Suasana melukis di Kandank Jurank Doang. (Sumber gambar : Instagram/Kandank Jurank Doank )

7 Spot Wisata Edukasi di Jabodetabek, Buat Liburan Anak Jadi Berkualitas

30 June 2023   |   10:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

4. Taman Safari


Jika sudah mengenal biota laut, yuk ajak si kecil ke Pusat Konservasi kelas dunia dan dinobatkan sebagai situs konservasi terbaik oleh Kementerian Kehutanan di Kabupaten Bogor, Cisarua, Jawa Barat. Kamu bisa melihat dan berinteraksi dengan hewan lucu hingga buas.

Taman Safari Bogor memiliki ratusan koleksi fauna lokal hingga seluruh dunia. Bunda bisa ajak si kecil untuk merasakan pengalaman lebih dekat dengan alam liar dalam program Safari Tour. Si kecil bisa melihat dan memberi makan singa dan macan buas, rusa, jerapah. Atau melihat gemasnya panda hingga penguin dari Kutub Selatan.

Nikmati juga ragam pertunjukan satwa. Kunjungi air terjun, naik balon udara pada ketinggian 40 meter, rumah pohon, dan akuarium air tuwar di Taman Safari Bogor. 
 

5. Kandank Jurank

Kandank Jurank menawarkan pengalaman belajar sambil bermain. Didirikan oleh musisi Dik Doank, ada ragam aktivitas yang pastinya disukai dan mendorong kreativitas anak-anak di lokasi yang terletak di Ciputat, Tangerang itu.

Dikelilingi pemandangan alam, si kecil bisa mengikuti kegiatan menggambar dan melukis di ruang terbuka, menari, dan bernyanyi. Belajar menanam padi di sawah, berinteraksi langsung dengan hewan seperti kerbau yang dipakai untuk membajak sawah.

Ada pula kegiatan menangkap ikan di kolam, permainan outbound seperti rafting menggunakan perahu dari ban karet menyusuri sungai. Flying fox yang menguji keberanian juga bisa menjadi pilihan. Sebagai penutup, si kecil juga menikmati makanan sambil berdiskusi dengan teman-teman yang ditemuinya di sana. 
 

6. D’Kandang Amazing Farm


Buat warga Depok, kamu bisa membawa si kecil ke lokasi wisata edukasi D’Kandang Amazing Farm. Si kecil akan belajar banyak mengenai peternakan dan pertanian di tempat ini. 

Dari sisi peternakan, buah hati kamu bisa memberi pakan hewan ternak seperti ayam, domba atau kambing, bebek, hingga kelinci. Mereka juga akan diajarkan memerah susu sapi, menangkap ikan, membuat telur asin, hingga menunggang kuda dan kerbau loh. 

Sedangkan di bidang pertanian, si kecil akan belajar caranya menanam tanaman hidroponik, menanam tanaman hias, belajar mencangkok, dan memanen tanaman. Ada juga kegiatan berkreasi dengan tanah liat, melukis layang-layang, melukis di kaos dan topi caping, hingga flying fox yang menambah keseruan. 
 

7. Taman Buaya

Bawa si kecil mengenal lebih dari 500 spesies buaya yang didatangkan dari berbagai daerah di Taman Buaya Indonesia Jaya. Di sana terdapat buaya muara, buaya albino, hingga buaya Sumatra yang bisa kamu jumpai.

Lokasi penangkaran buaya ini terbilang memiliki koleksi sang raja air tawar terbanyak di Indonesia. Tak hanya melihat berbagai jenis buaya, wisatawan juga bisa melihat proses penetasan telur buaya dan juga atraksi yang diselenggarakan pada waktu tertentu. 

Baca juga: 5 Tip Liburan Singkat Berkualitas saat Cuti Bersama

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Resep Sosis Solo Goreng dan Basah, Kudapan Nikmat dari Belanda dengan Cita Rasa Lokal

BERIKUTNYA

Imagining Noumena sampai ARTJOG, Cek 5 Pameran Seni Juli 2023 yang Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: