Ilsutrasi Dago Dreampark (sumber gambar Hypeabis.id/ Risdianto)

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Dago Bandung, Cocok untuk Healing Liburan Sekolah 

25 June 2023   |   15:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, Kota Bandung, Jawa Barat tidak pernah kehabisan sisi untuk dieksplorasi. Kota berjuluk Paris Van Java ini memiliki sederet destinasi wisata yang pantang dilewatkan saat liburan sekolah, salah satunya kawasan Dago yang asri dan berhawa sejuk.

Dago merupakan dataran tinggi yang berada di Kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini merupakan ikon kota Bandung yang cocok dikunjungi bersama keluarga, teman, kerabat, hingga pasangan. Di sana kalian bisa menikmati momen liburan atau sekedar pelesir singkat dari Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Bisa Sewa, Begini Cara Asyik Sepedaan di TMII saat Libur Sekolah

Beragam tempat wisata di Dago pun bisa menjadi referensi berlibur bagi kalian yang penat dengan rutinitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa tempat wisata di kawasan Dago yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan dan liburan sekolah.


1. Tebing Keraton

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ariswbr (@ariswbr)


Tebing Keraton adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Dago. Berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, dari tempat ini kamu bisa menyaksikan sisi lain kota Bandung dari atas ketinggian tebing yang tentunya eksotik saat pagi hari, atau jelang matahari terbenam dengan hutannya yang masih hijau.

Adapun waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari agar dapat melihat pemandangan kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Beberapa hal yang harus dipersiapkan termasuk mengenakan jaket untuk menghalau dinginnya udara, minuman, dan sebisa mungkin gunakan kendaraan motor karena jalannya yang masih belum terlalu bagus.


2. Curug Dago


Saat berkunjung ke Hutan Raya salah satu wisata yang wajib dikunjungi adalah Curug Dago dengan air terjunnya setinggi 10 meternya yang mengagumkan. Di sini kalian juga bisa melihat jejak-jejak peninggalan kerajaan Thailand, yakni dua prasasti batu tulis dari Raja Rama V dan Raja Rama VII pada  1818.

Untuk mencapai area air terjun, Genhype harus berjalan kaki dari area parkir kendaraan dengan melewati jembatan gantung sungai Cikapundung. Setelah itu kalian harus melewati beberapa anak tangga yang terbuat dari beton dari pintu masuk Curug Dago dengan berbagai bangunan warung di sisinya yang bisa dijadikan tempat istirahat.


3. Punclut 


Punclut merupakan akronim dari Puncak Ciumbuleuit, sebuah destinasi wisata baru di kawasan Dago yang belakangan menjadi tujuan wisata favorit pelancong. Kawasan ini terkenal dengan kedai-kedai makanan khas Sunda lesehan yang dibuat dengan konsep Instagramable.

Tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung, di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan indahnya gemerlap Paris van Java di malam hari dari ketinggian. Di sini juga ada beberapa restoran yang menyediakan sensasi makan unik mulai dari outdoor, sky dining, ruangan galaxy penuh gugusan bintang, hingga resto dengan taman bermain.

Baca juga: 6 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Mengisi Libur Sekolah & Iduladha
 
1
2


SEBELUMNYA

Hypereport: Jatuh Bangun Si Kutu Loncat Mengejar Karier yang Lebih Baik

BERIKUTNYA

Seru-seruan Bareng Lokapala di Indonesia Comic Con 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: