Ilustrasi peluang bisnis di bidang hobi. Dok. Tokopedia

UMKM Wajib Tahu 5 Tren & Peluang Bisnis 2021

07 May 2021   |   06:50 WIB

Masa pandemi Covid-19 mendorong pertumbuhan sejumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Platform e-commerce Tokopedia mencatat hingga saat ini ada lebih dari 10 juta penjual, di mana angka ini meningkat dibandingkan dengan yang sebelumnya hanya sebanyak 7,2 juta.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan kalau setiap orang yang ingin mulai membangun bisnis harus paham dengan tren pasar yang sedang berjalan saat ini.

Nah supaya teman-teman tahu mau jualan atau mulai berbisnis di bidang apa, simak yuk penuturan Ekhel terkait tren pasar untuk UMKM ini.
  • Makanan dan Minuman
Industri di bidang makanan dan minuman jadi salah satu industri yang paling populer selama beberapa tahun terakhir dan tercatat adanya peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat di dalam industri ini.

“Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha,” ujar Ekhel dalam rilis yang diterima Bisnis beberapa waktu lalu.

Ia juga bilang kalau beberapa produk yang jadi incaran masyarakat di antaranya adalah madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik, dan beras.
  • Kecantikan dan Perawatan Tubuh
Peluang di industri kecantikan dan perawatan tubuh mulai terbuka lebar terutama di masa pandemi. Peningkatan transaksi hingga dua kali lipat menjelang akhir tahun 2020 terjadi di dalam industri bidang ini.

Beberapa produk yang diminati bervariasi dari produk kosmetik seperti lipstik sampai sabun mandi dan shampoo.
  • Tanaman dan Alat Berkebun
Menurut Ekhel, aktivitas berkebun juga jadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang masa pandemi. Aktivitas ini umumnya bisa dilakukan dalam skala kecil maupun skala besar di dalam rumah.
  • Produk Olahraga
Kegiatan olahraga di rumah sangat disarankan pada masa pandemi, apalagi dengan situasi sekarang yang masih ada pembatasan aktivitas di luar ruangan dan tutupnya sejumlah pusat kebugaran serta tempat untuk berolahraga.

Ekhel menyebutkan ada beberapa olahraga yang digemari selama tahun 2020, yakni bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola dan futsal.
  • Alat Lukis
Selain berkebun, ada hobi lain yang juga menjadi tren di masyarakat di tengah pandemi: melukis. Tren hobi melukis dengan metode paint by number atau melukis sesuai dengan angka jadi tren bagi sebagian masyarakat. Peluang penjualan berdasarkan hobi ini juga bisa dijadikan salah satu ide dalam membuka usaha, lho!

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Supaya Enggak Bosan, Coba 5 Tips Belajar Memasak Biar Jadi Asyik!

BERIKUTNYA

Diet untuk Vegetarian Beda dengan Diet Biasa? Begini Penjelasan Ahli Gizi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: