Suasana melukis di Kandank Jurank Doang. (Sumber gambar : Instagram/Kandank Jurank Doank )

7 Spot Wisata Edukasi di Jabodetabek, Buat Liburan Anak Jadi Berkualitas

30 June 2023   |   10:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak cara untuk mengisi libur panjang sekolah. Salah satunya yakni mengajak anak untuk berwisata. Selain melepas penat, kegiatan ini bisa meningkatkan bonding keluarga. Namun, agar lebih bermakna, orang tua bisa coba mengajak si kecil ke lokasi wisata yang sekaligus bisa menjadi tempat edukasi.  

Ya, walaupun sedang liburan, tidak ada salahnya untuk mengajak anak agar tetap belajar dan mengenal lebih banyak hal. Dengan demikian, pengetahuan mereka tetap terasah dan bertambah.

Orang tua bisa memanfaatkan tempat wisata edukasi yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mengisi libur si buah hati. Ada banyak tempat untuk melatih kemampuan kognitif, keterampilan fisik, meningkatkan kreativitas, hingga meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi anak. 

Sebagai rekomendasi, berikut wisata edukasi anak yang ada di Jabodetabek. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Dago Bandung, Cocok untuk Healing Liburan Sekolah
 

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Ajak si kecil mengenal Indonesia lebih dalam dengan berkunjung ke TMII di Jakarta Timur. Berdiri di atas area seluas 150 hektare, pengunjung akan melihat rangkuman kebudayaan dari 33 provinsi Indonesia dalam bentuk miniatur, lengkap dengan anjungan daerah. 

Kamu bisa mengajak di si kecil berkeliling melihat anjungan 33 provinsi di Indonesia dengan ciri khas dan budayanya. Ada pakaian adat hingga artefak etnografi di dalam setiap bangunannya. Beberapa anjungan juga menyediakan kafetaria yang menyajikan makanan khas daerah. Terkadang, pertunjukan seperti tarian tradisional dan musik daerah di gelar loh. 

Jangan lewatkan melihat peta gambaran pulau-pulau Indonesia dalam skala besar yang berada di jantung TMII. Jika ingin belajar tentang hewan purba yang sudah punah, kamu bisa ajak buah hati ke Taman Legenda.


2. Planetarium Jakarta

Ajak anak mengenal alam semesta beserta isinya yuk, Bun. Cukup datang ke Planetarium Jakarta yang terletak di Jl. Cikini Raya, No. 73, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. 

Berdiri sejak 1964, si kecil bisa melihat ragam foto atau peraga benda-benda di langit maupun luar angkasa, berbagai bentuk galaksi, dan tokoh-tokoh di balik teori alam semesta ini. Ada pula contoh baju yang biasa dipakai astronot dan peralatan antariksa lainnya ketika pergi ke bulan.

Jika beruntung dan waktunya tepat, ada kegiatan peneropongan langit malam untuk mengamati benda-benda luar angkasa seperti bintang, bulan, hingga meteor secara langsung loh. Kegiatan wisata edukasi yang menarik untuk si kecil. 
 

3. SeaWorld Ancol 


Wisata edukasi yang bertempatan di kompleks Ancol, Jakarta Utara ini merupakan surganya satwa laut. Anak-anak dapat menyaksikan gerombolan ikan-ikan kecil berenang bebas di akuarium super besar, menyentuh langsung bintang laut, menonton ubur-ubur, hingga melihat kawanan ikan hiu.

Sejumlah akuarium dilengkapi papan nama yang mendeskripsikan latar belakang singkat mengenai satwa. Tidak hanya menyuguhkan ikan dan biota laut hidup saja, Seaworld Ancol memiliki ruangan khusus yang memajang koleksi biota laut yang diawetkan. 

Baca juga: 7 Ide Kegiatan Seru Orang Tua dan Anak Untuk Mengisi Liburan Sekolah
1
2


SEBELUMNYA

Resep Sosis Solo Goreng dan Basah, Kudapan Nikmat dari Belanda dengan Cita Rasa Lokal

BERIKUTNYA

Imagining Noumena sampai ARTJOG, Cek 5 Pameran Seni Juli 2023 yang Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: