Bumi Perkemahan Ranca Upas (dok: Unsplash/Ridwan Kosasih)

Menikmati Indah dan Dinginnya Pegunungan Sambil Berkemah di Ranca Upas

02 August 2021   |   21:08 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kalian mungkin sudah tidak sabar untuk kembali berwisata setelah pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berakhir nanti. Salah satu opsi wisata yang layak dijadikan pilihan adalah wisata alam.

Setelah sekian lama berada di dalam rumah sudah barang tentu rasa bosan dan stres melanda. Nah, agar tak berkepanjangan, salah satu hal yang bisa kalian lakukan adalah berwisata sembari mengeksplorasi alam.

Salah satu obyek wisata yang bisa kalian kunjungi untuk mengeksplorasi alam adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas, Kabupaten Bandung.
 
Berkemah di Bumi Perkemahan Ranca Upas (dok: Unsplash/Kilarov Zaneit)


 
Tidak jauh dari Jakarta, hanya empat jam berkendara menggunakan mobil dengan kondisi jalanan lancar melewati Tol Jakarta-Cikampek, Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi, Tol Pasir Koja-Soreang. Keluar dari tol kalian nantinya tinggal menyusuri Jalan Raya Soreang-Ciwidey serta Jalan Raya Ciwidey-Patenggang. 

Bumi Perkemahan Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jaraknya dari pusat kota Bandung sekitar 50 km atau satu jam berkendara dengan kondisi jalanan lancar.

Bumi perkemahan yang berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani ini memiliki luas area sekitar 215 hektare. Berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara sekitar 17 °C - 20 °C. 

Bumi Perkemahan Ranca Upas dikelilingi oleh hutan lindung dengan beragam flora seperti Pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Sedangkan fauna yang bisa kalian temukan di sana di antaranya adalah dari beragam jenis burung, serta beberapa satwa jinak lainnya seperti rusa dan kelinci.
 
Rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas (dok: Unsplash)
 
Bagi pengunjung yang ingin berkemah, pihak pengelola Bumi Perkemahan Ranca Upas juga menyediakan penyewaan peralatan kemah yang lengkap. Beberapa peralatan yang tersedia antara lain tenda dengan berbagai ukuran, sleeping bag, matras, dan peralatan berkemah lainnya.

Kalian juga diperbolehkan menginap atau berkemah atau menginap di dalam mobil yang kalian bawa. Tentunya bakal lebih asyik jika mobil kalian dipasangi tenda khusus di atap seperti halnya sebuah campervan.

Jika kalian enggan menginap di tenda yang fasilitasnya tentu saja terbatas, pihak pengelola Bumi Perkemahan Ranca Upas menawarkan opsi lainnya.

Belum lama ini, pihak pengelola Bumi Perkemahan Ranca Upas mendirikan Rumah Iglo Tegal Kawani yang tak lain adalah tenda kemah yang dilengkapi peralatan layaknya hotel berbintang.

Tidak hanya mewah, Rumah Iglo Tegal Kawani menawarkan panorama yang sangat memukau. Ya, tenda kemah itu didirikan di area Danau Tegal Kawani sehingga para pengunjung dapat menikmati panorama danau dan pemandangan sekitar.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa berkemah dengan  gaya kekinan yang mewah yang sudah lama menjadi tren di dunia, termasuk Indonesia (glamour camping atau glamping) di Bobocabin. Bobocabin merupakan inovasi berkemah yang dihadirkan oleh penyedia layanan hotel kapsul Bobobox di Bumi Perkemahan Ranca Upas.
 
Kapasitas tiap kabin dari Bobocabin dapat adalah dua orang dewasa dan seorang anak berusia di bawah 10 tahun. Tiap kabin juga dilengkapi dengan tempat tidur ukuran King, jendela yang cukup lebar agar kalian dapat menikmati keindahan alam sekitar, serta sistem yang terintegrasi dengan IoT khas Bobobox.

Tak hanya itu, kalian juga dapat menikmati pensuasanaan yang dapat kamu atur sedemikian rupa mulai dari pencahayaan hingga musik atau suara-suara alam yang dapat kamu atur dari B-Pad di kabinmu. 

Kalian juga tidak perlu khawatir soal toilet dan kamar mandi saat menginap di Bobocabin. Karena di Bobocabin telah tersedia toilet dan kamar mandi yang nyaman dan bersih.

Karena masa PPKM belum berakhir, saat ini Bumi Perkemahan Ranca Upas masih ditutup untuk sementara. Namun, tak ada salahnya kalian bersiap-siap dan menyimak berapa biaya yang harus kalian keluarkan ketika berkunjung kesana.

Berikut ini adalah biaya tiket masuk, berkemah, dan kendaraan apabila kalian berkunjung ke Bumi Perkemahan Ranca Upas;

Wisatawan domestik:
-Kunjungan: Rp22.000
-Camping: Biaya kunjungan ditambah Rp11.000

Wisatawan mancanegara:
-Kunjungan: Rp44.000
-Camping: Biaya kunjungan ditambah Rp11.000

Kendaraan roda dua:
-Kunjungan: Rp6.000
-Camping: Biaya kunjungan ditambah Rp8.000

Kendaraaan roda empat:
-Kunjungan: Rp11.000
-Camping: Biaya kunjungan ditambah Rp17.000

Kendaraan roda enam (bus):
-Kunjungan: Rp27.000
-Camping: Biaya kunjungan ditambah Rp33.000
 
Tentunya biaya tersebut belum termasuk biaya penggunaan fasilitas lainnya seperti kolam renang sebesar  Rp22.000 dan area bermain anak sebesar  Rp10.000.



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Tantangan Reza Rahadian Perankan Preman di Film 'Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas'

BERIKUTNYA

Bersiap Menikmati Indahnya Suasana Malam di Glow Kebun Raya Bogor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: