Warga berwisata di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) Senayan (sumber gambar Hypeabis.id/Eusebio chrysnamurti)

Ada Hutan di Jakarta? Cek 7 Tempat Wisata Alam di Ibu Kota, Cocok untuk Healing

06 July 2023   |   09:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Saat mendengar kata Jakarta mungkin yang terbesit dalam benak seseorang adalah jalanan yang macet atau gedung bertingkat. Ya, sulit sekali menemukan pepohonan rindang yang ada di kota terbesar di Indonesia ini karena telah dipenuhi hutan-hutan beton.

Namun, seiring kesadaran masyarakat akan ruang terbuka hijau saat ini sudah ada beberapa hutan kota yang mudah ditemukan di Jakarta. Pasalnya, kawasan ini selain membantu dalam mengurangi polusi, sekaligus juga menjadi daerah resapan air untuk mengurangi banjir.

Baca juga: Jadi Pilihan Asyik  Liburan Sekolah, Cek Harga  & Cara Beli Tiket Taman Safari 2023

Mengutip laman resmi Pemprov Jakarta, ibukota  memiliki kawasan hutan hutan lindung seluas 44,76 hektare berupa hutan payau/bakau, termasuk hutan kota seluas 181,28 hektare yang tersebar di 69 lokasi. Selain itu, Jakarta juga punya hutan konservasi seluas 227,34 hektare, dan Taman Nasional Kepulauan Seribu seluas 108.039,50 hektare. 

Kawasan hutan kota pun kerap menjadi alternatif untuk liburan masyarakat Jakarta karena menawarkan kesejukan dan kualitas udara yang cukup baik. Nah, jika Genhyype ingin juga menikmatinya, berikut daftar hutan kota yang bisa dikunjungi untuk berakhir pekan sanbil healing singkat tanpa perlu ke luar kota.


1. Hutan Mangrove PIK

 
 


Hutan Mangrove PIK atau dikenal dengan Taman Wisata Alam (TWA) terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Lokasinya yang mirip Bali seringkali membuat hutan ini juga kerap menjadi spot foto luar ruangan yang populer bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Selain hutan bakau, di sini kaluan bisa danau buatan yang cantik sembari menikmati angin sepoi-sepoi di tengah kota dengan suasana rapi dan modern. Memiliki luas sekitar 99 hektare kawasan ini pun cocook dijadikan rekreasi bersama keluarga di akhir pekan .


2. Hutan Kota Srengseng

Terletak di Jakarta Barat, Hutan Kota Srengseng merupakan kawasan lindung bagi flora dan fauna, lokasi penelitian plasma nutfah, dan pelatihan petugas pengelola hutan di Jakarta. Sebab di tempat ini terdapat 65 spesies pohon tinggi dengan berbagai jenis dan tipe, termasuk flamboyan, jati, hingga ketapang.

Uniknya, kawasan ini terbuka untuk umum dan kerap menjadi tujuan rekreasai masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati rimbunan pohon saat liburan. Tempat ini juga memiliki beberapa habitat burung yang dapat memanjakan telinga kalian saat melakukan aktivitas jalan pagi, jogging, hingga bermain sepeda di sana.


3. Hutan Kota Kemayoran

 

Terletak di Jakarta Pusat, kawasan Hutan Kota Kemayoran memang dibangun dengan tujuan konservasi lingkungan untuk mendorong terciptanya iklim mikro yang nyaman bagi masyarakat. Hutan kota ini juga berfungsi sebagai kawasan penyangga lingkungan fisik kritis perkotaan dan pencegah intrusi laut. 

Kawasan ruang terbuka hijau ini juga cocok dijadikan tempat rekreasi alternatif karena ada berbagai fasilitas menarik. Termasuk danau buatan, jogging track, jembatan untuk menghubungkan lokasi di dalam hutan kota, menara pengamat dan gerbang hutan kota untuk pengamanan pengunjung dana masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Isi Weekend Bersama Keluarga
1
2


SEBELUMNYA

Majelis Lucu Indonesia Luncurkan Lucuflix, Platform Konten Video Komedi yang Tak Biasa

BERIKUTNYA

OKB Minggir, Nih 7 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: