Poster Malam Para Jahanam (Sumber foto: Youtube/StarvisionPlus)

Malam Para Jahanam, Film Horor Berlatar Sejarah Tragedi 1965 Tayang 7 Desember 2023

01 December 2023   |   08:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Rumah produksi Starvision kembali menghadirkan tayangan bergenre horor, lewat Malam Para Jahanam. Tidak cuma menampilkan nuansa bergidik, sang sutradara Indra Gunawan juga memasukkan unsur sejarah tragedi 1965 di dalam film berdurasi hampir 2 jam itu. 

Indra ikut meramu naskah ini bersama dengan rekannya, Sugeng  Wahyudi yang juga menjadi inisiator di balik cerita Malam Para Jahanam. Malam Para Jahanam mengisahkan pemuda yang bertujuan mengantar jenazah kakeknya ke sebuah desa misterius, siapa sangka jika hari itu menjadi malapetaka bagi ketiganya.

Baca juga: Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Desember 2023

Mereka terjebak dalam kondisi yang dinamai 3 malam jahanam, malam di antara malam-malam paling sadis yang diwarnai banyak darah dan pembunuhan pada masanya. Film ini mencoba merepresentasikan bagaimana tragedi 30 September 1965 tersebut sebagai ‘horor’ yang sesungguhnya.

“Malam Para Jahanam mencoba memberi ilustrasi bahwa ada situasi ‘horor' yang diakibatkan oleh kepentingan tertentu pada masanya,” kata produser Chand Parwez dalam agenda Press Screening Malam Para Jahanam di Epicentrum XXI pada Kamis (30/11/2023).

Sementara bagi Indra yang menjadi peramu cerita sepanjang film, film ini mencoba membawa pesan eksplisit tentang beban kedendaman tragedi masa lalu yang mungkin masih membawa dampak pada kepentingan tertentu hingga saat ini.

Apalagi, Indra manyebut, momentum tahu  politik bisa saja memecah belah  kelompok. “Hati-hati dan berkacalah pada sejarah, mengingat kita juga sudah masuk tahun politik,” kata Indra.

Malam Para Jahanam juga membawa moral cerita tentang penyingkiran rasa dendam terdahulu akibat tragedi nahas G30SPKI dari generasi masa kini. Sebab dalam film ini, kesadisan kisah kelompok agamis dan kelompok komunis di sebuah desa disajikan secara gamblang, termasuk pula bagaimana peranan adu domba lewat siasat penyamaran dari pihak tertentu sukses membuat dua kelompok saling membantai.


Press Conference Malam Para Jahanam (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Press Conference Malam Para Jahanam (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Namun untuk membuat ceritanya makin intens, Malam Para Jahanam melibatkan adegan-adegan horor sarat jumpscare dengan tampilan sosok hantu yang dikisahkan datang dari masa lalu. Film ini juga akan menyajikan irisan dimensi masa ini dan masa lalu dengan sentuhan cerita plot-twist di akhir.

Melalui film ini, jajaran produser, sutradara, dan pemain membawa pesan harapan tentang kedamaian dan kehati-hatian di tengah beragamnya kepentingan golongan tertentu saat ini.

“Apa pun itu, adegan di Malam Para Jahanam ini kita harap tidak akan pernah terulang lagi di masa mendatang dalam sejarah manapun,” jelas Chand Parwez.

Malam Para Jahanam dapat disaksikan di bioskop seluruh Indonesia mulai 7 Desember 2023. Film ini menampilkan bintang aktor dan aktris muda, antara lain Amel Carla, Harris Vriza, Aghniny Haque, Daffa Wardhana, dan lainnya.

Baca juga: IDN Pictures Janjikan Film Horor Premium Ratu Sihir, Apa Istimewanya?

 


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Cara Merawat Rumah saat Musim Hujan & Angin Kencang

BERIKUTNYA

Sinopsis Godzilla Minus One, Tayang 1 Desember 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: