Tak hanya terkenal dengan kulinernya yang khas seperti rendang dan sate padang di  seantero Nusantara, Sumbar juga menyimpan destinasi wisata unik yang wajib dikunjungi (Sumber gambar: Unsplash/James Donaldson)

Destinasi  5 Wisata Instagramable di Sumbar, Cocok untuk Healing di Akhir Pekan

25 October 2022   |   15:14 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki banyak tempat menarik untuk dieksplorasi dari berbagai sisi. Tak hanya terkenal dengan kulinernya yang khas seperti rendang dan sate padang di  seantero Nusantara, Sumbar ternyata menyimpan destinasi wisata unik yang wajib dikunjungi.

Terletak di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, provinsi Sumbar memiliki bentangan alam yang tidak dimiliki daerah lain. Wilayah yang terkenal tentu saja dataran tinggi Bukit Barisan, dan Kepulauan Mentawai dengan pantainya yang  eksotis.

Tak hanya itu, wilayah yang pernah menjadi Ibukota Indonesia pada 1948 ini juga memiliki tradisi yang unik. Seperti Upacara Tabuik yang diperingati setiap tanggal 10 Muharam bulan Hijriah, hingga Pacu Jawi yang dilakukan setelah panen padi tiba.

Baca jugaRekomendasi Desa Wisata di Sumatra Barat yang Wajib Kalian Kunjungi!

Nah, bagi yang ingin melancong dan menikmati keindahan Sumbar, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber destinasi wisata yang lagi hits dan instagramable yang cocok dikunjungi di akhir pekan.


1. Danau Dieteh

Saat mengunjungi Sumatera Barat, rugi rasanya kalau tidak mengunjungi Danau Dieteh. Sekedar informasi, danau ini sebenarnya ada dua. Pertama Danau Diatas yang berada di Jalan Padang-Mara Labuh. Kedua, adalah Danau Dibawah yang terletak di Nagari, Bukit Sileh.
 
 

Memiliki pesona yang asri dengan latar belakang bukit-bukit hijau dengan rimbunan pohon cemara, kedua danau ini juga dikenal dengan nama Danau Kembar. Terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, untuk menikmati keindahannya kalian hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 saja.


2. Air Terjun Sarasah

Bagi yang gemar bertualang menikmati keindahan alam dengan hiking, cobalah untuk mengunjungi wisata Air Terjun Sarasah. Sesampainya di sana Genhype akan disuguhi pemandangan air terjun dengan batuan bertingkat seperti piramida dengan guyuran air.
 
 


Terletak di kecamatan Pauh, Kota Padang Sumatera Barat, Air Terjun Sarasah  memiliki 7 tingkatan batu dengan air yang jernih mengalir dan view yang asri. Di tempat ini kalian juga bisa berkemah dan menikmati ekowisata yang disediakan pengelola. Tiket masuknya Rp10.000.


3. Puncak Gobah

Puncak Gobah merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Solok dengan pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian. Meski terbilang masih baru, tempat  wisata ini cukup populer  di Sumbar karena memang menawarkan pemandangan lanskap Kota Solok yang asri.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rudi Santoso (@rudyci2016)


Di sini kalian juga bisa menikmati wahana flying fox sehingga bisa terbang tinggi sambil menikmati keindahan Danau Singkarak. Keberadaan rumah pohon di tempat ini juga akan membuat Genhype betah berlama-lama dan enggan pulang ke rumah. Harga tiket masuknya cuma Rp10.000.


4. Danau Singkarak

Jika di Puncak Gobah kalian menikmati keindahan Danau Singkarak dari ketinggian, ada baiknya juga Genhype mencoba menyusuri danaunya dengan perahu yang disewakan penduduk setempat untuk menikmati panorama alamnya yang menawan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ??? ???? ??????? (@ghaardii)


Dengan latar belakang Bukit Barisan yang indah, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai spot swafoto untuk mengisi feed Instagram kalian. Jangan lupa untuk menikmati kuliner pangek ikan bilih dengan citarasanya yang pedas dan gurih khas Danau Singkarak. Harga tiket masuk hanya Rp10.000.


5. Pulau Pagang

Destinasi wisata ini terletak di kabupaten pesisir Selatan Sumatera Barat. Berjarak sekitar 40 Km dari Kota Padang, di sini kalian bisa menikmati keindahan lautnya dengan snorkeling  untuk melihat terumbu karang dan biota lautnya yang beragam.

Tak hanya itu,  Genhype juga bisa menikmati bentangan alamnya dengan hiking ke bukit setinggi 37 mdpl yang berada di bagian belakang pulau. Jalur ini sebenarnya disediakan untuk evakuasi bila terjadi tsunami, tapi bisa dinikmati sebagai tempat wisata tracking bagi wisatawan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kabar Gembira, Kemenkes Izinkan 156 Obat Sirop Beredar Kembali, Cek Daftarnya

BERIKUTNYA

5 Aplikasi Alternatif Pengganti Whatsapp

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: