Tangkapan layar trailer Film Pengabdi Setan 2: Communion (Sumber gambar: Youtube/Rapi Films)

6 Teori Konspirasi di Film Pengabdi Setan 2: Communion, dari Sosok Raminom hingga Arti 17 April

09 August 2022   |   15:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tak hanya menyajikan teror yang mencekam, film Pengabdi Setan 2: Communion juga memberikan banyak ruang bagi para penontonnya untuk berteori. Tak sedikit orang yang berteori lantaran beberapa clue yang telah sengaja disebar di sepanjang film oleh Joko Anwar selaku sutradara.

Teori konspirasi pun menjadi bahan perbincangan yang menarik khususnya bagi para penikmat kisah-kisah misteri. Di Indonesia, Joko Anwar boleh dibilang menjadi satu-satunya sutradara yang berhasil meramu kunci-kunci misteri lewat beberapa filmnya, sehingga menjadi diskusi menarik di antara para penontonnya.

Baca juga: Mengenang Pengabdi Setan 1980, Horor & Sindiran Terhadap Rezim Pembangunan

Buat kalian yang juga memiliki banyak pertanyaan setelah menonton film Pengabdi Setan 2: Communion, berikut Hypeabis.id telah merangkum beberapa teori konspirasi tentang film tersebut.

Spoiler alert!
 

1. Kaitan Film Pengabdi Setan 2 & Pintu Terlarang

Kemunculan gambar kuda laut di berkas misterius yang diterima Budiman (seorang jurnalis majalah gaib Maya), menimbulkan pertanyaan. Apa maksud dari kuda laut tersebut? Setelah ditelusuri, hal ini masih berkaitan dengan film Joko Anwar yang lain berjudul Pintu Terlarang (2009).

Ada sebuah tempat yang didatangi si tokoh utama film itu, Gambir (Fachri Albar), yang disebut HEROSASE. Di sebuah pintu di tempat itu, ada sederet angka, yakni 42651378 yang jumlahnya sama seperti jumlah huruf HEROSASE. Jika angka dan huruf itu disejajarkan lalu angkanya diurutkan, maka akan ditemukan kata SEAHORSE yang berarti kuda laut. 

Oleh karena itu, banyak teori yang menyebut bahwa organisasi atau sekte pemujaan setan di Pengabdi Setan 2 adalah HEROSASE yang juga ada di film Pintu Terlarang.
 

2. Siapa Raminom?

Nama Raminom di Pengabdi Setan 2 menjawab sekaligus menambah pertanyaan baru untuk para penonton. Sosok yang wujudnya mirip Ibu (atau justru Ibu yang mirip dia) ini adalah sosok yang disembah oleh para pengikut sekte pengabdi setan di film ini.

Meski belum diketahui jelas asal-usulnya, para penonton berspekulasi jika Raminom ini bukan 'penjahat' utama di jagat Pengabdi Setan. Dia hanyalah salah satu entitas yang menjadi perantara antara si 'raja iblis' dengan para pengikutnya.

Hal ini disimpulkan lantaran senjata yang digunakan oleh tokoh Budiman untuk mengusir Raminom dalam film, yakni Pear of Anguish. Senjata itu adalah sebuah alat penyiksaan dari abad pertengahan yang biasanya digunakan untuk menyiksa wanita yang dianggap penyihir.

Oleh karena itu, banyak teori yang menduga jika Raminom ini sebenarnya adalah penyihir yang mendapatkan kekuatan dari iblis, yang kemudian menjadi perantara si iblis dengan pengikutnya yang lain.
 


3. Sosok Batara & Darminah

Kemunculan sosok Batara (Fachri Albar) dan Darminah (Asmara Abigail) di Pengabdi Setan 2 lagi-lagi menyisakan pertanyaan besar di benak penonton. Di dua film Pengabdi Setan, kemunculan mereka hanya ada di akhir film yang membuat penonton sampai saat ini belum mendapat jawaban tentang sosok Batara dan Darminah.

Banyak orang berteori bahwa mereka lah sosok iblis sesungguhnya yang menjadi inti cerita sekte pengadi setan. Hal itu disimpulkan lantaran kemunculan mereka yang tidak banyak melakukan apapun dalam film, seolah-olah mereka hanyalah penonton yang menikmati semua kekacauan dan kematian yang terjadi.

Namun, ada juga teori lain yang menyebut bahwa Batara dan Darminah adalah sosok perwujudan antara kebaikan dan kejahatan. Hal itu disimpulkan lantaran dugaan bahwa Batara menolong Budiman saat bertemu di halte untuk mengantarkannya ke rumah susun menghentikan segala kekacauan.

Baca juga: Review Pengabdi Setan 2: Communion, Horor Mencekam dengan Sinematik Ciamik

Namun, agar dunia ini seimbang maka kebaikan itu harus tetap berdampingan denga kejahatan yang disimbolkan oleh Darminah.
1
2


SEBELUMNYA

Campur Aduk Bahan dalam Es Krim

BERIKUTNYA

Filosofi Bibit Bobot Bebet Kini Tak Lagi Jadi Prioritas, Kok Bisa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: