Buah merah merupakan salah satu buah khas dari Papua (Sumber: Kementrian Pertanian Indonesia)

Buah Merah & Matoa, Tanaman Khas Papua yang Punya Segudang Manfaat

26 June 2023   |   17:10 WIB

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil alam yang berlimpah. Sebagai negara kepulauan tropis terbesar di dunia, Ibu Pertiwi kaya akan sumber daya alam yang unggul, termasuk buah-buahan lezat, yang beberapa di antaranya sulit ditemukan di tempat lain di dunia.

Bagi masyarakat global, buah-buahan asli Indonesia kerap disebut sebagai buah eksotis karena bukan saja memiliki rasa yang lezat, melainkan wangi dan bentuk khas memberikan kesan yang berbeda. 

Baca juga: 5 Buah Paling Populer di Asia, Salah Satunya Durian

Dari berbagai pulau di Nusantara, daerah di wilayah Papua merupakan salah satu penghasil sumber daya alam yang berlimpah. Wilayah ini dianugerahi dengan berbagai jenis tanaman, tak terkecuali buah-buahan yang khas. Dua di antaranya adalah buah merah dan buah matoa. 

Tak hanya rasanya yang enak, dua buah di Papua ini juga terbilang unik, lho. Mulai dari nama, bentuk dan ukuran, semuanya khas Papua banget. Sebagai orang Indonesia, kalian juga perlu tahu tentang buah-buahan dari wilayah Timur Nusantara ini, yang ternyata punya segudang manfaat kesehatan. Simak yuk! 
 

1. Buah Merah

(Sumber: Dinkes Jayapura)

(Sumber: Dinkes Jayapura)

Buah merah (Pandanus conoideus atau red fruit) adalah salah satu tanaman endemik khas tanah Papua. Artinya, buah ini hanya tumbuh dan ditemukan di daerah papua. Buah merah menjadi salah satu bioresource lokal dari di wilayah tersebut. Selain itu, buah ini juga telah lama dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan penunjang kesehatan dalam bentuk jamu atau obat tradisional. 

Masyarakat Papua biasa memanfaatkan buah merah sebagai bahan makanan, bahan obat-obatan tradisional, diolah menjadi minyak dan pasta, serta digunakan sebagai salah satu komponen dalam upacara adat ‘bakar batu’ yang masih dilaksanakan oleh beberapa suku di Papua. 
 

Manfaat Buah Merah 


1.Mencegah Kanker
Antioksidan yang tinggi pada buah merah sangat baik untuk kesehatan. Kandungan tokoferol bisa mencapai 11.000 ppm disertai karoten sebesar 7.000 ppm. Kedua,  antioksidan.  Nah, tingginya kandungan keduanya baik untuk mengatasi kanker. Sebab, antioksidan ini terbukti efektif melawan radikal bebas, penyebab sel yang dapat berkembang menjadi kanker.

2. Mengatasi Radang
Beberapa penelitian telah membuktikan khasiat buah merah papua untuk kesehatan, salah satunya mengatasi peradangan, terutama radang usus. Buah ini dapat mencegah perkembangan radang usus menjadi kanker usus.

3. Mencegah Hepatitis B
Buah merah kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 yang berguna untuk anti-virus. Cara kerjanya adalah menghambat pembentukan membran lipid virus, agar virus tidak dapat berkembang biak.
Maka dari itu, ada banyak orang yang mengonsumsi buah merah Papua, untuk mengobati dan mencegah terjadinya hepatitis B. Buah ini juga dapat mengatasi berbagai virus lainnya.

4. Mengatasi Hipertensi
Zat tokoferol alami pada buah merah Papua mampu melancarkan peredaran darah. Hal ini sangat baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi. Selain itu, penggumpalan darah juga bisa dihindari, sehingga risiko untuk mengalami stroke lebih rendah.

5. Mengatasi Asam Urat
Kandungan tokoferol dalam buah ini berguna untuk meningkatkan sistem kerja hati. Hal ini berguna dalam proses penyembuhan asam urat. Maka dari itu, seseorang yang mengidap penyakit asam urat, direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

6. Menghindari Osteoporosis
Buah merah mengandung kalsium yang tinggi, bahkan berbagai mineral lainnya yang baik untuk tulang. Kandungan tersebut dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan menghindari risiko osteoporosis. Maka dari itu, konsumsi buah ini sangat baik untuk menjaga kebutuhan kalsium, sehingga tulang tetap bugar.

7. Mencegah Penyakit Mata
Buah merah Papua kaya akan kandungan beta-karoten, yang sangat baik dalam menjaga kebutuhan vitamin A. Sebab, ada berbagai jenis penyakit mata yang disebabkan kekurangan konsumsi vitamin ini. Zat ini juga diserap dan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A. Agar fungsi mata tetap terjaga, pastikan konsumsi buah ini secara rutin.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah merah Papua untuk kesehatan yang perlu diketahui. Cobalah untuk mengonsumsi makanan ini secara rutin, sehingga berbagai manfaat yang disebutkan benar-benar dirasakan. 
 

2. Buah Matoa

(Sumber: Wikimedia Commons/Empat Tilda)

(Sumber: Wikimedia Commons/Empat Tilda)

Buah matoa (Pometia pinnata) masih satu keluarga dengan leci dan kelengkeng. Buah ini memiliki aroma yang harum, tekstur yang kenyal, serta rasa yang serupa dengan perpaduan antara kelengkeng,dan rambutan. Dilansir dari laman Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), buah ini punya sejumlah klasifikasi. 

Terdapat 3 jenis matoa berdasarkan setelah pemasakan yaitu matoa kulit buah merah, kuning, dan hijau. Sementara itu, terdapat 2 macam matoa berdasarkan karakteristik buahnya yakni kelapa yang punya daging kenyal dan papeda yang punya tekstur lembut serta lengket. 
 

Manfaat Buah Matoa


1. Menurunkan Kadar Gula Darah
Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak buah matoa diduga bermanfaat untuk menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah. Ini berkat kandungan senyawa fenolik dalam ekstrak buah matoa yang dipercaya mampu menurunkan penyerapan gula darah di usus, sehingga baik bagi penderita diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah matoa dalam menjaga kesehatan jantung hadir berkat kandungan antioksidan polifenol di dalamnya. Polifenol diketahui mampu mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Mengonsumsi buah matoa secara teratur dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk gagal jantung, serangan jantung, dan strok.

3. Melancarkan Pencernaan
Dalam pengobatan tradisional, buah matoa banyak digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan. Fungsi ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik, dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di usus. Jika pencernaan lancar, risiko kalian untuk terkena berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga penyakit radang usus akan berkurang. 

4. Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat buah matoa lainnya adalah dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidan di dalam buah matoa yang dipercaya mampu melawan radikal bebas berlebih. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh, sehingga memicu atau menyebabkan tumbuhnya sel kanker.

Nah, perlu diketahui walaupun dua buah ini punya segudang manfaat, tapi tidak disarankan kepada kalian untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi yang tinggi justru bisa menyebabkan pusing dan mual. Olah karenanya, disarankan untuk memakannya secara seimbang. 

Baca juga: Jadi Lambang Kesuburan, Cek 7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Stres di Tempat Kerja Enggak Reda-reda, Coba deh Metode Mindfulness & Sedona

BERIKUTNYA

Fresh Graduate Merapat! Intip 7 Kiat Sukses Mencari Kerja dari JobStreet Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: