Aktris senior Kiki Fatmala (Sumber gambar: IG/qq_fatmala)

5 Film Layar Lebar yang Pernah Dibintangi Aktris Kiki Fatmala

01 December 2023   |   18:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Aktris senior Kiki Fatmala menghembuskan napas terakhir pada usia 56 tahun. Kepergian wanita seniman itu untuk selama-lamanya akibat komplikasi kanker yang diderita. Sang aktris terkenal dalam serial Mariam Si Manis Jembatan Ancol.

Sebagai aktris senior tahan air, nama Kiki Fatmala sudah banyak dikenal oleh masyarakat di dalam negeri – terutama generasi lawas. Perannya sebagai Mariam dalam film serial Si Manis Jembatan Ancol di salah satu stasiun televisi swasta menjadi salah satu karya yang melambungkan namanya.

Baca juga: Mengenang Jejak Karier Kiki Fatmala, dari Model hingga Bintang Layar Lebar

Pada saat itu, dia berhasil memerankan karakter Mariam yang meninggal dunia dan menjadi hantu gentayangan. Dalam memainkan serial tersebut, dia beradu peran dengan aktor Ozi Syahputra yang juga berperan sebagai makhluk gaib.

Si Manis Jembatan Ancol  merupakan salah satu dari banyak karya yang telah dibintangi oleh sang aktris. Debutnya dalam industri hiburan tanah air dimulai lewat sebuah film layar lebar berjudul Permainan di Balik Tirai pada 1988 silam atau ketika berusia 21 tahun.

Setelah itu, namanya terus menghiasai industri perfilman di dalam negeri. Dia beberapa kali kerap menjadi gadis dalam film Warkop DKI yang tenar pada masanya. Selain layar lebar, namanya juga berkibar keika bermain serial drama.

Pengalamannya dalam industri seni peran di dalam negeri juga membuatnya telah banyak bekerja sama dengan beragam sineas di dalam negeri, baik senior maupun muda.

Pada 2014, dia menjadi salah satu pemain dalam karya bejudul Comic 8 arahan sutradara Anggy Umbara. Dalam film ini, Kiki berperan sebagai pemeran pendukung, yakni Ibunda Kemal dan beradu peran dengan banyak bintang muda.

Selain itu, pada tahun yang sama, Kiki juga bermain dalam film layar lebar berjudul Kesurupan Setan yang mendapatkan arahan dari sutradara Subakti I.S. Dalam film ini, dia tidak tampil seksi seperti kebanyakan film yang pernah dibintangi.

Kiki Fatmala berberap sebagai seorang ibu dan beradu peran dengan aktor senior Donny Kesuma dan aktris muda Ola Rossa. Berikut sejumlah film layar lebar populer yang pernah diperankan oleh Kiki Fatmala :


1. Antri Dong

Antri Dong menjadi salah satu film popular yang diperankan oleh Kiki Fatmala. Dalam karya yang mendapatkan arahan dari sutradara Arizal itu, Kiki berperan sebagai pemeran pendukung. Film ini bercerita tentang seorang pemuda mata keranjang bernama Dendy yang memiliki hubungan dengan tiga orang wanita. Pada hari ulang tahunnya, tiga wanita itu datang pada saat yang bersamaan.


2. Bisa Naik Bisa Turun

Film popular lain yang diperankan oleh Kiki Fatmala dalam kariernya adalah Bisa Naik Bisa Turun (1991). Di film yang mendapatkan arahan dari sutradara Arizal itu, sang aktris menjadi salah satu gadis dalam karya tentang Warkop DKI.

Bisa Naik Bisa Turun bercerita tentang trio Warkop, yakni Doko, Kasino, dan Indro yang menempuh pelatihan sebagai petugas keamanan. Saat mereka belajar, sang komandan disekap oleh saudara kembarnya yang kabur dari rumah sakit jiwa. Proses pelatihan mereka pun menjadi tidak masuk akal dan kerap menyusahkan lantaran semua diatur orang yang tidak sehat secara jiwa.


3. Disana Mau Disini Mau

Film populer lain sang aktris adalah Disana Mau Disini Mau. Karya bergenre komedi ini arahan sutradara A. Rachman ini menampilkan peran Kiki bersama dengan aktor lainnya, seperti Rigo Sulaeman, Sally Marcelina, Doyok, Kadir, dan sebagainya. .

Rilis pada 1989, film ini bercerita tentang kebahagiaan keluarga Pak Nugroho yang tiba – tiba tercederai lantaran tertipu dengan sikap anak gadis yang dimiliki selama ini bernama Kiki.

Anak gadis itu memiliki sikap yang baik pada awalnya. Namun, dia mengalami perubahan lantaran kurang mendapatkan perhatian dari kedua orang tua.


4. Gampang-gampang Susah

Film lain yang juga dibintangi oleh Kiki Fatmala semasa hidup adalah Gampang-gampang Susah (1990). Karya yang mendapatkan arahan dari Yazman Yazid bercerita tentang pemuda bernama Rafii yang diperankan oleh Didi Petet.

Sang pemuda yang sulit mendapatkan jodoh harus segera menikah lantaran sang ibu sakit-sakitan, dan merasa umurnya tidak lama lagi. Kondisi itu membuat banyak orang mencarikannya jodoh, sehingga sering salah menyebut nama wanita yang dikencaninya.

Kiki Fatmala menjadi pemeran pendukung dalam film ini dan juga beradu peran dengan aktris lainnya, yakni Nurul Arifi, Ida Iasha, Gitty Srinita, dan sebagainya.


5. Kemesraan

Film popular lain yang pernah dimainkan oleh sang aktris adalah berjudul Kemesraan pada 1989. Di film ini, Kiki yang menjadi peran pendukung beradu akting dengan aktor lainnya, seperti Nurul Arifin dan Matias Muchus.

Kiki memerankan karakter Tania, yakni sekretaris karakter bernama Roy. Dalam ceritanya, mereka berdua pura-pura pacaran, sehingga menyebabkan Lia terguncang dan masuk rumah sakit karena memiliki sakit jantung.


Baca juga: Ozi Syahputra & Selebritas Indonesia Sampaikan Belasungkawa Atas Kepergian Kiki Fatmala

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenali Penyebab & Gejala Kanker Paru, Penyakit yang Diderita Aktris Senior Kiki Fatmala

BERIKUTNYA

Mengenang Jejak Karier Kiki Fatmala, dari Model hingga Bintang Layar Lebar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: