label dan tandacentang yang diterapkan oleh twitter memiliki makna yang berbeda antara satu dengan yang lain. (Sumber gambar: tangkapan layar laman Twitter)

Jangan Salah, Ini Perbedaan Centang Biru & Label pada Akun Twitter

25 December 2022   |   17:22 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pengguna Twitter perlu mengetahui bahwa aplikasi berlambang burung biru itu menerapkan sinyal identitas visual seperti label dan tanda centang terhadap profil akun. Hal itu, untuk memberikan konteks lebih lanjut tentang berbagai jenis akun dan membantu penggunanya untuk membantu membedakan akun terkait.

Dikutip dari laman Twitter, label dan tanda centang yang diterapkan oleh Twitter memiliki makna yang berbeda antara satu dengan yang lain. Dengan keberadaan label dan centang tersebut, para pengguna dapat mengetahui siapa pemilik akun di media sosial tersebut.

Baca juga: Begini Cara Bikin Twitter Wrapped 2022 dengan Aplikasi Floom

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang label dan tanda centang di twitter.


1. Tanda centang biru

Tanda centang biru yang terdapat pada akun Twitter memiliki dua hal yang berbeda. Pertama adalah akun tersebut telah diverifikasi berdasarkan kriteria yang berlaku, yakni aktif, terkenal, dan autentik.

Kedua adalah tanda centang biru diberikan terhadap akun langganan aktif ke produk baru Twitter Blue dan memenuhi persyaratan tertentu. Akun yang mendapatkan tanda centang biru karena menjadi bagian langganan Twitter Blue tidak perlu memenuhi kriteria aktif, penting, dan autentik.


2. Tanda centang emas dan gambar profil persegi

Sementara itu, tanda centang lainnya yang ada di profil akun Twitter adalah tanda centang emas. Tanda ini menunjukkan bahwa akun tersebut adalah akun bisnis resmi melalui Twitter Blue for Business.

Selain tanda centang berwarna emas, biasanya bentuk profil akun adalah persegi empat. Bentuk profil ini berbeda dengan umumnya yang berupa lingkaran atau bulat.


3. Tanda centang abu-abu

Selain biru dan emas, warna tanda centang lainnya pada akun Twitter adalah tanda centang abu-abu yang menunjukkan bahwa akun tersebut mewakili lembaga atau pejabat pemerintah, atau organisasi multilateral.

Secara khusus, lembaga pemerintah yang memenuhi syarat mendapatkan centang abu-abu meliputi lembaga respons krisis nasional dan lokal, keselamatan publik, penegak hukum, dan badan pengatur, kedutaan besar, dan lembaga tingkat nasional utama lainnya.

Baca juga: 4 Aplikasi Media Sosial Pengganti Twitter, dari Mastodon hingga Bluesky

Pejabat terpilih atau ditunjuk yang memenuhi syarat mendapatkan centang abu-abu adalah kepala negara, juru bicara pejabat asing, pemimpin diplomatik puncak, anggota kabinet (tingkat nasional). Organisasi multilateral yang memenuhi syarat termasuk akun institusional, pejabat tinggi, dan juru bicara resmi.

 
1
2


SEBELUMNYA

Penuh Momen Spesial, Intip 5 Tradisi Natal Terunik di Berbagai Negara

BERIKUTNYA

Begini Sejarah Bintang Natal yang Bermakna sejak Zaman Kuno

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: