Susu UHT punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh (Sumber foto: Freepik)

5 Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan Tubuh, Menambah Asupan Nutrisi dan Energi

14 July 2024   |   22:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Susu UHT (ultra-high temperature) dalam kemasan sangat digemari oleh semua kalangan usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. UHT merupakan susu sapi segar yang kandungan nutrisinya dipertahankan seperti aslinya, kemudian melewati proses pasteurisasi dengan teknik pengolahan ultra-high temperature.

Ultra-high temperature adalah proses memanaskan susu dengan suhu yang sangat tinggi, sekitar 135-150 derajat Celsius selama 1-2 detik. Tujuannya untuk membunuh bakteri dalam susu tanpa merusak kandungan gizinya.

Baca juga: Moms, Ini Lo Perbedaan Kandungan Susu UHT & Susu Pertumbuhan

Melalui proses tersebut, susu jadi lebih aman untuk dikonsumsi. Selain itu juga bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan sampai 9 bulan selama kemasannya masih tersegel rapat sehingga tidak terkontaminasi oleh bakteri. 

Kandungan nutrisi dalam 1 pak susu UHT, yakni sekitar 250 mililiter mengandung protein: 8 gram, karbohidrat: 12 gram, lemak: 8 gram, sodium: 55 miligram, kalium: 400 miligram. Tidak hanya itu, susu ini juga kaya akan sejumlah nutrisi penting lainnya, seperti Kalsium, seng, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin A  vitamin B12.

Mengutip Healthline, simak manfaat susu UHT untuk kesehatan tubuh.
 

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, terdapat vitamin B12 dan vitamin D yang cukup sulit didapatkan dari makanan lain. 

Protein, karbohidrat, lemak baik, serta vitamin dan mineral pada susu UHT akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. 
 

2. Sumber energi untuk tubuh

Kandungan gizinya susu UHT tidak akan berkurang meski sudah melewati proses pasteurisasi. Susu mengandung laktosa yang bisa meningkatkan energi. Dengan begitu, setelah mengonsumsi susu, kamu akan merasakan tubuhmu lebih berenergi.

Susu baik dikonsumsi pada pagi hari untuk membantu meningkatkan energi sebelum memulai aktivitas, serta pada malam hari untuk meningkatkan kualitas tidur sebab susu mengandung triptofan dan melatonin. 
 

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Susu kaya akan kalsium yang dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan gigi, sehingga tetap kokoh dan tidak mudah rapuh. Terutama anak-anak yang membutuhkan banyak asupan kalsium agar tulangnya bisa tumbuh kuat. Dengan begitu mereka bisa memiliki tinggi badan yang sesuai dengan usianya.

Mengonsumsi segelas susu bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian sebesar 17-20,5 persen. Orang dewasa memerlukan 1.000-1.200 mg kalsium dalam sehari. Anak-anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 700 mg kalsium per hari, sedangkan anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium per hari.
 

4. Membantu pembentukan otot 

Selain baik untuk tulang dan gigi, manfaat susu UHT adalah untuk membantu meningkatkan massa otot. Hal ini karena susu UHT mengandung protein yang baik untuk otot.

Protein akan dipecah oleh tubuh menjadi asam amino. Selanjutnya, asam amino akan membantu memperbaiki dan menumbuhkan serat otot yang baru. Massa otot diperlukan untuk menjaga metabolisme tubuh dan membantu bergerak agar tetap kuat.
 

5. Mencegah keracunan

Manfaat minum susu UHT adalah untuk mencegah keracunan bakteri berbahaya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan utama pemrosesan UHT adalah mematikan kuman yang berbahaya pada susu.

Susu mentah yang tidak melalui proses ini besar kemungkinannya untuk terkontaminasi berbagai macam bakteri penyebab keracunan makanan, seperti brucella, campylobacter, cryptosporidium, e.coli, listeria, dan salmonella.

Apabila terinfeksi bakteri tersebut, kamu akan mengalami muntah, diare, sakit perut, dan demam. Pada kasus yang lebih parah, keracunan bisa menyebabkan gagal ginjal, keguguran, bahkan kematian. Selain itu, susu UHT juga dikemas dalam wadah yang juga sudah steril sehingga aman dikonsumsi. 

Baca juga: Susu Oat Makin Ngetren, Cek Dulu Perbandingan Kandungan Nutrisi Susu Nabati Lainnya 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Deretan Dating Show Populer di Berbagai Negara, Amerika Serikat hingga Korea Selatan

BERIKUTNYA

Promotor Ungkap Indonesia Masih Belum Punya Banyak Tempat Konser yang Layak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: