Coldplay, band asal Britania Raya yang akan manggung di Indonesia. (Sumber gambar : Coldplay/Instagram)

8 Cara Unik Coldplay Ciptakan Konser Ramah Lingkungan, Bakal Diterapkan di Jakarta?

09 May 2023   |   17:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Gelang LED Bisa Jadi Kompos

Gelang LED yang dikenakan penonton sebagai bagian dari pertunjukan akan dibuat dari 100 persen bahan nabati yang dapat dikomposkan. Coldplay akan mengurangi produksi gelang hingga 80 persen dengan mengumpulkan, mensterilkan, dan mengisi ulang setelah setiap pertunjukan. “Komponen elektronik akan digunakan kembali untuk gelang yang akan digunakan dalam tur mendatang,” tutur Coldplay.

Baca juga: Single Coldplay & BTS My Universe Melesat ke Puncak Tangga Lagu Billboard


4. Pencahayaan & Audio Anti Bising

Pertunjukan Coldplay akan ditingkatkan ke peralatan ultra-efisien seperti laser layar LED berenergi rendah dan sistem pencahayaan, serta sistem PA dengan konsumsi daya hingga 50 persen lebih sedikit dibandingkan dengan tur sebelumnya. Hal ini juga secara dramatis mengurangi kebisingan lingkungan di luar tempat pertunjukan.


5. Konfeti Ramah Lingkungan

Konfeti yang digunakan selama pertunjukan 100 persen dapat terurai secara hayati dan akan membutuhkan gas terkompresi yang jauh lebih sedikit untuk penyalaan dibandingkan tur sebelumnya. Coldplay juga menggunakan generasi baru kembang api berkelanjutan yang memiliki daya ledak lebih sedikit dan formula baru yang sangat mengurangi atau menghilangkan bahan kimia berbahaya. Semua tabung dan pemegangnya dapat terurai secara hayati atau dapat didaur ulang.


6. Aplikasi Transportasi Rendah Emisi untuk Penonton

Bekerja sama dengan SAP, Coldplay mengembangkan aplikasi tur gratis yang mendorong penggemar untuk menggunakan transportasi rendah karbon ke dan dari lokasi pertunjukan. Fan yang berkomitmen untuk perjalanan rendah karbon akan diberikan kode diskon.

Berdasarkan penggunaan aplikasi oleh penggemar, mereka akan menghitung total jejak karbon dari perjalanan ke dan dari pertunjukan. Mereka berjanji untuk mengurangi semua emisi ini melalui solusi berbasis alam seperti penghijauan kembali dan konservasi. “Sebagai bagian dari ini, kami akan menanam setidaknya satu pohon baru per tiket yang terjual, yang dipertahankan seumur hidup,” terang Coldplay.


7. Efisiensi Air

Coldplay akan memaksimalkan efisiensi air. Pihaknya akan meminta penyedia tempat konser untuk memperkenalkan keran aerasi, toilet pembilasan rendah, dan pengurangan tekanan air untuk mengurangi pemborosan air.

Mereka juga menyediakan stasiun isi ulang air untuk kipas angin. Fan didorong untuk membawa botol mereka sendiri yang dapat digunakan kembali di setiap tempat yang memungkinkan.

Bekerja sama dengan Miir, Coldplay membuat botol air yang dirancang khusus untuk tur, sebagai bagian dari upaya mereka menghindari plastik sekali pakai.⁠ Miir juga akan berdonasi ke ClientEarth, The Ocean Cleanup North Pacific Foundation, dan One Tree Planted. 


8. Penanganan Limbah

Ya, Coldplay meminimalisir limbah selama tur dunia mereka dan mempromosikan daur ulang. Mereka akan berusaha untuk menghilangkan penjualan botol air plastik sekali pakai dan menggantinya dengan alternatif yang dapat digunakan kembali dan didaur ulang seperti gelas aluminium Ball.

Coldplay juga bekerja sama dengan promotor maupun penyedia tempat untuk membantu dan mendorong mereka membuat program daur ulang di dalam stadion. Sebisa mungkin mereka menghindari membuang sampah ke sungai  untuk mencegahnya menjadi polusi terbesar di lautan.

Lantas apakah konsep tur ramah lingkungan dan rendah karbon ini akan diterapkan juga di Indonesia? Sejauh ini Hypeabis.id telah menghubungi pihak PK Entertainment dan Stadion Utama GBK, tetapi belum mendapat jawaban. 

Baca juga: Single Coldplay X BTS My Universe Tempati Posisi Kedua Tangga Lagu Inggris

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Alim Sudio Lakukan Riset Hingga 4 Tahun Garap Skenario Film Buya Hamka

BERIKUTNYA

Siap Rebut Medali Emas, Timnas CrossFire Indonesia Hadapi Vietnam di Grand Final SEA Games 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: