Tangkapan layar trailer Film Pengabdi Setan 2: Communion (Sumber gambar: Youtube/Rapi Films)

6 Teori Konspirasi di Film Pengabdi Setan 2: Communion, dari Sosok Raminom hingga Arti 17 April

09 August 2022   |   15:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Eksistensi Sekte HEROSASE

Di akhir film Pengabdi Setan 2, ditampilkan foto Batara dan Darminah yang menghadiri Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955. Hal ini menyiratkan bahwa eksistensi sekte pengabdi setan HEROSASE telah ada sejak 1950-an, termasuk dugaan bahwa banyak para pemimpin negara yang hadir pada konferensi itu telah bergabung dengan sekte.

Teori itu kian diperkuat dengan fakta bahwa KAA dimulai pada 18 April 1955, tetapi menurut catatan sejarah bahwa para peserta konferensi itu telah tiba sejak 16 April 1955. Boleh jadi para delegasi itu telah mengadakan pertemuan terselubung untuk merencanakan pembangunan tempat ritual sekte berikutnya. Oleh karena itu, rumah susun di Pengabdi Setan 2 mulai dibangun pada 17 April 1955.
 

5. Identitas Wisnu

Di Pengabdi Setan 2 ini juga muncul tokoh anak kecil bernama Wisnu yang juga bisa berbicara menggunakan bahasa isyarat rahasia sama seperti Ian. Bahkan, ketika di klimaks film, Wisnu terlihat juga bisa mengendalikan para iblis dengan bahasa isyarat sama seperti Ian.

Ada teori menyebut bahwa orang tua Wisnu adalah salah satu pengikut sekte pengabdi setan, sehingga dia memiliki kemampuan itu. Namun, ada juga yang menduga bahwa kemunculan Wisnu akan menjadi lawan sepadan Ian, dan akhirnya membagi kubu manusia menjadi kubu pengabdi setan yang diwakili oleh Ian dan kubu manusia yang melakukan kebaikan yang diwakili oleh Wisnu.

Dengan kata lain, keduanya adalah sama-sama perwujudan sisi baik dan buruk yang sama-sama baru lahir ke dunia, dan kelak bakal memimpin dua kubu umat manusia yang saling berlawanan.
 

6. Teori Tanggal 17 April

Pertanyaan kemudian muncul, ada apa dengan tanggal 17 April yang menjadi tanggal pembangunan rumah susun di Pengabdi Setan 2? Belum lama ini, Joko Anwar melalui cuitan di akun Twitter pribadinya mengungkapkan bahwa angka 4-17 itu penting.

Penulisan 17 April menjadi 4-17 sendiri berdasarkan tata cara penulisan bahasa Inggris, yakni keterangan bulan terlebih dahulu yang diikuti dengan tanggal. Rupanya, angka tersebut ada kaitannya dengan unsur keagamaan. Jika dilihat di Alkitab, Matius bab 4 ayat 17, tertulis 'Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!".

Meski begitu, dalam film, yang memberitakan hal itu adalah anti christ yang merupakan bagian dari sekte pengabdi setan, di mana pada tanggal itu mereka bertobat untuk menuju kerajaan sorga yang sesungguhnya sesuai dengan kepercayaan mereka.

Baca juga: Uji Nyali di Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion, Rumah Susun yang Terbengkalai 15 Tahun

Begitu pula dengan kemungkinan puncak dari cerita jagat Pengabdi Setan ini akan terjadi pada 17 April, dimana kubunya Ian dan Wisnu itu akan berhadapan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Campur Aduk Bahan dalam Es Krim

BERIKUTNYA

Filosofi Bibit Bobot Bebet Kini Tak Lagi Jadi Prioritas, Kok Bisa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: