

Selama 10 hari, para peserta hanya boleh berkencan lewat sebuah pod yang dibangun khusus, tempat mereka dapat berbicara satu sama lain melalui pengeras suara. Mereka bisa bertemu ketika satu sama lain telah sepakat untuk menikah.

Serial Love Is Blind telah ditayangkan selama enam musim dan telah diadaptasi menjadi delapan versi internasional tambahan di berbagai negara termasuk Brasil, Jepang, Swedia, Inggris, Jerman, Argentina, dan Meksiko. 
 

3. Taken Out (Australia)

Taken Out adalah acara kencan televisi populer asal Australia yang tayang sejak 2008. Acara ini pun telah dibuat ke dalam berbagai versi di sejumlah negara termasuk Indonesia. Di dalam negeri, acara ini tayang di televisi sejak 2009 hingga sekarang.

Acara ini menghadirkan 30 orang wanita lajang berdiri di belakang podium untuk memilih 7 orang pria lajang yang akan diperkenalkan satu persatu. Saat ini, Take Me Out Indonesia tayang di MNCTV yang dipandu oleh Rian Ibram, Angel Karamoy dan Vega Darwanti. 
 

4. Single's Inferno (Korea Selatan)

Single's Inferno merupakan serial kencan realitas populer dari Korea Selatan. Tayang di Netflix sejak 2021, serial ini telah menduduki peringkat di antara daftar Top 10 Global Netflix hingga dijuluki sebagai versi Korea dari Bachelor in Paradise. Ini juga menjadikan Single's Inferno sebagai reality show pertama yang mencapai daftar tersebut.

Acara ini menghadirkan sejumlah kontestan lajang yang sedang mencari cinta dan tinggal bersama di pulau terpencil yang disebut "Inferno". Satu-satunya cara untuk melarikan diri dari "Inferno" dan menuju ke "Paradise" atau suite mewah di hotel megah adalah menjadi pasangan dengan mencocokkan diri bersama peserta lain.

Di akhir acara, para peserta akan memilih siapa orang yang paling cocok dengan preferensi masing-masing untuk dijadikan pasangan. 

Baca juga: Survei Ungkap Dating App Mulai Ditinggalkan, Kencan Tradisional Kembali Dilirik
 

Heart Signal. (Sumber gambar: Heart Signal/Instagram)

Heart Signal. (Sumber gambar: Heart Signal/Instagram)

5. Heart Signal (Korea Selatan)

Acara kencan realitas lain yang populer di Korea yakni Heart Signal yang telah tayang sejak 2017. Acara realitas ini mengikuti 8 orang yang tinggal bersama selama satu bulan saat mereka saling mengenal dan berkencan. Setiap malam, setiap peserta mengirim pesan teks anonim ke anggota lain untuk menunjukkan ketertarikan romantis mereka. 

Namun, mereka tidak diperbolehkan untuk menyatakan cinta secara langsung. Sementara itu, sekelompok selebritas dan pakar akan menonton acara tersebut, menganalisis tindakan para kontestan dan mencoba memprediksi siapa yang akan mengirim pesan kepada siapa. 
 

6. Married at First Sight (Amerika Serikat)

Sesuai dengan namanya, Married at First Sight adalah acara realitas Amerika Serikat yang menghadirkan sejumlah pasangan yang bahkan belum pernah bertemu sebelum hari pernikahan mereka. Acara ini juga menyediakan sejumlah praktisi untuk membantu pernikahan para kontestan berhasil.

Setelah dijodohkan oleh para ahli hubungan, pasangan akan pergi berbulan madu setelah pernikahan dan menghabiskan 8 minggu bersama sebelum memutuskan apakah pernikahan akan dilanjutkan. Acara yang tayang sejak 2014 ini menawarkan para ahli dalam bimbingan agama, seksual, dan psikologis untuk membantu pasangan menentukan kecocokan utama mereka. 
 

7. If You Are the One (China)

If You Are the One adalah acara kencan televisi populer asal China yang hampir mirip dengan konsep acara Taken Out. Acara yang tayang sejak 2010 di jaringan JSBC ini akan menghadirkan seorang pria lajang sebagai peserta, yang siap memperkenalkan dirinya di hadapan 24 wanita lajang. Jika tidak tertarik, para wanita itu berhak mematikan lampu. 

Berbeda dengan acara serupa, If You Are the One mengajak para kontestan untuk mengulik aspek hubungan yang lebih mendalam dan emosional, serta memberikan analisis rasional untuk membantu si pelamar membuat keputusan yang tepat. If You Are the One telah meraih rating sukses di China dan kini menjadi acara dengan rating tertinggi di Jiangsu TV.
 

One Week Love. (Sumber gambar: TSL Media Group)

One Week Love. (Sumber gambar: TSL Media Group)

8. One Week Love (Singapura)

One Week Love adalah acara realitas kencan asal Singapura yang tayang sejak 2022. Hingga November 2022, acara ini telah mengumpulkan lebih dari 1,5 juta penayangan untuk 10 episode di YouTube.

Acara ini menghadirkan sembilan orang lajang yang tinggal di tempat yang sama selama satu minggu, untuk melihat apakah mereka dapat menemukan cinta. Selain kontestan utama, acara ini juga terdiri dari panel pembawa acara atau komentator yang akan memberikan reaksi dan komentar pada setiap episode. 
 

9. Chinese Dating with the Parents (China)

Acara kencan lainnya yang populer dari China ialah Chinese Dating with the Parents. Seperti namanya, acara kencan ini terbilang unik lantaran turut menghadirkan orang tua sebagai saksi dari awal perjalanan romantis para kontestan. Acara ini menunjukkan peran penting orang tua dalam upaya anak-anak mereka mencari pasangan hidup. 

Chinese Dating with the Parents menawarkan acara yang menghibur lantaran menghadirkan humor, romansa, dan momen-momen mengharukan, yang berfungsi sebagai pengingat yang menyentuh hati bahwa cinta melampaui hubungan antara pasangan saja tetapi juga keluarga.

Acara yang tayang sejak 2016 ini menawarkan sekilas gambaran yang menarik ke dalam dinamika rumit hubungan kekeluargaan dalam konteks kisah romantis, memperlihatkan kerumitan yang dihadapi para kontestan saat mereka harus menemukan ekspektasi dari orang tua masing-masing. 
 

10. Is She The Wolf (Jepang)

Is She The Wolf adalah serial kencan realitas asal Jepang yang mengadaptasi acara Who Is The Wolf? (2017). Acara yang tayang di Netflix sejak September 2023 ini menghadirkan lima pria dan wanita lajang berusia 22 hingga 32 tahun termasuk aktor, artis, model, dan atlet yang tengah mencari cinta.

Mereka dipertemukan dalam satu tempat dan diberi tugas, memungkinkan mereka saling mengenal hingga memicu percikan cinta. Menariknya, satu dari lima wanita yang mengikuti acara itu dilarang jatuh cinta dan harus berbohong kepada yang lain agar tidak ketahuan. Para peserta pun harus mencari tahu identitas dari perempuan yang dijuluki Wolf atau serigala itu. 

Baca juga: Hindari Penipuan Dating Apps, Ini 5 Pelajaran Penting dari Tinder Swindler

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Musisi Malaysia Michael Guang Liang Bakal Konser di Surabaya, Catat Tanggalnya

BERIKUTNYA

5 Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan Tubuh, Menambah Asupan Nutrisi dan Energi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: