Salah satu koleksi toko olahraga Sportaways (sumber gambar: sportaways)

Pandemi Bikin Orang Rajin Bergerak, Toko Perlengkapan Olahraga Ini pun Raup Cuan

07 September 2022   |   20:00 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Sejak pandemi Covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini, masyarakat makin disadarkan akan pentingya menjaga hidup sehat. Selain menjaga pola makan, masyarakat pun kini mulai banyak yang melakukan berbagai aktivitas olahraga.

Adapun, beberapa jenis olahraga yang mulai digemari saat ini mulai dari lari, bersepeda, badminton, basket, futsal, zumba, gim, yoga, hingga berbagai jenis olahraga bela diri.

Kondisi ini tentu saja memberi dampak positif terhadap penjualan produk olahraga. Beberapa toko perlengkapan olahraga mengakui penjualan pasca pandemi ini meningkat signifikan bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Baca juga: Pasangan Selebritas Ini Punya Tips Olahraga Bagi Kaum Mageran, Wah Bagaimana Tuh Ya?

Salah satunya adalah Sportaways. Muammar Fahrian Agam, Co-Founder Sportaways menuturkan bahwa ada peningkatan penjualan pada tahun ini, bahkan omzet yang didapatkan sudah melebihi pendapatan sebelum pandemi.

“Setahun terakhir ini kita sudah mulai recovery dan sales melonjak, perbulan kita bisa mencatat omzet hampir mendekati Rp4 miliar sebelum pandemi rata-rata ada di angka Rp3,1 miliar. Mungkin karena orang mulai kembali aktif setelah dua tahun terakhir menahan pembelian,” ujarnya.
 

Produk Olahraga Terlaris

Agam mengatakan produk olahraga yang saat ini cukup diminati terutama sepatu futsal, sepatu sepak bola, sepatu running, dan perlengkapan badminton seperti raket. Bahkan bisa dikatakan bahwa kekuatan Sportaways ada pada produk sepatu-sepatu futsal dan sepakbola.

“Saat ini futsal lagi hype banget, begitu pula dengan sepakbola, apalagi dengan banyaknya artis yang membeli klub bola dan banyaknya pertandingan bola ikut mendongkrak tren dan penjualan sepatu futsal dan sepakbola,” jelasnya.

Adapun, untuk harga sepatu yang paling diminati saat ini berada di kisaran harga Rp200.000 hingga Rp400.000. Saat ini brand yang mendominasi masih brand lokal sebab untuk sejumlah brand internasional saat ini mengalami kendala dalam proses pengiriman.

“Sebelum pandemi, brand lokal dan internasional ngga beda jauh, tapi saat ini brand internasional masih terkendala masuk ke Indonesia, terutama untuk proses shipping sehingga penjualan saat ini didominasi brand lokal hingga 90 persen,” ujarnya.

Namun, hal ini juga menjadi salah satu kendala mengingat masih banyak konsumen yang menginginkan produk dari brand internasional yang sudah cukup ternama. Sementara itu, untuk produk lokal sendiri meski mendominasi tetapi kadang kala ketersediaan produknya masih belum mumpuni.
 

Menjaga Kualitas Produk

Agar produk di Sportaways tetap terjaga maka pihaknya menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan para vendor dan penyuplai.

“Permintaan saat ini bisa dibilang cukup tinggi dan hampir tiap bulan produk yang kita jual kurang, dan itu menjadi salah satu kendala kami. Tetapi dalam kondisi ini, kami juga bisa lebih leluasa menjual dengan harga sedikit lebih tinggi karena supply minim tetapi permintaan cukup besar,” ujarnya.  

Sportaways yang telah berdiri sejak 2016 ini, memiliki dua toko offline yang berada di Depok dan Bekasi. Selain itu, mereka juga menjual melalui website dan marketplace. Meski demikian, diakui olehnya saat ini penjualan terbesar masih didominasi oleh gerai offline dengan perbandingan 2 banding 1.

Meski saat ini penjualan masih didominasi sepatu futsal, sepak bola, running, dan badminton, tetapi Sportaways juga menyediakan berbagai jenis perlengkapan olahraga lainnya mulai dari fitness, basket renang, yoga, dan lain sebagainya.

Baca juga: Memahami Risiko & Pengobatan Radang Sendi, Pola Olahraga yang Keliru Jadi Salah Satu Pemicunya

Untuk menarik konsumen, pihaknya selalu mengedepankan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Mulai dari penjualan di gerai, pelayanan aftersales, menyediakan program khusus bagi member, membuat games di gerai yang berhadiah produk, hingga undian dengan hadiah utama menonton Piala Dunia di Qatar.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Band Legend Air Supply Siap Hibur Lagi Penggemar, Intip Perincian Konser & Tiketnya

BERIKUTNYA

Cek Tiket Murah Pesawat Garuda Indonesia di Program Super Deals 9.9

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: