Beberapa rekomendasi film keluarga (Sumber gambar: IMDb.com)

6 Rekomendasi Film Keluarga yang Cocok Buat Kumpul Akhir Pekan

02 December 2023   |   14:16 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan, ataupun sahabat. Beberapa dari kalian mungkin memiliki rencana untuk pergi liburan atau sekadar makan-makan. Namun, buat kalian yang masih bingung dengan kegiatan apa yang cocok untuk mengisi akhir pekan mungkin bisa membuat kegiatan santai di rumah.

Nah salah satunya menonton film dengan tema keluarga bisa menjadi kegiatan yang asyik untuk menghabiskan waktu di akhir pekan bersama orang terkasih. Hal ini tidak hanya menghibur, tetapi juga bisa mengeratkan momen kebersamaan. 

Baca juga: 5 Film Layar Lebar yang Pernah Dibintangi Aktris Kiki Fatmala

Berikut beberapa rekomendasi film keluarga yang menarik untuk menjadi tontonan di akhir pekan.


1. Sabtu Bersama Bapak (2016)


Film pertama yang bisa disaksikan adalah Sabtu Bersama Bapak. Film ini bercerita tentang Gunawan (Abimana Aryasatya), seorang bapak yang hanya mempunyai sisa umur 1 tahun karena sakit parah. Namun Gunawan tak ingin penyakit itu menghalanginya untuk bahagia bersama keluarga kecilnya.

Gunawan kemudian membuat banyak rekaman berisi nasihat dan cerita yang ingin dia bagikan dengan anaknya. Sepeninggal Gunawan, istrinya bernama Itje (Ira Wibowo) menyuruh kedua anaknya untuk menemui ayahnya seminggu sekali, setiap hari sabtu, dengan menonton rekamannya tersebut.

Sabtu Bersama Bapak merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 5 Juli 2016. Film  ini diangkat dari novel berjudul sama karya Adhitya Mulya. Film ini disutradarai oleh Monty Tiwa dan diproduksi oleh Maxi Picture. Monty Tiwa menggandeng sejumlah aktor ternama yang turut serta dalam film tersebut seperti Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Arifin Putra, Deva Mahenra, Acha Septriasa, Sheila Dara Aisha, Ernest Prakasa dan masih banyak lainnya.


2. Keluarga Cemara (2019)


Rekomendasi film selanjutnya yang bisa kalian tonton untuk menemani liburan akhir pekan adalah Keluarga Cemara. Film ini menceritakan perjalanan hidup keluarga Abah (Ringgo Agus Rahman) yang awalnya hidup berkecukupan dan nyaman, namun tiba-tiba mengalami kebangkrutan.

Abah pun mengajak keluarganya pindah ke sebuah rumah warisan nan cukup jauh dari kota. Terlepas dari segala keterbatasan dan kesalahannya, Abah tetap berusaha menjadi  kepala keluarga dan menjadi ayah yang baik bagi anak-anaknya. Beruntungnya, ibu mereka (Nirina Zubir) tidak pernah bosan berada di sisinya dan berusaha mendukung saat mereka sedih.

Baca juga: Malam Para Jahanam, Film Horor Berlatar Sejarah Tragedi 1965 Tayang 7 Desember 2023

Keluarga Cemara merupakan film Indonesia yang diadaptasi dari cerita yang dimuat di sebuah majalah dan kemudian menjadi film terkenal novel karya Arswendo Atmowiloto. Film Keluarga Cemara resmi dirilis di bioskop seluruh Indonesia pada 3 Januari 2019.

Film ini disutradarai oleh Yandy Laurens yang juga menulis naskahnya bersama Ginatri S Noer dan diproduseri oleh Visinema Pictures. Film Keluarga Cemara turut dibintangi oleh aktor-aktor ternama seperti Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, Widuri Sasono, Asri Welas dan Gading Marten.


3. Orang Kaya Baru (2019)


Rekomendasi film selanjutnya adalah Orang Kaya Baru. Film tersebut mengisahkan tentang sebuah keluarga miskin yang selalu dilanda permasalahan ekonomi. Mereka mulai merasa bosan dengan segala permasalahan yang diakibatkan oleh kesulitan ekonomi keluarganya. Namun mereka tegar berkat sosok bapak yang selalu menunjukkan sikap dan pemikiran positif serta selalu mensyukuri apa yang dimiliki keluarganya saat ini.

Namun suatu hari, kedamaian keluarga mereka terguncang saat kematian bapaknya yang selalu menjadi pusat kehidupan keluarga. Yang lebih mengejutkan lagi ketika mengetahui bahwa bapak mereka sebenarnya adalah orang kaya dan hanya berpura-pura miskin. Setelah bapak meninggal dunia, dia mewariskan seluruh hartanya kepada istri dan anak-anaknya sehingga mereka tiba- tiba menjadi kaya .

Namun, sikap mereka juga berubah secara signifikan ketika mereka menikmati kekayaan. Mereka menjadi lebih egois dan mengganggu keharmonisan keluarga. Mereka adalah orang-orang yang suka menghamburkan uang karena dengan uang jadi mudah mendapatkan segalanya. Hal itu berlanjut hingga suatu saat harta warisan ayah mereka mencapai Rp30 miliar habis dan mereka mulai kebingungan karena masih banyak keinginan yang belum terpenuhi.

Akhirnya mereka menjadi miskin kembali dan mereka menyadari bahwa kebahagiaan sejati terletak pada keutuhan keluarga bukan sekadar uang. Mereka menjadi orang yang lebih bersyukur dibandingkan sebelumnya dan merasa puas dengan sedikit aset yang mereka miliki.

Film Orang Kaya Baru disutradarai oleh Odi C. Harahap dan skenarionya ditulis oleh Joko Anwar. Film Orang Kaya Baru juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama seperti Lukman Sardi, Cut Mini, Raline Shah, Derby Romero dan Fatih Unru.


4. Sejuta Sayang Untuknya ( 2020 )


Film selanjutnya adalah Sejuta Sayang Untuknya, berkisah tentang perjuangan seorang aktor Sagala (Deddy Mizwar) untuk selalu membahagiakan anak satu-satunya, Gina (Syifa Hadju). Sebagai orang tua tunggal, ayah Gina harus menjadi pencari nafkah dalam keluarga, mengurus berbagai kebutuhan keluarga dan hal terpenting. Dia bertekad agar Gina tumbuh sehat dan berpendidikan tinggi.

Aktor tersebut merupakan sosok ayah yang selalu memperlakukan Gina dengan hangat. Karakter yang protektif dan mengasuh, dia tak pernah berusaha menyembunyikan kenyataan hidup yang dihadapinya sebagai pemeran pendukung di setiap produksi film. Aktor Sagala telah memainkan banyak peran namun favoritnya adalah Papa Gina.

Baca juga: Jatuh Cinta Seperti di Film-film & Panggonan Wingit Tayang di Bioskop, Cek Sinopsisnya

Gina tumbuh seperti remaja SMA kebanyakan, gaul dan mempunyai prestasi yang bagus. Di antara kehangatan cinta mereka, hadir Wisnu (Umay Shahab) teman satu sekolah Gina yang datang dengan cinta pula. Mereka bicara cinta, tapi tak satu pun terucap kata cinta. Bagi mereka cinta harus berwujud nyata, bukan sekadar kata-kata.

Film Sejuta Sayang Untuknya disutradarai oleh Herwin Novianto dan diproduksi oleh MD Pictures. Sang sutradara menggangdeng beberapa aktor ternama seperti Deddy Mizwar, Syifa Hadju, Umay Shahab, dll .   


5. Ngeri-Ngeri Sedap (2022)


Rekomendasi film selanjutnya adalah Ngeri-Ngeri Sedap. Film keluarga komedi ini bercerita tentang Pak Domu (Arswendy Beningswara) dan Mak Domu (Tika Panggabean) yang tinggal bersama Sarma (Gita Bhebhita), putri semata wayang mereka. Pasangan suami istri ini ingin ketiga putranya yang sudah lama absen pulang untuk menghadiri acara adat.

Ketiga anaknya yaitu Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox) dan Sahat (Indra Jegel) menolak pulang karena hubungan mereka dengan Pak Domu tidak harmonis dan memiliki kesibukan masing - masing. Untuk membawa pulang anaknya, Pak Domu dan Mak Domu akhirnya berpura - pura bertengkar dan ingin bercerai untuk menarik perhatian anaknya .

Ngeri-Ngeri Sedap adalah sebuah film komedi berlatar belakang keluarga Batak, diadaptasi dari novel berjudul sama karya Bene Dion. Selain menjadi penulis novel, Bene Dion juga menjadi sutradara dan penulis skenario versi filmnya. Film ini juga merupakan produksi pertama rumah produksi Imaginari yang didirikan oleh Ernest Prakasa dan Dipa Andika. Imajinari bekerja sama dengan Kathanika Studio untuk menghasilkan Ngeri Ngeri Sedap.

Film Ngeri-Ngeri Sedap juga turut dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama seperti Arswendy Beningswara, Tika Panggabean, Gita Bhebhita, Boris Bokir, Lolox dan Indra Jegel.


6. Miracle In Cell No.7 ( Versi Bahasa Indonesia – 2023 )


Rekomendasi film selanjutnya adalah Miracle In Cell No.7. Diadaptasi dari film Korea berjudul sama, film ini bercerita tentang Dodo Rozak (Vino G Bastian), seorang ayah yang ingin menjadi ayah terbaik bagi putrinya, Kartika (Graciella Abigail. Dalam film tersebut, Dodo adalah seorang ayah dengan penyakit khusus yang membuatnya berpikir dan bertingkah seperti anak kecil.

Meski begitu, Dodo dan Kartika tetap saling mencintai. Namun, naas bagi Dodo, saat ingin menolong gadis yang terjatuh ke kolam renang, ia malah dituduh sebagai pemerkosa dan pembunuh anak tersebut. Dodo kemudian dijebloskan ke penjara sel nomor 7. Di sinilah berbagai cerita tentang emosi narapidana mulai dari sedih, bahagia hingga saat ketika narapidana lainnya membantu Kartika untuk bertemu ayahnya di sel.

Baca juga: Cek Film Indonesia yang Tayang di Netflix Desember 2023, Dari Suzzanna hingga Mendadak Dangdut

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dibuat dan diproduksi oleh Falcon Pictures. Film ini  dibintangi oleh beberapa aktor ternama Indonesia seperti Vino G. Bastian, Indro Warkop, Mawar De Jongh, Tora Sudiro, Bryan Domani dan lainnya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Netflix Hadirkan Gim Grand Theft Auto: The Trilogy 14 Desember 2023

BERIKUTNYA

Bus Mania Merapat, Cek Rekomendasi 5 Bus Mewah ala Sultan untuk Liburan di Tanah Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: