Ilustrasi Pameran Seni (Sumber gambar: Unsplash/ Jessica Pamp)

Imagining Noumena sampai ARTJOG, Cek 5 Pameran Seni Juli 2023 yang Wajib Dikunjungi

30 June 2023   |   14:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki pertengahan tahun, gelaran seni di Indonesia mulai marak lagi nih Genhype. Tentu hal itu menjadi kabar gembira bagi penikmat seni yang ingin menikmati pameran seni rupa terbaru pada akhir pekan ini. Ya, pada bulan ketujuh dalam kalender Gregorian ini masih terselenggara sejumlah pameran yang tidak boleh dilewatkan. 

Pasalnya, para pencinta seni dapat menyaksikan sederet hasil tangan seniman dengan karya-karya estetiknya yang tinggi di sejumlah galeri seni dan museum di Tanah Air. Dengan berbagai gaya dan medium, mereka juga menyajikan karya artistik yang bisa dinikmati sembari menikmati akhir pekan alih-alih hanya mendekam di rumah.

Nah, bagi kalian yang masih bingung untuk mengunjungi pameran seni apa saja yang digelar, berikut Hypeabis.id rangkum pameran-pameran seni rupa yang dapat kalian saksikan pada bulan Juli tahun ini. 

Baca juga: Penikmat Seni Merapat! DKJ Fest 2023 Digelar di TIM, Ada Pameran Arsip & Pertunjukan Tari
 

1. Imagining Noumena, CAN'S Gallery

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by CAN'S GALLERY (@cansgallery)


CAN'S Gallery berkolaborasi dengan Artsociates menghelat pameran tunggal perupa Rendy Raka Pramudya bertajuk Imagining Noumena. Berlangsung pada 27 Juni—27 Juli 2023, pameran ini menghadirkan 12 lukisan terbaru karya Rendy yang mayoritas bernuansa abstrak.

Sesuai tajuknya, belasan lukisan karya Rendy bakal coba menghadirkan entitas kenyataan yang tak dapat dicapai oleh indrawi manusia, tapi bisa ditangkap oleh imajinasi. Dalam hal ini, sang seniman menampilkan semesta alternatif dan objek-objek di luar kesepakatan masyarakat mengenai entitas noumena.

Adapun, salah satu karyanya yang cukup menarik untuk disimak seperti Kehendak dalam Penciptaan: Bentuk Pergerakan 3 (Acrylic and Oil on Canvas). Dalam karya berdimensi 150 X 250 cm ini sang seniman menghadirkan objek-objek yang kaos dan acak. Namun, kepiawaiannya dalam  dalam mengolah media justru berhasil membangun harmoni bentuk yang estetik. 
 

2. Silang Visual, Taman Ismail Marzuki 

 

Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menyelenggarakan pameran Silang Visual Delsy dalam Film dan Seni Rupa di Galeri Cipta 1, Gedung Trisno Soemardjo, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Berlangsung hingga 7 Juli 2023 pameran ini menampilkan berbagi arsip dan karya  Delsy yang merentang dari film hingga seni rupa yang jarang diketahui publik.

Delsy Syamsumar merupakan pelukis asal Sumatra Barat yang merambah ke dunia film. Selama hidupnya lelaki kelahiran 7 Mei 1993 itu banyak memberikan sentuhan artistik pada sinema Indonesia dekade 70-an, seperti film Jayaprana hingga Saur Sepuh. Karya-karyanya juga merentang dari lukisan, poster film, komik, hingga ilustrasi novel, dan cerpen.

Tak hanya arsip, pameran Silang visual juga menghadirkan wacana dan sejarah pergerakan film di Tanah Air melalui sudut pandang sang seniman yang kerap menulis kritik film. Di pameran ini pengunjung akan disuguhi berbagai koleksi majalah film, lini masa momen penting kehidupan Delsy, hingga video pendek mengenai sosok tersebut dari rekan dan pengamat. 

Baca juga: Jejak Kesenian 'Seniman Senen' Delsy Syamsumar, Pelukis sekaligus Art Director Film Legenda Indonesia
1
2


SEBELUMNYA

7 Spot Wisata Edukasi di Jabodetabek, Buat Liburan Anak Jadi Berkualitas

BERIKUTNYA

Jungkook BTS Siapkan Debut Solo Bertajuk Seven, Bawakan Keceriaan Musim Panas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: