Tampilan Twitter Wrapped. (Sumber gambar: Floom)

Begini Cara Bikin Twitter Wrapped 2022 dengan Aplikasi Floom

08 December 2022   |   08:35 WIB

Rekap aktivitas media sosial dan platform daring pada akhir tahun kini menjadi tren yang berkembang. Setelah Spotify Wrapped dan Youtube Music Wrapped membuat fitur ini di dalam platformnya, kini ada juga Twitter Wrapped yang populer di media sosial.

Berbeda dengan Spotify Wrapped dan Youtube Music Wrapped yang sudah disediakan terpasang di dalam aplikasi, Twitter Wrapped mengandalkan aplikasi pihak ketiga mengingat fitur ini tidak disematkan dalam aplikasi media sosial micro-blogging tersebut.

Melansir Sports Keeda, Twitter Wrapped memanfaatkan aplikasi bernama Floom yang bisa diakses melalui situs resminya di floom.app. Namun, penggunaannya ternyata membutuhkan beberapa langkah agar hasil Wrapped bisa memunculkan berbagai kata yang biasa digunakan selama satu tahun terakhir.

Baca juga4 Aplikasi Media Sosial Pengganti Twitter, dari Mastodon hingga Bluesky

Yuk intip cara penggunaan Floom untuk membuat Twitter Wrapped 2022.
  1. Buka situs Floom dengan halaman https://floom.app/service/twitter-wrapped.
  2. Masukkan username, warna latar, dan bentuk Twitter Wrapped yang diinginkan.
  3. Klik Order for Free, lalu daftarkan akun dengan memasukkan username, email, dan password.
  4. Setelah menyelesaikan proses, tunggu selama beberapa menit untuk mendapatkan hasilnya.
  5. Hasil akan keluar dalam bentuk foto yang bisa dibagikan.

Untuk melihat hasilnya, ada beragam perbedaan yang mudah diketahui. Semakin besar kata-kata yang tampak pada foto Twitter Wrapped, maka semakin sering Genhype menggunakan kata tersebut. Hal ini berbeda dengan kata-kata yang hadir dalam ukuran font yang lebih kecil, di mana ini menunjukkan bahwa kata-kata tersebut jarang digunakan.

Tidak hanya hasil milik diri sendiri, Floom juga memiliki fitur untuk melihat rangkaian kata yang membentuk awan atau Twitter Wrapped milik orang lain. 
 
Tren Twitter Wrapped telah hadir sejak 2021 dengan adanya aplikasi bot otomatis bernama @WordCloudsBot yang dibuat oleh Talal Jawaid, seorang software engineer asal California, Amerika Serikat. Kala itu, bot ini memiliki fungsi yang sama untuk menciptakan rangkaian kata terpopuler beserta dengan statistik Twitter milik pengguna.

Untuk @WordCloudsBot, aplikasi ini hanya dilakukan dengan cara memberikan like dan retweet pada satu cuitan yang memuat instruksi Twitter Wrapped. Dalam kurun waktu lima menit, hasil statistik Twitter ini bisa diterima melalui kolom komentar dalam post tersebut.

Tidak hanya @WordCloudsBot, bot ini juga memiliki Friends Wrapped yang memuat word cloud dengan beberapa teman di Twitter yang paling banyak berinteraksi.

Baca jugaTwitter Dibanjiri Akun Palsu Centang Biru, Begini Tanggapan Elon Musk

Fitur ini dibuat dengan cara memberikan komentar #friends di dalam pinned tweet yang sama, sehingga muncul gambar serupa Twitter Wrapped namun berisikan username dari teman-teman pengguna.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Spesifikasi Leica BLK360 Versi Baru, 3D Scanner dengan Akurasi Pengukuran Tajam

BERIKUTNYA

Sambut HUT Bisnis Indonesia, Penjurian Lomba Foto Nusantara Sakti Digelar Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: