Bermain gim bisa menjadi salah satu kegiatan antara anak dan orang tua (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Cottonbro Studio)

7 Ide Kegiatan Seru Orang Tua dan Anak Untuk Mengisi Liburan Sekolah

20 June 2023   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain menghabiskan liburan ke sejumlah destinasi wisata, ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan bunda dengan Si Kecil untuk mengisi libur panjang sekolah. Meskipun hanya di rumah, dijamin tidak kalah seru dan antibosan.

Libur sekolah akan dimulai 26 Juni sampai dengan 17 Juli 2023 atau sekitar tiga minggu. Di sela-sela itu, ada juga cuti bersama libur Iduladha pada 28 sampai 30 Juli 2023.

Bagi anak yang biasa sekolah, libur panjang bisa jadi menjemukan karena aktivitas di rumah saja cenderung monoton. Namun, libur itu juga bisa menjadi waktu yang menyenangkan dan seru jika memiliki kegiatan yang tepat untuk mereka.

Baca juga: Mengajarkan Anak tentang 4 Hal Penting Sebelum Membeli Makanan Kemasan

Tidak hanya itu, libur sekolah juga bisa menjadi ajang bagi orang tua dan anak untuk mempererat hubungan jika pada hari biasa sulit dilakukan lantaran aktivitas sekolah dan kerja yang begitu padat satu sama lain.

Di antara alasan yang paling penting, libur panjang ini bisa menjadi ajang bagi anak untuk healing atau merasakan istirahat dari aktivitas belajar yang kerap membuat mereka merasa setres atau burnout dengan tugas-tugas.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah kegiatan untuk anak mengisi libur panjang selain pergi berwisata versi Hypeabis.id:

1. Mencoba Hobi Baru
Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama anak untuk mengisi libur panjang sekolah adalah dengan mencoba hobi baru. Orang tua dan anak bisa mencari bersama hobi yang dapat dijalankan selama libur panjang ini.

Dengan mencoba hobi baru, orang tua dan anak dapat sama-sama belajar tentang sesuatu yang baru. Proses ini dapat meningkatkan hubungan selain juga memberikan pengalaman yang seru bagi anak. Salah satu contoh hobi baru yang mungkin dapat dilakukan seperti bermain musik atau menggambar.

2. Membuat Kerajinan
Kegiatan lain yang dapat dilakukan bersama dengan anak untuk mengisi kegiatan libur panjang sekolah adalah membuat kerajinan. Genhype dapat memanfaatkan stik es krim untuk membuat prakarya seperti rumah, tembak-tembakan, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuat prakarya lainnya seperti mobil-mobilan dari kulit jeruk bali atau kayu, layangan besar untuk dimainkan, dan sebagainya.

3. Olahraga bersama
Olahraga adalah kegiatan lain yang dapat dilakukan orang tua bersama anak untuk mengisi libur panjang sekolah, seperti bulu tangkis, joging pagi dan sore hari, dan sebagainya. Selain dapat meningkatkan hubungan antara anak dan orang tua, kegiatan olahraga juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

Tidak hanya itu, olahraga seperti joging pada pagi hari keliling daerah sekitar rumah juga membuat pikiran menjadi segar lantaran akan mendapati suasana yang berbeda yang mungkin tidak pernah disadari. 
 
1
2


SEBELUMNYA

Teror Iblis Mengerikan dalam Trailer dan Poster Film Mantra Surugana

BERIKUTNYA

Dampak Buruk Bermain Roleplay, Psikolog Ingatkan Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: