Ilustrasi tampilan timeline Twitter. (Dok. Claudio Schwarz dari Unsplash)

Desain Ulang Tampilan Aplikasi, Berikut Penjelasan dari Pihak Twitter

15 August 2021   |   07:04 WIB

GenHype yang aktif menggunakan Twitter pasti menyadari beberapa perubahan, mulai dari tulisan yang tampak membesar hingga warna tombol yang berganti warna. Ada pengguna yang menyukai perubahan ini, ada juga yang tidak. Sebagian pun bertanya, mengapa perubahan tersebut dilakukan?

Direktur kreatif Twitter Derrit DeRouen mengatakan dalam cuitannya bahwa penggunaan font baru Twitter (Chirp) ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengekspresikan perasaan dan ketidaksempurnaan.

Dia juga mengaku bahwa perubahan ini merupakan keinginan pribadinya untuk menjadikan font Chirp sebagai typeface atau rancangan karakter dari sekumpulan huruf dari produk Twitter.

Sebelumnya, perubahan font ini dikonfirmasi langsung melalui akun resmi Twitter yang menanyakan apakah font Twitter berubah dan langsung dibenarkan setelahnya. 
 
Dalam cuitan pada Kamis (12/8), Twitter Design yang merupakan akun resmi dari tim desain media sosial itu juga mengungkapkan bahwa Chirp berlaku untuk semua teks yang menggunakan alfabet Barat, dan belum berpengaruh bagi teks dengan alfabet non-Barat seperti bahasa China, Jepang, dan Arab.

Kehadiran font ini juga datang bersamaan dengan perubahan tata letak teks yang menjadi rata kiri dengan lebih banyak spasi di antara teks.
 

Menariknya, perubahan font ini juga memunculkan adanya easter egg yang mana ketika Genhype mengetik tulisan [CHIRPBIRDICON] maka logo Twitter akan muncul ketika tulisan ditayangkan. Hal ini pertama kali dibocorkan oleh blogger teknologi Jane Manchun Wong pada Januari 2021.
 
Selain mengubah font, Twitter juga menurunkan kontras dan cenderung tidak menonjolkan warna biru (yang selama ini menjadi ciri khas dari Twitter). Perubahan ini dilakukan salah satunya untuk menarik perhatian pengguna Twitter dalam aspek foto dan video yang akan dibagikan.

"Kami juga berencana akan merilis warna-warna baru segera, memberikan rangkaian warna (pallete) yang segar," tambah pihak Twitter Design.

Tampilan ini sendiri juga meliputi perubahan warna pada tombol yang ada pada Twitter seperti tombol Follow yang semula menggunakan warna transparan dengan garis biru (saat akun belum diikuti) menjadi warna putih. Tombol Following yang semula berwarna biru dengan tulisan putih juga berubah menjadi transparan dengan garis abu-abu.

Selain pada tombol, beberapa aspek visual yang berubah adalah latar belakang abu-abu dan garis pemisah pada cuitan.
 
Perubahan ini sempat membuat sebagian pengguna mengeluhkan sensitivitas sensor tubuh seperti sakit mata, sakit kepala, dan migrain akibat kontras tampilan warna pada visual Twitter.

Namun, pihak Twitter telah melakukan penyesuaian untuk mengubahnya menjadi lebih lembut. Selain itu mereka juga berencana melakukan penyesuaian pada font Chirp untuk pengguna Windows.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Film disney Cruella 2 Segera Digarap, Emma Stone Kembali Hadir

BERIKUTNYA

Variasi Ekspresi Personel TXT dalam Video Teaser Lagu LOSER=LOVER

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: