Siluet Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. (Sumber foto: Unsplash/Fasyah Halim)

Tidak Mudik? 3 Destinasi Ini Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran di Jakarta

14 April 2023   |   17:31 WIB
Image
Silvia Virda Susanti Ibu Rumah Tangga

Hai Genhype! Sudah merencanakan mudik dan libur lebaran?

Mudik dan liburan saat Idulfitri sangat dirindukan dan menjadi agenda tahunan oleh siapapun. Apalagi pandemi Covid-19 sudah dinyatakan menjadi epidemi, tidak ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), dan tempat-tempat wisata sudah dibuka bebas sehingga tahun ini banyak yang memutuskan untuk mudik dan liburan saat lebaran.

Saat libur Lebaran, banyak yang memutuskan untuk berlibur dengan keluarga karena hampir 85% anggota keluarga bisa berkumpul daripada hari biasa. Pada kesempatan seperti inilah biasanya orang tua dan anak memanfaatkan waktu bersama lebih lama daripada hari biasa yang sudah disibukkan dengan kegiatan masing-masing. 

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman, Pentingnya Pilih Moda Transportasi yang Tepat

Berlibur memang sesuatu yang menyenangkan. Mengacu pada teori anticipal pleasure yang dikemukakan ekonom William Stanley Jevons pada awal abad ke-20. Mereka mengungkapkan bahwa kenikmatan liburan sudah dapat kita rasakan sejak merencanakannya. Kepuasan semakin terasa menjelang harinya tiba, dan mencapai puncaknya pada hari pertama liburan. 

Seperti kata pepatah Jaime Lyn, "Pekerjaan mengisi kantong Anda, tetapi petualangan mengisi jiwa Anda." 


Libur Lebaran di Jakarta

Libur Lebaran di Jakarta mungkin terasa sepi, karena banyak yang mudik ke kampung halaman. Jalan-jalan terasa lengang dan tidak ada kemacetan seperti hari biasa. Bagi kalian yang tidak mudik, bisa mencoba tiga destinasi menarik ini saat libur Lebaran:


1. Bundaran Hotel Indonesia

 

Bundaran Hotel Indonesia. (Sumber foto: Unsplash/Muhammad Syafi Al Adam)

Bundaran Hotel Indonesia. (Sumber foto: Unsplash/Muhammad Syafi Al Adam)

Sudah pernah ke Bundaran HI ? Atau bahkan sudah bosan karena sering lewat?
Sekarang di Bundaran HI banyak spot foto yang menarik. Ada anjungan di atas halte bus transjakarta. Di anjungan ini terdapat spot foto yang menarik sekali karena terlihat patung Selamat Datang dan gedung-gedung sekitarnya. Kalian bisa berfoto sambil membaca sejarah dibangunnya patung Selamat Datang, filosofi air mancur, dan Hotel Indonesia. 


2. Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pinisi Karet. 

 

Ada yang sudah tahu jembatan ini? Jembatan ini diresmikan oleh Gubernur Anies Rasyid Baswedan di daerah Karet Sudirman, Jakarta Selatan. Jembatan ini cukup epik untuk sekedar jalan-jalan santai dengan mengambil gambar dari sudut-sudut tertentu. 

Apalagi kesana saat sore menjelang maghrib, suasana dan pemandangan khas ibu kota dengan gedung-gedung tinggi sangat bagus sekali. Di jembatan ini juga sebagai tempat untuk mengenang para tenaga kesehatan yang berjuang kemudian meninggal saat pandemi Covid-19.


3. Taman Literasi Christina Tiahahu.

 

Tempat terbuka bisa menjadi salah satu pilihan saat libur lebaran, seperti taman literasi Christina Tiahahu di Blok M. Taman ini terletak di sekitaran Blok M Plaza dan Blok M Square, pas di sampingnya ada stasiun MRT Blok M BCA, Terminal Blok M dan M Bloc space, sehingga mudah saja dijangkau dengan transportasi umum. Alamat tepatnya ada di Jl. Sisingamangaraja, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bagaimana Genhype? Menarik bukan? Apalagi saat libur Lebaran pengunjung bisa saja tidak sebanyak hari biasa sehingga genhype bisa menikmati destinasi-destinasi tersebut. Kalian bisa ke destinasi-destinasi tersebut dengan transportasi umum dan membawa bekal untuk makan siang sehingga bisa hemat saat liburan.

Yuk, rencanakan destinasi-destinasi tersebut untuk libur Lebaran sebagai bonding dengan keluarga dan tentunya untuk bersenang-senang juga!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda


Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Pakai Kamera Leica, Cek Spesifikasi & Desain Xiaomi 13 Ultra yang Rilis 18 April

BERIKUTNYA

Ingin Puasa Saat Hamil di 10 Hari Terakhir? Perhatikan 3 Hal Penting Berikut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: