Still Photo film Second Act karya sutradara Quentin Dupieux (Sumber gambar: website Cannes Film Festival)

Cannes Film Festival 2024 Bakal Dibuka dengan Film The Second Act Karya Quentin Dupieux

14 May 2024   |   14:05 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Film komedi Prancis, The Second Act Le Deuxième acte, yang dibintangi Lea Seydoux, akan membuka gelaran Cannes Film Festival 2024 hari ini, Selasa (14/5/2024). Film yang masuk ke dalam kategori non kompetisi ini merupakan karya terbaru dari sutradara Quentin Dupieux.

Dupieux bukanlah nama kaleng-kaleng dalam lanskap sinema Prancis. Pembuat film berusia 49 tahun ini telah membuktikan dirinya lewat 13 film yang telah diproduksinya dalam 17 tahun kariernya sebagai sutradara.

Baca juga: Sinefil Masuk, Cek Line Up Film yang Bakal Tayang di Cannes Film Festival 2024

Seluruh filmnya membawa gaya khas dari Dupieux. Komedi di karya-karyanya memiliki gaya yang absurd dan terkadang cukup surealis. Gaya ini pula yang mengantarkannya ke panggung sinema global.

“Dupieux telah menjadikan absurd sebagai genre tersendiri dan mengguncang segalanya. The Second Act ini adalah contohnya,” tulis pihak Cannes Film Festival dalam laman resminya, dikutip Hypeabis.id, Selasa (14/5/2024).
 

Still Photo film Second Act karya sutradara Quentin Dupieux (Sumber gambar: website Cannes Film Festival)

Still Photo film Second Act karya sutradara Quentin Dupieux (Sumber gambar: Cannes Film Festival)

The Second Act akan menjadi film perdana yang menyenangkan untuk membuka gelaran festival paling prestisius di dunia ini. Film komedi empat bagian ini akan menyuguhkan humor khas Dupieux yang tak masuk akal.

Film yang menandai karya panjang ke-14 sang sutradara itu juga akan menjadi debut Dupieux dalam kategori non kompetisi. Dia, sebelumnya, lewat film Smoking Causes Coughing (2022) masuk ke dalam bagian Midnight Screenings.

Di luar itu, film produksi Chi-Fou-Mi Productions ini juga jadi salah satu judul yang ditunggu pemutarannya karena membawa premis cerita yang menarik. 
 

Sinopsis The Second Act 

Film The Second Act berkisah tentang Florence yang ingin memperkenalkan David, pria yang sangat dia cintai kepada ayahnya, Guillaume. Hubungan mereka ingin dibawa ke jenjang yang lebih serius.

Akan tetapi, David rupanya tidak tertarik-tertarik amat dengan Florence. Dia justru ingin mencomblangkan Florence pada temannya, Willy. Mereka berempat lantas bertemu di sebuah restoran di antah berantah. 

Selain sebagai sutradara, Dupieux juga menangani bagian kreatif lain film ini, seperti penulis skenario, sinematografi, hingga editor. Desain produksinya digarap oleh Joan Le Boru, semantara tata suaranya dikembangkan oleh Alexis Place, Guillaume Le Braz, dan Jean Paul Hurier.

Setelah pembukaan festival resmi dimulai dan film opener ini diputar, gelaran Cannes Film Festival 2024 pun akan memasuki petualangan barunya tahun ini. Hiruk pikuk festival ini akan dimulai tepat pada Selasa, 14 Mei hingga Sabtu, 25 Mei 2024.
 

Digelar di Croisette, Prancis, festival yang kini memasuki penyelenggaraan ke-77 ini akan kembali menjadi ajang selebrasi sinema dunia. Festival yang telah ada sejak 1946 ini akan kembali menyatukan sutradara, produser, aktor, dan pencinta film di seluruh dunia dalam sebuah perayaan sinema yang penuh keberagaman.

Selama 12 hari ke depan, festival ini akan menayangkan puluhan film-film terbaik hasil kurasi para juri dengan kompetensi dan dedikasi yang tinggi di dunia sinema. Film-film yang berhasil lolos kurasi akan memperebutkan sejumlah penghargaan bergengsi, dari Palme d’Or, Grand Prix, dan Jury Prize.

Di samping itu, beberapa segmen tambahan di festival ini juga terus dikembangkan sebagai bagian menjaga ekosistem, seperti Directors' Fortnight, Critics' Week, dan ACID. Termasuk Canes Film Market atau The Marche du Film. 

Baca juga: Film Pendek Moi Aussi Karya Judith Godreche Bakal Tayang di Festival de Cannes 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jelang Comeback, NewJeans Akan Jadi Bintang Tamu di 2 Days & 1 Night

BERIKUTNYA

Aturan Baru BPJS Kesehatan, Kelas Ruang Rawat Inap Dihapus?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: