Warga berwisata di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) Senayan (sumber gambar Hypeabis.id/Eusebio chrysnamurti)

Ada Hutan di Jakarta? Cek 7 Tempat Wisata Alam di Ibu Kota, Cocok untuk Healing

06 July 2023   |   09:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Hutan Kota Sangga Buana

Terletak di Cilandak, Jakarta Selatan Hutan Kota Sangga Buana cocok jadi temat untuk menyejukkan pikiran dari hiruk pikuk dan padatnya aktivitas ibukota. Pasalnya saat memasuki kawasn ini kalian akan disambut hamparan rumput hijau dengan sederet pepohonan menjulang serta monumen unik bola dunia berwatna biru.

Tak hanya itu, di tempat ini kalian juga dapat menikmati sederet rumah tradisional suku Betawi yang berfungsi sebagai perpustakaan dan mushola. Bahkan di tempat ini terdapat pula lapangan sepak bola yang cukup luas, serta tempat parkir yang membuat pengunjung bisa menikmati hutan kota dengan leluasa.


5. Hutan Kota Cijantung

Bagi warga Jakarta Timur, hutan ini tentu sudah tidak asing lagi karena menjadi salah satu lokasi favorit untuk jalan-jalan sehat di pagi dan sore hari. Terletak tak jauh dari gerbang masuk komplek Markas Komando Kopassus, Hutan Kota Cijantung memang layak dijadikan untuk melepas penat dari kebisingan kota dan stres akibat tuntutan hidup.

Memiliki luas sekitar 17.500 hektare, Hutan Kota Cijantung juga memiliki berbagai macam flora yang bisa menjadi tempat berteduh sembaru berwisata karena memang rindang dan tinggi. Beberapa di antaranya seperti mahoni, jati,  ketapang, asam landi, trembesi, angsana, bungur, flamboyan, dan sebagainya. Tak hanya itu kawasan ini juga menjadi habitat beberapa burung endemik.


6. Hutan Kota GBK

Terletak di sekitar kawasan Senayan, Hutan Kota GBK merupakan area taman outdoor multifungsi yang dapat dijadikan tujuan berlibur di Ibu Kota. Di ruang hijau terbuka seluas 4 hektare ini kalian dapat melakukan kegiatan aktivitas fisik karena memang menyediakan berbagai fasilitas menarik bagi pengunjungnya.

Mulai dari jogging track, area taman yang cantik dengan spot foto Instagramable, serta foodcourt yang menjual beragam kuliner lezat. Ditata sebagai paru-paru kota, selain taman rerumputan, di tempat ini juga tersedia area kolam trembesi dengan konsep alas kayu di atasnya yang dapat memanjaan kalian selama berkunjung.


7. Tebet Eco Park

Kawasan Tebet Eco Park juga menjadi kawasan ruang terbuka hijau yang menjadi bagian dari salah satu hutan kota di Jakarta. Seesuai namanya, lokasi taman ini memang terletak  di kawasan Tebet, Jakarta Selatan yang kerap menjadi tujuan wisata akhir pekan warga Jakarta.

Di taman ini, terdapat delapan zona yang salah satunya adalah zona Thematic Garden. Zona yang berada di tepat di bawah Infinity Link Bridge ini bersebelahan dengan aliran sungai dan menjadi spot untuk berkumpul dan berfoto dengan latar belakang warna-warni dari beragam tanaman cantik.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Majelis Lucu Indonesia Luncurkan Lucuflix, Platform Konten Video Komedi yang Tak Biasa

BERIKUTNYA

OKB Minggir, Nih 7 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: