Dustin Tiffani dalam konten siniar program Cerita dari Hutan. (Dok. Hutan Itu Indonesia)

Dustin Tiffani Bagikan Pesan Pelestarian Hutan Melalui Komedi

29 December 2021   |   13:26 WIB

Sejak lama, kampanye pelestarian hutan selalu identik dengan hal-hal yang berbau serius seperti pembuatan film dokumenter dan kolaborasi beberapa merek. Akan tetapi, ada pendekatan lain yang enggak kalah menarik untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya melestarikan lingkungan yaitu melalui konten komedi.

Gerakan Hutan Itu Indonesia (HII) kali ini menggandeng komedian Dustin Tiffani sebagai salah satu pengisi program Cerita dari Hutan. Dengan komedi yang dekat dan menghibur, Dustin bersama penyanyi Feby Putri mencoba berbincang dan memainkan permainan yang berkaitan dengan isu lingkungan.

Berdurasi 25 menit, konten berjudul Feby Putri Ditembak Dustin ini menghadirkan Dustin dan Feby yang saling berbincang satu sama lain dengan ciri khas komedian dari Majelis Lucu Indonesia itu yang seringkali penuh dengan candaan dan rayuan. Kadang ada juga adegan yang mengandalkan gombalan dari nama biskuit dan juga adegan menyatakan cinta.

Di sisi lain, konten ini turut menghadirkan unsur edukasi tentang manfaat hutan bagi alam serta pengenalan akan berbagai flora dan fauna di hutan melalui konten permainan tebak-tebakan.

(Baca juga: Film The Flame Bagikan Kisah Perjuangan Melindungi Hutan Adat di Kalimantan)
 


Christian Natalie selaku Manajer Program Hutan Itu Indonesia beralasan pemilihan konten komedi sebagai salah satu medium kampanye pelestarian hutan dipilih karena humor memberikan kesan yang ringan dan efektif dalam isu hutan yang dianggap serius, sehingga pesan yang disampaikan bisa lebih menarik.

"Humor dan komedi dapat menjadi media populer yang efektif dalam menyampaikan pesan perlindungan hutan agar dapat mengimbangi pemberitaan serius terkait hutan. Kami menangkap perlunya penyampaian pesan singkat menarik yang mudah dicerna agar kampanye perlindungan hutan lebih mudah dimengerti dan bisa menjangkau publik yang lebih luas," tuturnya dalam pernyataan resmi yang diterima Hypeabis.id, Selasa (28/11).

Sementara itu, Dustin beralasan keterlibatannya dilakukan karena hutan merupakan elemen alam yang penting bagi semua manusia. Salah satu hal yang penting dari hutan adalah ketersediaan oksigen alami dari pohon-pohonan yang banyak tumbuh di sana.

Melalui kampanye ini, Dustin berharap penggemarnya dan msayarakat bisa menjaga hutan melalui berbagai langkah seperti penghijauan dan kebiasaan gaya hidup yang ramah lingkungan.

"Jangan sampai paru-parunya rontok, karena hutan lebih asyik buat dipandang dan dinikmati dibanding banyak ditebang," tambahnya.

Selain Dustin, ada dua artis lain yang terlibat dalam program Cerita dari Hutan yaitu Leyla Aderina dan Iggy Dzu yang membawakan konten kampanye pelestarian hutan dalam konten komedi dalam media sosial mereka masing-masing.

Leyla membawakan konten parodi sinetron tentang pemborosan kertas tisu, sedangkan Iggy membawakan konten pengabaian tentang alam melalui skit dalam bentuk video vertikal singkat.



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Xiaomi Luncurkan Cip Ketiga Buatan Sendiri, Dipakai di Xiaomi 12 Pro 

BERIKUTNYA

5 Ide Seru Sambut 2022 di Rumah Saja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: