Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol di Jakarta, Rabu (12/4/2023). (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Inilah 10 Kota Populer Tujuan Mudik 2023, Ada Kampung Halamanmu?

15 April 2023   |   10:35 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berpuasa sebulan penuh, para perantau bersiap pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.  Terlebih, dengan berakhirnya pandemi, masyarakat kini bisa mudik dengan rasa aman ke kota tujuan masing-masing.

Ya, mulai awal pekan para perantau diperkirakan sudah mulai meninggalkan ibu kota Jakarta. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik pada 2023 mencapai 123,8 juta orang. Jalur darat dan penggunaan kendaraan pribadi roda empat masih jadi pilihan tertinggi masyarakat untuk mudik.

Baca juga: Tidak Mudik? 3 Destinasi Ini Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran di Jakarta

Jawa Tengah menjadi provinsi urutan pertama sebagai provinsi tujuan pemudik, pada libur Lebaran tahun ini. Total sebanyak 32,75 juta orang akan mudik ke berbagai kota di daerah yang menjadi jantung budaya Jawa ini.

Provinsi selanjutnya, yang menjadi tujuan populer pemudik adalah Jawa Timur sebesar 24,60 juta orang. Lalu Jawa Barat 20,72 juta orang, Jabodetabek 8,07 juta orang, dan Daerah Istimewa Yogyakarta sekitar 5,9 juta orang.

Lantas, kota apa saja yang menjadi tujuan mudik favorit masyarakat dari tahun ke tahun? Dihimpun dari berbagai sumber resmi berikut kota-kota populer tujuan para pemudik: 


1. Semarang

 

Kota Lama Semarang (Sumber foto: Hypeabis/Ludhita Dwi Ariyanto)

Kota Lama Semarang (Sumber foto: Hypeabis/Ludhita Dwi Ariyanto)

Kota Lumpia menjadi salah satu destinasi mudik paling populer para perantau. Hal ini bisa disimak dengan terjadinya kemacetan parah tiap tahunnya di kawasan Pantura yang menjadi jalur penghubung kota Semarang dengan daerah lain.

Tak hanya itu, kota ini juga sering menjadi tujuan destinasi wisata saat Lebaran tiba. Masyarakat biasanya akan berbondong-bondong menikmati sejumlah wisata di Semarang. Termasuk Lawang Sewu hingga Klenteng Sam Po Kong.


2. Yogyakarta

 

Yogyakarta (Sumber foto: Hypeabis/Bimo Pradityo)

Yogyakarta (Sumber foto: Hypeabis/Bimo Pradityo)

Kendati identik sebagai kota wisata, rupanya Kota Gudek ini juga menjadi tujuan para pemudik. Hal ini tak lepas dari banyaknya warga dari kota ini merantau ke Ibu Kota untuk mengadu nasib. Bila waktu mudik tiba, kota ini pun dijejali para pemudik.

Selain itu, Yogyakarta juga menjadi tujuan wisata para pemudik yang melintasi atau berada di sekitar kawasan ini. Biasanya mereka mengincar obyek wisata budaya di kawasan Keraton Yogyakarta hingga pelesiran ke pantai di daerah Gunung Kidul.


3. Solo

 

Kota Solo (Sumber foto: Hypeabis/Lim Winasdy

Kota Solo (Sumber foto: Hypeabis/Lim Winasdy

Kota Solo juga menjadi tujuan mudik favorit dari tahun ke tahun. Rute kereta api dan penerbangan yang berhenti di Solo biasanya membawa pemudik dengan tujuan Salatiga, Wonogiri, Klaten, dan sekitarnya. Kota yang dahulunya berada di bawah Karesidenan Surakarta ini pun menawarkan banyak wisata budaya yang diminati pemudik. Termasuk pusat perbelanjaan batik klewer, Keraton Surakarta, dan ragam kuliner dengan cita rasa khas seperti tengkleng hingga sate.


4. Purwokerto

 

Jembatan Tesda, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah (Sumber foto: Hypeabis/Dzadilla)

Jembatan Tesda, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah (Sumber foto: Hypeabis/Dzadilla)

Beralih ke jalur Selatan Pulau Jawa, Purwokerto juga menjadi tujuan mudik favorit yang enggak kalah ramai tiap tahunnya. Pemudik yang mudik ke kota ini bisa menggunakan bus atau kereta api. Namun, daerah ini juga bisa diakses dengan kendaraan pribadi.

Purwokerto yang dikenal sebagai Kota Transit ini juga menyimpan destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran. Antara lain, Kebun Raya Baturaden, Bukit Watu Teja, Gunung Slamet, hingga Curug Gomblang.


5. Surabaya

 

Budaya Sedekah Bumi Kampung Made, Surabaya (Sumber foto: Hypeabis/Muhammad Isya)

Budaya Sedekah Bumi Kampung Made, Surabaya (Sumber foto: Hypeabis/Muhammad Isya)

Kota yang berada di bagian Timur pulau Jawa ini juga menjadi tujuan favorit para pemudik dari berbagai daerah. Kota satu ini bisa diakses dari arah Jakarta dengan kereta api, bus, pesawat atau menggunakan kendaraan pribadi.

Memiliki julukan Kota Pahlawan, Surabaya pun sering menjadi  tujuan wisata masyarakat pasca Lebaran. Misalnya, Surabaya Zoo, Pantai Kenjeran, hingga menikmati cantiknya lampu Jembatan Suramadu di malam hari.

Baca juga: Ini Cara Daftar Mudik Gratis Kementerian Perhubungan
1
2


SEBELUMNYA

Suguhkan Genre Komedi-Fantasi, Film Jin & Jun Gunakan 80 Persen Teknologi CGI

BERIKUTNYA

5 Aplikasi untuk Kirim THR Online, Enggak Perlu Ribet Bawa Uang Cash

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: