Pameran KamiSketsa berlangsung pada 12 Januari sampai 23 Februari 2023. (sumber gambar: Hypebais.id/Eusebio chrysnamurti)

Daftar Pameran Seni Rupa Januari 2023, KamiSketsa hingga Road to Jakarta Biennale

06 January 2023   |   21:12 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran seni di Indonesia mulai semarak lagi nih Genhype. Hal itu tentu menjadi kabar gembira bagi para pencinta seni yang ingin menikmati pameran karya seni rupa. Pada Januari 2023 atau bulan pertama dalam kalender Gregorian ini, masih terselenggara sejumlah pameran yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Para pencinta seni di dalam negeri dapat menyaksikan beragam buah tangan seniman dengan karya-karya yang memiliki nilai estetika tinggi di sejumlah galeri dan museum. Dengan berbagai gaya dan medium, mereka juga menyajikan karya artistik yang bisa dinikmati pada akhir pekan ini.

Nah, bagi kalian yang masih bingung untuk mengunjungi pameran seni apa saja yang digelar, berikut Hypeabis.id rangkum pameran-pameran seni rupa yang dapat kalian saksikan pada Januari tahun ini. 

Baca jugaTren Seni Rupa 2023, Karya Kontemporer Jadi Buruan Kolektor Muda
 

1. Pajang Karya KamiSketsa, Galeri Nasional Indonesia

 

Galeri Nasional Indonesia (GNI) akan menyelenggarakan pameran seni Pajang Karya KamiSketsa dengan mengambil tajuk 'Bersama' pada 12 Januari  sampai 23 Februari 2023. Pameran tersebut merupakan salah satu program Galnas yang melibatkan secara langsung para pengunjung GNI dalam berproses kreatif atau menciptakan karya seni, khususnya sketsa.

Selain KamiSketsa Genhype juga bisa menikmati pameran tetap koleksi GNI yang terletak di gedung B, lantai dua yang dibuka pada hari Selasa-Minggu dari pukul 10.00 sampai 15.30 WIB.  Di sini kamu dapat menikmati karya-karya maestro Indonesia dan dunia, seperti karya Raden Saleh, Hendra Gunawan, Affandi, hingga Wassily Kandinsky, Hans Hartung, dan Pierre Soulages.
 

2. Across The Time, Cans Gallery

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by CAN'S GALLERY (@cansgallery)


Galeri seni rupa modern Indonesia Can's Gallery, yang terletak di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat juga masih menghelat pameran bertajuk Across The Time hingga 10 Januari 2023 yang bisa disaksikan dan terbuka untuk umum. Pameran tersebut juga menghadirkan puluhan karya seniman kondang dari Tanah Air.

Total terdapat 40 karya dari 24 seniman yang ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut. Adapun, beberapa seniman yang ikut berpameran adalah Sunaryo, Eddie Hara, Win Dwi Laksono, Agus Suwage, Heri Dono, Entang Wiharso, Ugo Untoro, Putu Sutawijaya, Suraji, Nyoman Masriadi, Ay Tjoe Christine, hingga Jumaldi Alfi.
 

3. Road to Jakarta Biennale, Taman Ismail Marzuki

 

Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) juga menggelar pameran seni instalasi Road to Jakarta Biennale dengan membuat pameran di ruang publik kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Mereka menampilkan 5 karya seni instalasi dari Edi Bonetski, MS. Untung, Muh Saleh, Tantio Adjie, dan Yayat Lesmana.

Selain itu ada juga pameran mural yang mengusung narasi permasalahan pangan di Indonesia yang masih dan terus menjadi momok masyarakat. Terutama, saat krisis pasokan pangan global terjadi akibat konflik perang di sejumlah negara, serta perubahan iklim yang mengancam panen.

Adapun, pameran seni ruang publik bertajuk Daulat Pangan Lokal Mural dan seni Instalasi itu juga masih bisa disaksikan oleh Genhype di Promenade Planetarium, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Gelaran tersebut masih berlangsung hingga 11 Januari 2023. 

Baca jugaHype Report, Tantangan Seniman & Desainer pada Era AI, Akankah Posisi Mereka Tergantikan?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Intip Daftar Nominasi Asian Film Awards, Ada Dua Film karya Sineas Indonesia

BERIKUTNYA

Mau Liburan ke Luar Negeri? Cek Daftar Negara yang Terima SIM Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: