Super Junior (kiri atas), TWICE, Girls' Generation, SEVENTEEN. (Sumber gambar: SM Entertainment, JYP Entertainment, Pledis Entertainment)

10 Artis K-pop dengan Penghargaan Terbanyak hingga 2022

05 July 2022   |   08:00 WIB

Selain lagu yang populer dan disukai masyarakat, kepopuleran sebuah grup juga bisa diketahui dari jumlah capaian berupa penghargaan yang didapatkan. Penghargaan diberikan atas berbagai capaian, mulai artis favorit masyarakat hingga artis yang memiliki penghargaan khusus karena kontribusi yang diberikan kepada industri musik K-pop.

Dalam industri musik K-pop, beberapa penghargaan besar yang diberikan kepada para artis meliputi Korean Music Awards (KMA), Golden Disc Awards (GDA), Melon Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), dan Seoul Music Awards (SMA). Ada juga beberapa penghargaan khusus dari Perdana Menteri dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Yuk simak 10 artis yang mendapatkan penghargaan terbanyak, baik penghargaan besar maupun penghargaan khusus.
 

10. SEVENTEEN


Hingga pertengahan tahun ini, SEVENTEEN mendapatkan 63 penghargaan dan 198 nominasi dari berbagai acara. Beberapa di antaranya adalah Golden Disc Awards, Mnet Asian Music Awards, Seoul Music Awards, dan Penghargaan Perdana Menteri pada 2020.

Beberapa nama lainnya yang juga telah didapatkan selama beberapa tahun adalah Asia Artist Awards (AAA), Billboard Music Awards, Japan Gold Disc Awards, Ten Asia Global Top Ten Awards, dan V Live Awards. 

Baca jugaSEVENTEEN Ungkap Tracklist Album Repackage SECTOR 17, Ada 4 Judul Lagu Baru
 

9. TVXQ


Grup duo yang dikenal sebagai DBSK ini telah memenangkan 80 penghargaan dan mendapatkan 130 nominasi. Beberapa penghargaan dan nominasi yang didapat tidak hanya dari Korea, tapi juga dari Jepang mengingat grup yang terdiri dari U-Know Yunho dan Max Changmin ini juga memiliki kepopuleran yang cukup besar di Negeri Sakura itu.

Beberapa penghargaan yang pernah didapatnya adalah Golden Disc Awards, Billboard Japan Music Awards, Japan Gold Disc Awards, dan lainnya.
 

8. 2NE1


Girl group kuartet yang bubar pada 2016 itu telah mendapatkan 82 penghargaan dan 158 nominasi sepanjang tujuh tahun kariernya. Selain Korea Selatan, beberapa penghargaan luar negeri yang didapat berasal dari China, Jepang, Singapura, Filipina, Italia, dan lainnya. Contoh dari penghargaan ini adalah Philippine K-pop Awards, YouTube K-Pop Awards, MTV Video Music Awards Japan, dan lainnya.

Baca jugaReuni di Panggung Coachella 2022, Simak Fakta-fakta Menarik 2NE1
 

7. TWICE


Selama lebih dari tujuh tahun kariernya, grup dengan sembilan orang anggota itu telah mendapatkan 115 penghargaan dan 292 nominasi. Mengingat pasar TWICE di Jepang cukup besar, grup yang debut pada 2015 itu mengantongi sejumlah penghargaan di Jepang melalui Japan Gold Disc Awards sejak 2018 sampai 2020. Ada juga beberapa penghargaan domestik seperti Golden Disc Awards, Bugs Music Awards, Asia Artist Awards, dan lainnya.

Baca jugaBTS, Epik High & TWICE Masuk Daftar 50 Lagu Terbaik 2021 versi Rolling Stone


6. IU


Penyanyi dan aktris yang debut pada 2008 itu telah menyabet 125 penghargaan dan 292 nominasi. Beberapa nominasi dan penghargaan ini didapatnya baik sebagai musisi maupun aktris, misalnya Gaon Chart Music Awards, Korean Music Awards, dan KBS Drama Awards.

Tak hanya itu, dia juga mendapatkan tiga penghargaan kehormatan: Penghargaan Perdana Menteri pada 2015, Penghargaan dari Federasi Wartawan Korea pada 2018, dan Penghargaan Presiden dari Layanan Perpajakan Nasional pada 2020.
1
2


SEBELUMNYA

Indonesia's Girl & Indonesia Teen Fashion Week 2022 Jadi Ajang Unjuk Bakat Anak Muda di Bidang Fesyen

BERIKUTNYA

2 Tahun Absen, AIA Sepak Bola Untuk Negeri Hadir Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: