Pengunjung memerhatikan lukisan anak-anak bertema laut pada pameran seni

7 Agenda Pameran Seni 13-14 Juli 2024: ARTJOG hingga Artrasa

13 July 2024   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Juli menjadi periode yang menggembirakan bagi pencinta seni. Pasalnya, sepanjang bulan ini, sederet agenda seni, baik pameran bersama, pameran tunggal, maupun hajatan seni akbar lain bakal digelar. Tak hanya di Jakarta, tetapi juga digelar di kota-kota lain.

Pameran seni belakangan memang ramai digelar. Selain menjadi bentuk apresiasi kepada perupa, ini juga menunjukkan bahwa ekosistem seni makin menggeliat.  

Baca juga: Seniman Amerika-Pantai Gading Aboudia Gelar Pameran Tunggal di ArtMoments Jakarta 2024

Nah, bagi Genhype yang masih bingung pekan ini mau ke mana, yuk cek langsung sejumlah agenda seni menarik minggu ini:


1. ARTJOG

Salah satu agenda seni yang tak boleh dilewati begitu saja pekan ini adalah ARTJOG. Digelar di Jogja National Museum, Yogyakarta, ARTJOG tahun ini mengusung tema besar Motif: Ramalan. Hajatan seni rupa tahunan ini resmi dibuka untuk publik pada 28 Juni lalu dan dapat dikunjungi hingga 1 September 2024.

Tahun ini, ARTJOG menggandeng 48 seniman dewasa individu maupun kelompok dari dalam dan luar negeri. ARTJOG 2024 juga masih akan mempresentasikan karya dari 36 seniman anak dan remaja yang lolos kurasi. Total ada 84 seniman yang terlibat dalam ARTJOG 2024.

Selama lebih dari satu bulan, pameran ini akan mengajak publik untuk menikmati ratusan karya seni yang terdiri dari lukisan, patung, karya campuran (mixed media), hingga instalasi dari para seniman terkurasi.


2. Pameran Macet

Pameran seni bertajuk Macet yang digagas ekspatriat asal Amerika Serikat yang kini menetap di Bogor masih bisa dinikmati public. Pameran yang digelar di Art Agenda, Jakarta itu dibuka untuk public mulai 8 Juni dan masih bisa dikunjungi hingga 27 Juli 2024.

Dalam pameran ini, Peterson membawa 24 karya seni, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Pameran Macet menyajikan kumpulan metafora visual yang kaya dari Peterson dalam merespons dalam dunia yang terus bergerak makin cepat. Pengunjung akan menjelajahi dengan alam berbagai bentuk macet yang dialami oleh manusia sekarang.
 

3. Surakusuma Mangkunegaran Art Garden

Pameran Surakusuma Mangkunegaran Art Garden menyajikan seni dan sejarah budaya yang tentu saja sayang untuk dilewatkan begitu saja. Gelaran ini membawa konsep alam terbuka, sebuah pameran pantung (sculpture garden) di taman Pracima Tuin, Pura Mangkunegaran Surakarta. Pameran ini berlangsung ari 29 Juni hingga 29 Juli 2024.

Pameran Surakusuma ebagai kolaborasi Tumurun Museum dan Pura Mangkunegaran ini menghadirkan karya-karya atung kontemporer dari 1 seniman Indonesia. Mereka adalah Gabriel Aries, Faisal Habibi, Alicja Kwade, Aditya Novali, Wedhar Riyadi, Ugo Rondinone, Alex Seton, Gregorius Sidharta, Bernar Venet, Rita Widagdo, Yunizar


4. Pameran Titicara: Meruah

Pameran Titicara: Meruah merupakan ekshibisi lanjutan dari kolaborasi ISA Art and Design dan Selasar Sunaryo Art Space. Pada 2022 lalu, mereka terlebih dahulu menampilkan arya Selected Women Artists by Syagini Ratna Wulan dan Melihat Lebih Dekat Perempuan Perupa. 

Baca juga: Jalan Bareng Genhype Kunjungi Pameran Patricia Piccinini di Museum MACAN

Dalam pameran yang berlangsung ari 17 Mei hingga 28 Juli 2024 ini, ada Sembilan perempuan perupa lintas generasi yang terlibat. Mereka adalah adalah Dian Suci Rahmawati, Fiametta Gabriela, Hildawati Soemantri, Ipeh Nur, Kei Imazu, Liza Markus, Melati Suryodarmo, Nadya Jiwa Saraswati, dan Ratu R. Saraswati.
1
2


SEBELUMNYA

5 Agenda Kulineran Akhir Pekan 13-14 Juli 2024 di Jakarta

BERIKUTNYA

Traveloka x Katalis Dorong Pelatihan untuk Tingkatkan Literasi Digital Industri Pariwisata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: