Pameran All The Small Things dihelat di Can’s Gallery hingga 9 Januari 2024 (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar

Menikmati Karya Seni Berukuran Mini di Pameran All The Small Things

09 January 2024   |   14:46 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sebuah lukisan bertajuk Autumn Walk in Nara (Acrylic on canvas, 50x50 cm) menarik minat mata pengunjung. Siang itu, beberapa orang silih berganti mengamati karya yang menggambarkan suasana jalanan di sudut kota di Jepang, saat musim gugur tiba.

Langit berwarna kebiruan pada pagi yang cerah. Dua pelajar berjalan beriringan di pedestrian, diikuti seekor kucing lucu. Tak ayal, suasana hangat menyeruak dari lukisan karya Naela Ali yang dipacak dalam pameran All the Small Things #4, di Can's Gallery, Jakarta itu. 

Baca juga: Jaring & Refleksi Iwan Yusuf Terhadap Laut di Pameran Pascamasa

Sepintas, karya bertarikh 2023 itu mengingatkan pengunjung pada film animasi atau potret kamera. Namun, buah tangan perupa sekaligus penulis itu justru hadir di atas kanvas dengan kecermatan estetika yang detail, terutama penggunaan warna dan bayangan yang kontras.

Sementara itu, di sudut ruangan lain, seniman Mrkumkum juga menghadirkan karya bertajuk Megalobomb (Chunky). Sesuai judulnya, karya bermaterial resin itu, tampak mewujud seperti sebuah alat peledak (bom) yang mirip ikan kembung saat terancam bahaya.

Namun, alih-alih berbentuk seram, sang seniman justru mempresentasikannya dalam wujud yang tampak lucu. Terutama saat audien mengamati mata sang ikan, yang tampak besar dan menampilkan kilatan sebuah kepolosan, serta mengingatkan pengunjung pada mata bayi yang masih putih dan belum berdosa.

Lukisan dan karya tiga dimensi yang  dipacak di Can’s Gallery itu hanyalah segelintir dari puluhan karya dalam pameran All The Small Things.  Uniknya, pameran yang menyuguhkan berbagai karya mini itu tetap menghadirkan kedalaman kualitas estetika dari para seniman yang turut berpameran dalam ekspedisi ini.
 

Lukisan karya Naela Ali bertajuk Autumn Walk in Nara (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar)

Lukisan karya Naela Ali bertajuk Autumn Walk in Nara (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar)


Penggagas dan koordinator pameran, Muchlis Fachri, alias Muklay mengatakan, tajuk All the Small Things diambil dari kutipan lirik lagu Blink 182. Frasa tersebut dianggap merepresentasikan semua hal yang kecil, kemudian diejawantahkan menjadi judul serta melatarbelakangi pameran kolektif ini.

Sebelumnya, para seniman yang terlibat dalam pameran emang ditantang untuk menggarap karya dengan ukuran-ukuran kecil. Adapun, semua seniman tersebut dikurasi lewat jalur undangan dan open call, terutama para perupa muda yang aktif, dan menjadikan media sosial mereka sebagai etalase karya seni yang dibuat.

Baca juga: Merayakan Siklus Hidup dalam Pameran CollectorsMoments: Musim Kehidupan

Arkian, dari sinilah kemudian muncul karya-karya dari seniman profesional, baik yang berkarya di ruang digital atau manual. Termasuk Faza Meonk, Alodia Yap, Risangdaru, The Popski, Ganiks, Sulungwidta, Harish Azka, Siamartista, Jimi Multhazam, Hafiz Hanani, Liunic, dan masih banyak lagi.

"Sisi kreatif seniman serta keseriusan dalam berkarya inilah yang  pastinya akan terlihat dengan apa yang telah dia ‘sulap’ pada media mini tersebut,” kata Muklay.

Hal itu misalnya, mewujud dalam karya berjudul “7°35’27.4”S 110°25’36.1”E (#1) dari Begok Oner. Meski agak rumit, judul karya dari lukisan tersebut sebenarnya diambil dari titik koordinat Google maps, dari objek lokasi tempat lukisan tersebut dibuat oleh sang seniman.
 

Lukisan Begok Oner berjudul “7°35’27.4”S 110°25’36.1”E (#1) sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar

Lukisan Begok Oner berjudul “7°35’27.4”S 110°25’36.1”E (#1) sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar


Sepintas karya tersebut terlihat seperti gambar yang tertangkap oleh kamera surveillance atau pengawas. Alih-alih menyajikan estetika semata, sang seniman juga seolah mengkritik sistem kontrol panoptikon atau penjara bundar yang saat ini tanpa disadari meruyak kehidupan digital.

Ruang Ekspresi
Program Manager di Can's Gallery, Ajeng Martia mengatakan pihaknya memang ingin memberikan ruang ekspresi yang lebih luas pada gelaran kali ini. Terutama bagi para seniman berpameran dalam mencari market yang lebih besar dan luas dari kalangan kolektor.

Menurutnya, perbedaan paling kentara dari pameran ini dibanding sebelumnya adalah kategori jumlah peserta yang lebih bervariasi. Bahkan, beberapa seniman berpartisipasi juga seprti kalangan musisi, seniman NFT, illustrator, street artist, dan sebagainya.

Baca juga: Thomas Lionar dan Pesan Pembelajaran dari Pameran Clap

Adapun, mengenai proses kurasi pengkaryaan, semua karya yang dipacak dikurasi terlebih dulu oleh tim All the Small Things dan Can's Gallery. Semua seniman dipilih berdasarkan visual karya yang dibuat dalam bentuk digital, setelahnya karya dikirim menggunakan medium kanvas atau yang lain.

"Tajuk All the Small Things secara umum merujuk pada ukuran karya. Namun, kami juga membawa gagasan lain, karena yang kecil belum tentu tidak memiliki nilai yang kecil juga," katanya.

Karya Muklay berjudul No One Cares Bout Your Works (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar)

Karya Muklay berjudul No One Cares Bout Your Works (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar)

Hal itu misalnya, terejawantah dalam berjudul No One Cares Bout Your Works (Acrylic on canvas, 50 x 50 cm) dari Muklay. Lukisan bertitimangsa 2023 itu secara umum menampilkan dua sosok objek, seorang lelaki dan perempuan, yang sedang membuat karya dengan balutan warna-warna ngepop.

Didominasi palet pink, biru, dan kuning, kedua figur tersebut sedang tersenyum sembari menggoreskan kuas ke dalam kanvas. Sementara itu, tangan satunya menunjuk ke arah tulisan yang menjadi judul karya. Sepintas, karya ini seolah menghadirkan ironi, meski figur yang ditampilkan nampak ceria.

Baca juga: Menilik Suara-suara yang Bergolak di Pameran Voice Against Reason

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pakar Ungkap Bahaya Teknologi Face Recognition di Ruang Publik

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi & Harga Oppo Find X7 Ultra dan Oppo Reno 11 Pro 5G

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: