Ilustrasi memilih asuransi yang tepat. (Sumber gambar : Freepik/Pressfoto)

Mana yang Harus Dibeli Dulu, Asuransi Kesehatan atau Jiwa?

08 September 2022   |   06:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bagaimana Genhype, masih bingung menentukan asuransi apa yang akan di prioritaskan terlebih dahulu? Berikut ini sejumlah pertimbangan yang bisa kamu lakukan. 
 

1. Pahami jenisnya

Sebelum memutuskan memilih antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, pahami lebih dulu masing-masing jenis proteksi tersebut. Kamu bisa mengetahui perbedaannya seperti dipaparkan pembahasan di atas. 
 

2. Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan atau daya tahan tubuh seseorang menjadi faktor penting untuk memilih kebutuhan jenis asuransi. Jika rentan atau mudah sakit, sebaiknya gunakan perlindungan kesehatan atau memilih asuransi kesehatan lebih dahulu dari jenis asuransi lainnya.

Baca juga4 Tips Memilih Asuransi Buat Kalian yang Masih Jomblo

Hanya saja, terdapat ketentuan yang dapat berbeda dari setiap asuransi kesehatan. Penting untuk diketahui ketentuan apa saja dari sakit yang ditanggung asuransi kesehatan yang kamu pilih.

Bukan berarti orang yang rentan sakit tidak membutuhkan asuransi jiwa, justru risiko kematian semakin besar pada orang yang mudah sakit. Namun, jika harus memilih salah satunya, maka pilih asuransi kesehatan agar dapat meringankan biaya berobat.
 

3. Peran dalam keluarga

Dalam keluarga, biasanya ada yang menjadi sandwich generation alias tulang punggung bagi keluarga lain. Bisa dibayangkan jika mendadak orang yang menjadi tulang punggung ini meninggal dunia, tentu berpengaruh besar pada kondisi finansial keluarganya. 

Untuk itu perlunya asuransi jiwa guna mengurangi risiko kerugian akibat kematian. Bila kamu tulang punggung keluarga, memiliki asuransi jiwa sangat penting. Memiliki asuransi jiwa sejak usia muda dapat memberi keuntungan berupa biaya polis asuransi tidak terlalu mahal dan dapat manfaat serta nilai pertanggungan yang lebih besar.
 

4. Lihat kondisi finansial

Lihat kemampuan finansial kamu. Ingat ada biaya premi polis yang harus dibayar per bulan atau per tahunnya. Meskipun kedua jenis asuransi tersebut sama-sama penting, pastikan kebutuhan sehari-hari keluarga terpenuhi dan jika ada rencana pendek yang ingin dicapai.

Biaya premi polis asuransi dapat disesuaikan dengan pendapatan setelah kebutuhan harian tercukupi. Kamu dapat memilih asuransi dengan premi terjangkau meski biasanya semakin rendah nilai premi tanggungan atau manfaat yang diberikan juga semakin sedikit. Tidak masalah juga kamu pilih keduanya selama sesuai mampu dalam hal keuangan dan tidak membebani.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla
 
1
2


SEBELUMNYA

Drama Korea Revenge of Others Umumkan Daftar Aktor, Ada Siapa Saja?

BERIKUTNYA

Yuk Intip Potensi Green Economy Bersama Bank Mandiri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: