Ilustrasi (dok. Pexels)

Bingung Pilih Asuransi Kesehatan? Simak Tips Ini Dulu Yuk

12 October 2021   |   22:56 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, penting loh memiliki asuransi kesehatan. Sebab Sakit merupakan kejadian tak terduga yang dapat menimpa siapa saja, termasuk diri sendiri dan keluarga. Dengan proteksi yang didapat dari asuransi, kita bisa lebih tenang dan tidak kebingungan jika harus mengeluarkan dana besar untuk kebutuhan berobat. 

Asuransi adalah produk keuangan yang ditujukan untuk manajemen risiko finansial yang timbul ketika kita jatuh sakit. Sementara asuransi kesehatan adalah asuransi yang menanggung biaya pengobatan hingga perawatan medis lainnya apabila tertanggung sakit. Hal itu bisa berupa rawat jalan, rawat inap, atau pembedahan.

Untuk mendapatkan perlindungan terhadap risiko-risiko tersebut, tentu saja setiap nasabah asuransi harus membayar premi atau iuran ke perusahaan. Buat kamu yang masih bingung memilih produk asuransi yang tepat dan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli, berikut tips dari perencana keuangan sekaligus financial educator Lifepal, Aulia Akbar:

1. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan saat ini dan kenali besaran manfaat asuransinya
Anggap saja, kamu memiliki gaya hidup yang sehat dan terbilang jarang sakit, buatlah estimasi seputar peluang terburuknya adalah mengalami risiko rawat inap dua kali dalam setahun. 

Ketahuilah dengan saksama mengenai plafon manfaat asuransi kesehatan kamu, mulai dari biaya kamar, dokter, pembedahan, biaya aneka perawatan dan lain sebagainya. Setelah itu kalkulasikan dengan biaya rawat inap saat ini. Dengan begitu kamu bisa tahu kira-kira nilai limit tahunan asuransi yang dibutuhkan dalam setahun.

2. Pahami sistem asuransi kesehatan kamu di polis
Setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki sistem atau ketentuan cara kerja yang berbeda-beda. Ketentuan tersebut umumnya tertulis dengan jelas dalam polis asuransi. 

Beberapa asuransi bisa memberikan pelayanan kesehatan hingga jangkauan luar negeri, sementara itu beberapa produk lainnya tidak. Karena itu, sangat penting untuk mempelajari polis asuransi kesehatan yang kita miliki. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan para agen atau broker mengenai produk yang ingin kamu beli.

3. Cari tahu kredibilitas perusahaan asuransi
Dalam memilih asuransi kesehatan, penting sekali untuk mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi terkait. Pasalnya, perusahaan inilah yang akan menanggung biaya berobat kamu nantinya dan sebagai nasabah, kamu harus menyetor uang premi (iuran) sebagai ke perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Segera cari tahu juga apakah perusahaan memiliki izin usaha resmi yang diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kemudian, pelajari juga laporan tahunan perusahaan apakah terbilang sehat dan mampu membayarkan klaim nasabah dengan baik atau tidak. 

4. Pilih asuransi kesehatan dengan rumah sakit rekanan luas
Pastikan rumah sakit rekanannya tersebar luas di wilayah domisili kamu saat ini. Dengan begitu kamu dapat lebih mudah mengakses dan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai perjanjian polis. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kenali Ciri Skin Purging dan Cara Mengatasinya

BERIKUTNYA

Efisien, Perusahaan Ini Pakai Drone Untuk Siram Pupuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: