Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol di Jakarta, Rabu (12/4/2023). (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Inilah 10 Kota Populer Tujuan Mudik 2023, Ada Kampung Halamanmu?

15 April 2023   |   10:35 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

6. Malang

 

Agro wisata petik buah apel Malang (Sumber foto: Hypeabis/ Wiwin Suryono)

Agro wisata petik buah apel Malang (Sumber foto: Hypeabis/ Wiwin Suryono)


Kota Apel ini pun mulai jadi tujuan mudik favorit masyarakat tiap tahunnya. Masih berada di provinsi Jawa Timur, markasnya para Aremania ini biasanya oleh para pemudik diakses dengan bus, kereta api, atau pesawat terbang.

Selain menikmati apel Malang yang khas, di kota ini para pemudik biasanya akan mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti museum angkut, alun-alun, air terjun coban rondo, hingga kampung warna-warni.


7. Bandung

 

Belajar Membuat Angklung Di Saung Angklung Udjo Bandung  (Sumber foto: Hypeabis/Ega Purnama)

Belajar Membuat Angklung Di Saung Angklung Udjo Bandung (Sumber foto: Hypeabis/Ega Purnama)

Paris van Java memang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Namun, daerah ini tetap menjadi destinasi tujuan pemudik dari tahun ke tahun. Biasanya, mereka mengakses Bandung dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, bus, atau travel.

Saat mudik mereka pun sering berwisata ke kawasan Bandung dan sekitarnya juga kaya akan destinasi wisata alam. Mulai dari Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, hingga jajaran kuliner menggoda di tengah kota yang dikenal dengan nama Jalan Braga.


8. Padang

Selain Pulau Jawa, daerah Sumatera juga menjadi tujuan favorit masyarakat. Salah satunya adalah Kota Padang yang banyak merantau ke ibu kota dan menjadi tradisi turun temurun di sana.

Pemudik biasanya menggunakan bus jalur darat, kapal, atau pesawat terbang untuk mudik ke Padang. Di Kota rendang ini pun akan menikmati sederet destinasi wisata, seperti Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Nirwana, hingga Air Terjun Lubuk Hitam.


9. Medan

Kota Medan juga menjadi salah satu tujuan mudik favorit masyarakat. Namun, alih-alih menggunakan jalur darat biasanya warga Medan mudik menggunakan pesawat agar lebih efektif dan dapat memangkas waktu perjalanan.

Selain menjadi tujuan mudik, kawasan sekitar Medan juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang cukup menarik saat Lebaran. Beberapa yang populer tentu saja Air Terjun Sibolangit dan Danau Toba.


10. Palembang

Kota di Sumatra Selatan ini pun tetap menjadi salah satu tujuan favorit pemudik saat Idulfitri tiba. Pasalnya, banyak warga Palembang yang merantau ke ibu kota untuk mencari penghasilan lebih dibanding saat bekerja di sana.

Menjadi salah satu tujuan mudik favorit masyarakat, Palembang juga menawarkan ragam wisata yang sayang untuk dilewatkan saat liburan tiba. Beberapa di antaranya termasuk Jembatan Ampera hingga Benteng Kuto Besak.

Nah, itulah dia kota tujuan mudik favorit masyarakat dari tahun ke tahun Genhype, adakah kampungmu yang masuk dalam daftar tersebut?

Editor: Dika Irawan
 
1
2


SEBELUMNYA

Suguhkan Genre Komedi-Fantasi, Film Jin & Jun Gunakan 80 Persen Teknologi CGI

BERIKUTNYA

5 Aplikasi untuk Kirim THR Online, Enggak Perlu Ribet Bawa Uang Cash

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: