Film pendek Basri and Salma in A Never-Ending Comedy, masuk ke dalam kompetisi Festival Film Cannes ke-76. (Sumber gambar: Khozy Rozal/penariangin)

Berkompetisi di Festival Film Cannes, Cek Fakta Menarik Basri and Salma in A Never-Ending Comedy

26 April 2023   |   17:55 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kualitas film Indonesia saat ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, banyak karya sineas lokal yang bertengger di festival film internasional. Terbaru yang membanggakan, datang dari karya sutradara yang berbasis di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Khozy Rizal. 

Film pendek buatannya, Basri and Salma in A Never-Ending Comedy, masuk ke dalam kompetisi Festival Film Cannes ke-76. Bahkan menjadi satu-satunya film pendek dari Asia yang terpilih pada ajang tersebut, tahun ini.

Baca juga: Wawancara Khusus Sutradara Makbul Mubarak, Merayakan Ketakutan Tanpa Hantu

“Akhirnya aku bisa mengatakan ini dengan lantang. Saya sangat bangga mengumumkan bahwa film pendek kami "Basri & Salma in a Never-Ending Comedy" akan tayang perdana di Kompetisi Film Pendek di Festival Film Cannes ke-76,” ujar sang sutradara dalam laman Instagramnya, dikutip Hypeabis.id, Rabu (26/4/2023).

Dia tampak sangat gembira. Tak lupa, Khozy berterima kasih kepada semua pemeran dan kru dari Makassar, atau semua pihak yang terlibat dalam pembuatan film ini. “Juga untuk setiap jiwa cantik yang membantu film ini dengan cara apa pun,” imbuhnya. 

Unggahan Khozy yang menampilkan sampul film itu langsung dibanjiri komentar. Tidak terkecuali para sutradara kenamaan seperti Riri Riza, Joko Anwar, Angga Sasongko, Ifa Isfansyah, hingga artis Hannah Alrashid. 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Khozy Rizal (@khozyrizal)


“Dengan hibah ini, kami akan mendapatkan dukungan finansial dan dukungan pasca produksi dari White Light Studio di Bangkok untuk menyelesaikan film,” tulis pendiri Hore Pictures, rumah produksi film independen itu pada Juni 2022 lalu.

Film pendek Basri and Salma in A Never-Ending Comedy bercerita tentang kehidupan sepasang suami istri bernama Basri dan Salma. Keduanya telah menikah selama lima tahun.

Berasal dari keluarga sederhana, Basri dan Salma mencari nafkah melalui odong-odong yang mangkal di karnaval atau pasar malam. Mereka menghabiskan hari denan menghibur dan merawat anak-anak dengan permainan mirip kereta berisi mobil-mobilan yang bisa dinaiki beberapa anak, bergoyang naik turun diiringi musik itu. 

Sementara itu, keduanya diketahui belum memiliki anak. Tentu dengan kondisi seperti itu, pasangan suami istri ini menghadapi stigma masyarakat yang memunculkan keraguan di dalam diri. 


Daftar Film Pendek yang masuk Festival Film Cannes ke-76

Dari total 4288 film, juri menetapkan 11 film pendek akan dipresentasikan tahun ini dalam kompetisi Festival Film Cannes ke-76. Belasan film tersebut berasal dari 12 negara yakni Argentina, Kolombia, Spanyol, Amerika Serikat, Prancis, Hungaria, Indonesia, Islandia, Norwegia, Polandia, Inggris, dan Ukraina. 

Penghargaan untuk Film Pendek Palme d'or akan diserahkan oleh  juri yang diketuai oleh Ildikó Enyedi pada Sabtu, 27 Mei 2023 saat acara penutupan Festival Film Cannes ke-76. Berikut daftar film pendek yang dipilih untuk bersaing dalam kompetisi ini. 
  1. La perra – Carla Melo Gampert (Kolombia/Prancis) 
  2. As It Was – Anastasia Solonevych, Damian Kocur (Polandia/Ukraina) 
  3. Tits – Eivind Landsvik (Norwegia)
  4. 27 – Flóra Anna Buda (Hongaria/Prancis) 
  5. Le sexe de ma mère – Francis Canitrot (Prancis)
  6. Aunque es de noche – Guillermo García López (Spanyol/Prancis) 
  7. Basri & Salma in a Never-ending Comedy – Khozy Rizal (Indonesia)
  8. Poof – Margaret Miller (Amerika Serikat) 
  9. Nada de todo esto – Patricio Martínez, Francisco Canton (Argentina/Spanyol)
  10. Wild Summon – Karni Arieli, Saul Freed (UK)
  11. Fár – Gunnur Martinsdóttir Schlüter (Islandia)

Baca juga: Piala Oscar 2024 Siap Bergulir, Catat Tanggalnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Berkarakter dan Karismatik, Intip Profil Denzel Washington yang Comeback di Film The Equalizer 3

BERIKUTNYA

Free Fire SEA Invitational Siap Tandingkan 18 Tim Esports Terbaik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: