Ilustrasi memilih asuransi yang tepat. (Sumber gambar : Freepik/Pressfoto)

Mana yang Harus Dibeli Dulu, Asuransi Kesehatan atau Jiwa?

08 September 2022   |   06:46 WIB

Like
Asuransi menjadi salah satu bentuk proteksi diri dan keluarga dari kejadian yang tidak terduga. Dari sekian banyak jenis, dua diantaranya sangat dipertimbangkan untuk dimiliki, yaitu asuransi jika dan asuransi kesehatan. Namun, mana yang harus dimiliki terlebih dahulu?

Untuk memutuskannya, perlu diingat bahwa setiap jenis asuransi memberi perlindungan yang berbeda dari sebuah risiko. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Biar enggak bingung dan lebih mudah memilih, pahami dulu yuk pengertian dan manfaat dari kedua jenis asuransi ini. 
 

Asuransi Jiwa

Ini adalah jenis asuransi yang menanggung risiko finansial karena hidup yang terlalu cepat atau hidup yang terlalu lama. Fungsi dari asuransi jiwa adalah memberikan dukungan finansial apabila seorang pencari nafkah utama tidak bisa lagi menafkahi keluarganya karena risiko kematian atau faktor lainnya. 

Baca jugaCatat, Ini 5 Asuransi yang Wajib Dimiliki Milenial

Ada sejumlah manfaat jika kamu memilih produk asuransi jiwa. Pertama, asuransi jiwa menawarkan santunan untuk meninggal dunia. Biasanya tunjangan yang diberikan yakni sebanyak 100 persen, bahkan lebih uang pertanggungan.

Kedua, santunan untuk cacat tetap total. Santunan yang satu ini akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap secara total yang menyebabkan tidak bisa bekerja. Santunan ini biasanya akan diberikan sebanyak 100 persen uang pertanggungan. 

Ketiga, santunan untuk cacat tetap sebagian. Santunan ini diberikan jika tertanggung mengalami cacat yang tetap sebagian. Sebagai contoh, lumpuh kaki atau lumpuh tangan. Biasanya uang pertanggungan yang nanti akan diberikan merupakan proporsional berdasarkan pada kerugian.

Keempat, asuransi jiwa memiliki jaminan finansial. Kamu dapat mengelola keuangan untuk keluarga, bisa menjamin pendidikan anak, memastikan kelangsungan kehidupan keluarga tercinta, dapat memberi rasa aman, dan bisa melindungi ahli waris agar terbebas dari beban finansial.
 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan dan perlindungan berupa pergantian biaya ketika berobat atau melakukan perawatan kesehatan. Perusahaan asuransi membiayai pengobatan sesuai kesepakatan pada polis dan sebagai gantinya, nasabah membayar sejumlah biaya yang disebut dengan premi. 

Baca jugaJangan Kejebak, Begini Tip Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat!

Perusahaan asuransi bakal membayar biaya medis seseorang mulai dari biaya rawat jalan, rawat inap, biaya obat, sampai biaya pembedahan yang harus dikeluarkan. Seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga memiliki manfaat.

Pertama, manfaat dasar seperti rawat jalan, rawat inap, hingga pembedahan. Adapun pada rawat jalan, asuransi kesehatan membiayai konsultasi, obat-obatan, atau biaya lainnya terkait rawat jalan.

Rawat inap, asuransi ini membiayai nasabah yang sedang rawat inap di rumah sakit meliputi biaya kamar, biaya pengobatan, dan lain sebagainya.

Untuk pembedahan, asuransi kesehatan bisa membiayai segala macam operasi dan pembedahan, termasuk juga biaya kamar dan konsultasi dengan dokter bedah.

Kedua adalah manfaat tambahan seperti membiayai proses kelahiran, medical check up, perawatan gigi, hingga perawatan mata. 
SEBELUMNYA

Drama Korea Revenge of Others Umumkan Daftar Aktor, Ada Siapa Saja?

BERIKUTNYA

Yuk Intip Potensi Green Economy Bersama Bank Mandiri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: