Megalopolis. (Sumber gambar: Francis Ford Coppola/Instagram)

5 Fakta Menarik Megalopolis: Proyek Film Orisinal & Ambisius dari Francis Ford Coppola

06 May 2024   |   11:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara kawakan Francis Ford Coppola akan segera merilis film anyarnya bertajuk Megalopolis. Film yang digarap Coppola selama beberapa dekade ini disebut sebagai proyek paling orisinal sekaligus ambisius sang sutradara. Tak ayal jika banyak yang menantikannya. Jelang perilisannya, teaser pertama film Megalopolis pun diluncurkan.

Melalui akun Instagram pribadi, Coppola merilis teaser perdana film Megalopolis. Klip berdurasi 2 menit 17 detik itu menampilkan aktor Adam Driver yang didapuk sebagai pemeran utama film. Perilisan teaser tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun mendiang istri sang sutradara, Eleanor Coppola. 

Baca juga: The Roundup: Punishment Jadi Film Tercepat yang Raih 6 Juta Penonton Bioskop pada 2024

"Megalopolis selalu menjadi film yang ditujukan untuk istriku tersayang, Eleanor. Aku benar-benar berharap bisa merayakan ulang tahunnya bersama pada 4 Mei ini. Tapi sayangnya itu tidak terjadi, jadi izinkan saya berbagi dengan semua orang hadiah atas namanya," tulis Coppola lewat akun @francisfordcoppola.
 


Klip tersebut dibuka dengan adegan Adam Driver yang tampak  keluar dari sebuah jendela gedung pencakar langit. Dari atas gedung, dia terlihat hendak lompat dengan ekspresi penuh ketakutan. Namun, saat hendak terjun dari atas gedung, tiba-tiba kehidupan berhenti seketika tepat setelah dia berteriak. Tubuhnya kembali berdiri tegak dengan ekspresi takut yang perlahan menghilang.

Adam Driver lalu menatap lanskap perkotaan yang diselimuti langit jingga. Dengan ketukan jarinya, dia memiliki kekuatan untuk mengembalikan kehidupan. Teaser itupun ditutup dengan adegan Driver yang tampak menatap jauh ke arah langit, diiringi dengan musik skoring yang dramatis sekaligus teatrikal. Sebuah teaser singkat yang cukup emosional dan memunculkan banyak pertanyaan di benak penonton.

Film Megalopolis dijadwalkan tayang perdana secara world premiere pada 17 Mei 2024 di Festival Film Cannes di Prancis. Namun, belum ada tanggal pasti kapan film ini akan tayang di bioskop ataupun platform streaming. Sambil menunggu, yuk simak sejumlah fakta menarik film Megalopolis seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id.


1. Sinopsis Film Megalopolis

Film Megalopolis berkisah tentang sebuah kota metropolitan mirip Kota New York yang mengalami kehancuran akibat bencana alam dahsyat. Di tengah kekacauan ini, hadir seorang arsitek idealis bernama Cesar Catilina (diperankan oleh Adam Driver), yang bertekad untuk membangun kota tersebut menjadi utopia berkelanjutan.

Namun, dia harus menghadapi seorang walikota yang korup, Franklyn Cicero (Giancarlo Esposito), yang lebih mementingkan status quo daripada menggubris ide-ide arsitek yang progresif untuk membangun kembali kota. Di antara mereka, hadir putri sosialita Cicero bernama Julia (Nathalie Emmanuel). Bosan dengan kekayaan dan kekuasaan yang dimilikinya sejak lahir, Julia mencari makna hidupnya.

Film ini juga akan menyoroti dilema Julia yang harus memutuskan antara mengikuti pandangan tradisional ayahnya tentang dunia, atau pandangan kekasihnya yang lebih progresif yang ingin mengubah New York menjadi utopia setelah bencana besar mengguncang kota tersebut.


2. Kritik Sosial Coppola

Melansir dari situs Collider, kisah film Megalopolis terinspirasi dari kisah Konspirasi Catiline kedua, perseteruan antara senator Romawi Lucius Sergius Catilina dan Marcus Tullius Cicero. Catilina menyusun rencana dengan bantuan beberapa bangsawan Romawi yang tidak puas untuk menggulingkan Cicero.

Sebagai sutradara, Coppola disebut ingin menggunakan cerita ini untuk menarik perhatian masyarakat modern saat ini kembali pada isu-isu seputar degradasi lingkungan, perencanaan kota yang buruk, dan kesenjangan. Menurutnya, masalah yang sama yang menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Romawi dapat dengan mudah terulang kembali pada kehidupan saat ini, jika masyarakat modern tidak menyadari realitas perubahan zaman.

"Saya percaya pada Amerika. Pendiri kami meminjam konstitusi, hukum Romawi, dan senat untuk pemerintahan revolusioner mereka tanpa raja. Sejarah Amerika tidak akan terjadi atau berhasil tanpa pembelajaran klasik yang memandunya," kata Coppola dikutip dari Vanity Fair.
 
 


3. Digarap Selama 40 Tahun

Megalopolis adalah film pertama Coppola setelah 13 tahun. Karya terakhir yang digarapnya yakni film Twixt pada 2011. Megalopolis disebut sebagai karya Coppola yang paling ambisius karena digarap dengan memakan waktu selama empat dekade. 

Baca juga: 3 Film Klasik Dengan Durasi Terlama

Menukil dari Screen Rant, Megalopolis pertama kali digarap oleh Coppola pada 1983, ketika dia masih menggarap film The Outsiders. Namun, lantaran keterbatasan anggaran dan tidak adanya produser yang mau mendanai film ini, akhirnya penggarapannya terpaksa harus tertunda. Lama terbengkalai, akhirnya Coppola baru benar-benar menggarap film ini mulai tiga dekade lebih kemudian tepatnya pada 2019 dan rampung syuting pada 2023.

Halaman berikutnya: Biaya produksi...
1
2


SEBELUMNYA

Hasil Thomas & Uber Cup: Indonesia Raih Runner Up

BERIKUTNYA

5 Danau Paling Jernih di Dunia dengan Lanskap Menakjubkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: