Ilustrasi taman rekreasi (Sumber gambar: Freepik)

Ancol dan Taman Safari Optimistis Kunjungan Meningkat Sepanjang Pekan Libur Nataru

30 December 2022   |   19:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menyambut pekan libur Natal dan tahun baru, Ancol telah menyiapkan berbagai program dan event menarik bagi pengunjung. Corporate Secretary Div Head PT Pembangunan Jaya Ancol Agung Praptono mengaku optimistis libur Nataru 2022 bakal lebih meriah karena kondisi pandemi yang makin terkendali.

Keadaan tersebut dipandangnya jauh lebih baik dibanding libur Nataru tahun lalu. Saat itu sejumlah pembatasan ketat masih diberlakukan, termasuk jam operasional yang dipersingkat pada malam pergantian tahun.

“Ancol menargetkan kunjungan di angka 1 juta pengunjung selama pekan liburan Nataru 2022,” ujar Agung kepada Hypeabis.id

Seperti sebuah tradisi, Ancol juga telah menyiapkan event spesial yang khusus diadakan pada libur Nataru. Beberapa event tersebut antara lain International Show di Dunia Fantasi, Menyelam Bersama Santa Claus di Sea World Ancol, serta acara musik dan festival kuliner di beberapa titik.

Baca juga: Sejumlah Lokasi Ini Siapkan Acara Spesial di Malam Tahun Baru

Dalam menyambut libur Nataru ini, Ancol juga menghadirkan unit rekreasi baru, yakni Jakarta Bird Land. Pengunjung dapat melihat ratusan koleksi burung dari berbagai jenis.

Taman burung pertama yang dimiliki Ancol ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi yang terbagi ke dalam 6 kawasan, yakni American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Area.

“Daya Tarik utama JBL ialah adanya sky bridge. Pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung yang terbang bebas dan hinggap di dalam area aviary,” tambah Agung.

 

Ilustrasi kebun binatang. (Sumber gambar: Unsplash/ Daiga Ellaby)

Ilustrasi kebun binatang. (Sumber gambar: Unsplash/ Daiga Ellaby)

General Manager Taman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan mengatakan lonjakkan kunjungan saat libur Nataru biasanya baru terasa pada pertengahan Desember. Namun, nuansa libur Nataru di Taman Safari sudah mulai terasa sejak awal bulan ini.

Khusus menyambut libur Nataru, Taman Safari mengambil tema Snow White. Dengan tema tersebut, Taman Safari akan membawa pengunjung menikmati dinginnya suasana Desember di Cisarua ditemani cerita-cerita tokoh fiksi yang terkenal tersebut.

Pada pergantian malam tahun baru, Taman Safari akan mengangkat tema jungle. Pria yang akrab disapa Aldo itu mengatakan pengunjung akan merasakan sensasi berlibur di hutan ditemani cerita-cerita menarik soal tarzan.

Salah satu program favorit di Taman Safari, yakni Safari Malam, juga akan dilakukan lebih sering pada momen libur Nataru. Biasanya Safari Malam hanya dilakukan pada akhir pekan. Namun, khusus di momen libur Nataru, Safari Malam bisa dilakukan setiap hari.

Tak hanya itu, Taman Safari juga memiliki satwa baru di konservasi mereka, yakni Lutra. Lutra ini sejenis Oter yang cukup lucu. Pengunjung pun bisa berinteraksi dengan beberapa satwa secara langsung.

“Jadi, suasana Taman Safari akan berbeda dengan dekorasi-dekorasi yang sesuai dengan tema tersebut. Pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan dan cerita soal Snow White di area Plaza yang dilakukan setiap malam,” ujar Aldo.

Aldo mengatakan jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, momen libur Nataru selalu berdampak pada kenaikan jumlah kunjungan. Taman Safari Indonesia menargetkan jumlah kunjungan pada libur Nataru menyamai pada 2019 sebelum pandemi.

Pada tahun tersebut, hari biasa kunjungan ke Taman Safari berkisar 6.000 orang per hari. Adapun pada weekend, jumlah kunjungan melonjak hingga 9.000-12.000 kunjungan per hari.

Dia berharap tahun ini pencapaian tersebut bisa kembali terulang. Sebab, pembatasan sosial kini sudah lebih diperlonggar dan masyarakat pun sudah sadar terhadap pentingnya protokol kesehatan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

YG Entertainment Akan Merilis Girl Group Baru

BERIKUTNYA

Taman Rekreasi Jadi Pilihan Wisata Pada Libur Nataru 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: