Bali menjadi salah satu destinasi wisata favorit (Sumber gambar: Alfiano Sutianto/Unsplash)

Sederet Destinasi Wisata Anti Mainstream di Indonesia, Wajib Masuk Bucketlist Liburan!

31 October 2022   |   15:48 WIB

Travelling atau berwisata merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Terlebih ketika berwisata ke destinasi-destinasi yang tidak biasa atau anti  mainstream, kegiatan travelling tentu akan semakin seru dan berkesan.

Buat kalian yang sedang mencari rekomendasi destinasi anti-mainstream di berbagai daerah, berikut adalah beberapa tempat yang menarik untuk kalian kunjungi menurut rekomendasi dari Pegi-pegi.

Baca juga: Destinasi  5 Wisata Instagramable di Sumbar, Cocok untuk Healing di Akhir Pekan
 

1. Bali

Sebagai salah satu destinasi terpopuler di dunia, Pulau Dewata menyimpan segudang daya tarik wisata alam dan budaya yang mempesona. Savana Tianyar, misalnya, menyajikan pemandangan rerumputan hijau nan luas ala negeri dongeng pada musim hujan dan padang rumput ala Afrika pada musim kemarau.

Bukit Molenteng juga bisa menjadi alternatif berikutnya. Bukit ini menghadirkan panorama gugusan tebing indah berbalut pepohonan hijau. Ada juga Taman Ujung Sukasada, yang terdiri dari bangunan dengan ukiran khas Bali dan arsitektur zaman kerajaan Bali kuno, kolam teratai yang indah serta panorama gunung yang mengagumkan. 

Jika ingin destinasi yang lebih memacu adrenalin, kalian bisa mengunjungi Secret Beach Nusa Lembongan. Pantai ini menghadirkan kondisi air yang jernih sehingga kalian bisa melihat karang-karang di bawah laut tanpa perlu snorkeling.

Adapun, referensi tempat-tempat anti-mainstream lainnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Bias Tugel, Air Terjun Peguyangan, Pantai Soka, Candi Gunung Kawi, dan Pantai Gunung Payung.
 

2. Bandung

Dengan sederet pesona panorama alam dan perkotaan yang kental dengan warisan sejarah, Bandung kerap menjadi salah satu pilihan utama para wisatawan. 

Salah satu destinasi yang anti-mainstream di Bandung adalah Sanghyang Heuleut, danau jernih nan cantik dengan latar bebatuan dan perbukitan di sekelilingnya. Di tempat ini, kalian bisa menikmati pemandangan alam, berendam di danaunya yang dangkal, atau uji adrenalin dengan melompat dari atas bebatuan untuk terjun ke danau.

Selain itu, kalian bisa menikmati matahari terbit di Sunrise Point Cukul di daerah Pengalengan, dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Pada malam hari, biasanya para fotografer berlomba untuk berburu pemandangan Galaksi Bima Sakti di tempat ini.

Stone Garden di kawasan Gunung Masigit, Padalarang, juga bisa menjadi alternatif selanjutnya. Dengan panorama batu-batu karst raksasa yang tersusun rapi, kalian bisa mengambil gambar terbaik dengan latar bukit kapur.

Tempat unik lainnya yang bisa dikunjungi di Bandung adalah Sudut Pandang Bandung, Bukit Jamur, Kampung Singkur, Ranca Upas, dan Perkebunan Teh Rancabali.
 

Farhan Abbas

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata favorit (Sumber gambar: Farhan Abbas/Unsplash)


3. Yogyakarta

Yogyakarta menawarkan segudang pesona destinasi yang layak dijelajahi. Daerah yang disebut istimewa ini terkenal karena penduduknya ramah, banyak wisata alam yang menawan, serta memiliki warisan sejarah dan budaya bernilai luhur.

Jika ke Yogyakarta,  kalian bisa berkunjung ke Pantai Kesirat yang disebut-sebut sebagai tempat ideal untuk menikmati panorama senja sambil berkemah. Penduduk sekitar percaya, melihat matahari terbenam dari ketinggian di sekitar pantai ini bisa membawa ketentraman yang amat dalam.

Selanjutnya, pergilah ke Gumuk Pasir Parangkusumo pada pagi atau sore hari untuk melihat gundukan pasir indah sembari bermain sandboarding, hingga berswafoto dengan latar pemandangan ala gurun pasir. 

Ingin berfoto sambil sedikit uji adrenalin? Pintu Langit Dahromo adalah jawabannya. Kalian bisa berfoto di sebuah pintu yang menghadap ke panorama lanskap Pegunungan Sewu dan Kota Yogyakarta.

Tak hanya itu, Pantai Teras Kaca juga menarik dijadikan pilihan lantaran menawarkan spot foto berupa teras berlantaikan kaca yang menghadap ke lautan luas. Adapun, referensi destinasi anti-mainstream lainnya di Yogyakarta yaitu Pantai Timang, Hutan Pinus Mangunan, Kali Kuning Lereng Gunung Merapi, dan Stonehenge.

Baca juga: Bobocabin Tawarkan Destinasi Wisata Unik Tersembunyi di Baturraden
SEBELUMNYA

Destinasi Wisata yang Selalu Ramai di Distrik Itaewon

BERIKUTNYA

Profil Chovy, Roster Gen.G dan Midlaner Terbaik di Worlds 2022 League of Legends

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: