Sutradara dan pemain film Megalopolis saat di red carpet Cannes Film Festival 2024 (Sumber gambar: website Cannes Film Festival)

Gemuruh Standing Ovation di Cannes Film Festival 2024, Megalopolis hingga Furiosa: A Mad Max Saga

17 May 2024   |   14:35 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penonton Cannes Film Festival telah lama dikenal karena respons mereka yang berani. Hampir tidak ada tanggapan yang suam-suam kuku saat sebuah film selesai diputar di festival ini. Reaksi para penonton tersebut pada film akan jelas, antara mencemooh atau justru mengapresiasinya. 

Apresiasi penonton untuk sebuah film, selain dengan memberi ulasan, biasanya dapat dilihat dari seberapa meriah standing ovation atau tepuk tangan yang terjadi setelah film tersebut selesai diputar.

Standing ovation di festival film ini terjadi murni sebagai sebuah pujian yang organik, tanpa dibuat-buat. Beberapa film yang dinilai memiliki kualitas yang baik bahkan biasanya diganjar tepuk tangan meriah selama bermenit-menit lamanya.

Baca juga: Sinefil Masuk, Cek Line Up Film yang Bakal Tayang di Cannes Film Festival 2024

Saat momen itu terjadi, biasanya terdapat kru kamera yang siap menyorot dan penampilkan reaksi para pemeran maupun sineas film yang sedang diputar. Makin lama kamera menyorot mereka, makin lama pula standing ovation berlangsung.

Tradisi tersebut pun kembali muncul di Cannes Film Festival 2024. Saat festival baru berlangsung selama empat hari, tercatat sudah ada beberapa film yang mendapat standing ovation dengan durasi yang cukup lama.

Apresiasi tersebut bahkan sudah dimulai sejak film pembuka untuk festival ini, yakni The Second Act, selesai diputar. Melansir 
Variety, film komedi Prancis garapan sutradara Quentin Dupieux tersebut mendapat tepuk tangan meriah selama 3,5 menit pada pemutaran perdanannya, Selasa (14/5/2024).

Dupieux tampak menghadiri pemutaran perdana filmnya itu. Keempat aktor utamanya juga hadir dan berdiri dengan sopan saat kamera menyorot mereka ketika momen standing ovation terjadi.
 

Film The Second Act memang membawa premis menarik, yakni berkisah tentang Florence yang ingin memperkenalkan David, pria yang sangat dia cintai kepada ayahnya, Guillaume. Hubungan mereka ingin dibawa ke jenjang yang lebih serius. Namun, petaka terjadi karena David tak sebegitunya menyukai Florence.

Standing ovation juga diberikan penonton Cannes untuk film garapan Andrea Arnold, Bird. Film yang masuk kategori kompetisi ini mendapat tepuk tangan meriah selama tujuh menit di pemutaran perdananya yang berlangsung Kamis, (16/5/2024)

Bird adalah film yang membawa Arnold kembali ke dunia realis sosial yang unik. bercerita tentang Bailey yang berusia 12 tahun dan tinggal bersama ayah tunggalnya, Bug. Kehidupan mereka, bersama saudara laki-lakinya, menjadi sajian kisah yang penuh dengan kejutan. 

“Terima kasih, ini sungguh menyenangkan, tapi aku benar-benar ingin pergi dan berpesta sekarang juga,” katanya diiringi tawa di dalam ruangan, dikutip dari Variety, Jumat (17/5/2024).

Film Megalopolis karya Francis Ford Coppola yang juga tayang perdana pada Kamis malam (16/5/2024), juga mendapat apresiasi senada. Malam itu, Coppola, sutradara 85 tahun yang telah memenangkan 5 piala Oscar, kembali membungkuk saat lampu Grand Theatre Lumiere kembali menyala.

Dia mengucapkan rasa terima kasihnya karena gemuruh tepuk tangan dari penonton atas karyanya. Megelopolis malam itu mendapat standing ovation selama sekitar 7 menit. Drama dystopian ini rupanya berhasil memuaskan rasa penasaran penonton yang hadir.

Film ini berkisah tentang sebuah kota metropolitan mirip Kota New York yang mengalami kehancuran akibat bencana alam dahsyat. Di tengah kekacauan tersebut, hadirlah seorang arsitek idealis bernama Cesar Catilina (diperankan oleh Adam Driver), yang bertekad untuk membangun kota tersebut menjadi utopia berkelanjutan.
 

Karya dari sutradara George Miller berjudul Furiosa: A Mad Max Saga juga mendapat apresiasi yang tinggi dari para penonton festival. Mengutip Deadline, film ini mendapat tepuk tangan meriah selama 7 menit 50 detik setelah frame terakhir diputar di Palais besar Cannes, pada Rabu (15/5/2024).

Film ini berkisah tentang dunia yang runtuh dan kemudian karakter benama Furiosa muda diculik dari Green Place of Many Mothers dan jatuh ke tangan Biker Horde besar yang dipimpin oleh Warlord Dementus. 

Ini adalah kisah epik yang memikat penonton dalam perjalanan melalui kekacauan dari dunia pasca-apokaliptik. Film yang merupakan prekuel dari film Mad Max: Fury Road rilisan 2015 ini memang sudah lama ditunggu.

Cannes Film Festival 2024 masih akan berlangsung hingga Sabtu, 25 Mei 2024. Ada banyak film yang bakal melakukan pemutaran dan kemungkinan menambah daftar panjang standing ovation. Ini tentu jadi hal menarik yang patut ditunggu, selain di akhir festival akan mengumumkan daftar pemenang sejumlah penghargaan bergengsinya. 

Baca juga: 5 Potret Selebritas di Festival Film Cannes 2024, Ada Cinta Laura dan Guan XiaoTong

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Yukgaejang, Sup Daging Pedas Korea ala Chef Martin

BERIKUTNYA

Cara Dea dan Facile Merajut Impian Lewat Kelas Tufting Pertama di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: