Ilustrsai minuman teh (sumber gambar Unsplash/Manki Kim)

Cocok buat yang lagi Diet, Perhatikan 10 Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh 

03 July 2023   |   09:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki ragam minuman tradisional yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah teh serai dengan aroma khasnya yang menenangkan serta mudah dibuat. Oleh karena itu minuman satu ini sering dinikmati masyarakat saat tubuh kurang fit atau cuaca sedang dingin.

Sebagai minuman tradisional teh serai memang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Mengutip Healthline, teh serai mengandung antioksidan dan memiliki sifat antimikroba saat dikonsumsi. Selain itu, teh serai juga mengandung vitamin dan mineral yang memberikan manfaat baik untuk kesehatan.  

Baca juga: Selain Minyak Serai, Ternyata Bahan Alami Ini Juga Digunakan untuk Konservasi Candi

Dibuat dengan bahan herbal, teh serai juga bisa dipadukan dengan berbagai resep tambahan untuk membuat rasanya lebih ciamik. Beberapa di antaranya seperti madu, perasan jeruk, atau rempah kayu manis, cengkeh hingga kapulaga. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat teh serai jika diminum secara rutin:  


1. Menurunkan Berat Badan  

Teh serah mengandung sangat sedikit kalori, hal ini tentu menjadikannya salah satu minuman yang baik untuk diet membantu program diet. Selain itu, teh serai juga dapat mencegah seseorang makan secara berlebihan saat diminum di pagi atau siang hari sebelum sarapan tiba.

Kandungan polifenol dalam teh juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme. Tak hanya itu, berdasarkan laporan American Journal of Clinical Nutrition, kandungan polifenol dan kafein dalam serai bahkan bisa meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak yang membantu penurunan berat badan.


2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi  

Serai mengandung potasium yang dapat membantu meningkatkan produksi urin dalam tubuh, sehingga saat dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Medical Forum Monthly, serai juga efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat menempatkan seseorang pada risiko komplikasi serius, termasuk gagal jantung, stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung.


3. Melancarkan Sistem Pencernaan  

Serai bermanfaat membantu mengatasi masalah pencernaan, karena bertindak sebagai diuretik alami. Oleh karena itu teh serai bisa membantu meredakan mual, sembelit, kembung, dan menenangkan perut untuk menjaga sistem pencernaan tetap pada jalurnya.  Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa serai juga efektif melawan tukak lambung, dan meredakan kram.  
 

Ilustrasi teh serai (sumber gambar Freepik)

Ilustrasi teh serai (sumber gambar Freepik)

 

4. Melawan Kanker 

Penelitian di jurnal National Library of Medicine mengungkap, serai memiliki  antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas, menghambat perkembangan sel kanker serta penuaan dini. Tak hanya itu, senyawa dalam serai yang bernama citral juga terbukti mampu menghambat laju pertumbuhan sel kanker payudara yang resisten terhadap obat.


5.  Melindungi Jantung  

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa asupan serai bisa menurunkan kolesterol secara signifikan dan bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan quercetin, flavonoid dalam serai juga memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi kesehatan jantung serta mengelola kolesterol dalam darah.

Baca juga: Buah Merah & Matoa, Tanaman Khas Papua yang Punya Segudang Manfaat
1
2


SEBELUMNYA

5 Fakta Aspartam, Pemanis Buatan pada Ribuan Produk yang Disebut WHO Memicu Kanker

BERIKUTNYA

Jaehyun NCT Debut Jadi Aktor Film, Karakternya Bikin Merinding

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: